Tak Berkategori

Idap Flu dan Covid-19 Bersamaan Tingkatkan Risiko Kematian

Bukti dari bahayanya terinfeksi flu dan Covid-19  di saat bersamaan berawal dari sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris.

JEDA.ID-Para ilmuwan menyebut mengidap flu dan Covid-19 secara bersamaan meningkatkan risiko kematian. Oleh sebab itu, para ilmuwan mendorong pentingnya melakukan vaksinasi flu saat pandemi corona.

Dikutip dari The Guardian, bukti dari bahayanya terinfeksi flu dan Covid-19  di saat bersamaan berawal dari sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris. Kala itu, 58 orang mengikuti penelitian tersebut di awal pandemi corona merebak di Inggris.

“Seperti yang saya pahami, 43 persen orang dengan koinfeksi [mengidap flu dan Covid-19] meninggal dibandingkan dengan 26,9 persen dari mereka yang dites hanya positif Covid-19,” kata wakil kepala medis Inggris,  Jonathan Van-Tam, seperti dikutip detikcom, Selasa (22/9/2020).

Ingin Punya Sperma Sehat? Perhatikan Ini

“Ini adalah orang-orang yang telah dirawat di rumah sakit dan telah diuji untuk kedua virus tersebut,” lanjutnya.

Meski begitu, studi tersebut perlu diteliti lebih lanjut. Sebab, hanya ada sejumlah kecil orang yang mengikuti penelitian ini.

“Tetapi temuan tersebut sesuai dengan pekerjaan (prosedur) lain yang telah dilakukan,” kata  Jonathan.

Setiap orang kini didorong untuk melakukan vaksinasi flu. Mengingat beberapa bulan ke depan Inggris bersiap memasuki musim dingin.

“Flu dan virus pernapasan lainnya akan beredar musim dingin ini,” kata Direktur Medis Kesehatan Masyarakat Inggris,  Yvonne Doyle.

Dia menyebut flu membunuh antara 4.000 dan 22.000 orang setiap tahun, tahun lalu jumlah kematian berada di angka 8.000 kasus.

Manfaat Kedelai Bisa Kendalikan Berat Badan, Ini Penjelasannya

“Dan jika Anda merasa terserang flu atau Covid-19, tinggallah di rumah dan mengisolasi diri untuk melindungi diri sendiri. Anda akan merasa sangat sedih, tetapi ini untuk melindungi orang lain,” kata Doyle.

Ada beberapa bukti bahwa flu dan virus lainnya termasuk Covid-19 bisa berisiko fatal. Dalam penelitian koinfeksi, mereka yang terkena flu dan Covid-19 berada dalam masalah serius.

“Jika Anda terkena keduanya, Anda berada dalam masalah serius, dan orang yang paling mungkin terkena kedua infeksi ini mungkin adalah orang yang paling tidak mampu dalam hal sistem kekebalan mereka sendiri, atau risiko mereka untuk hasil yang serius. Jadi tolong lindungi diri Anda dari flu,” beber Doyle.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.