Manfaat Kedelai Bisa Kendalikan Berat Badan, Ini Penjelasannya

Manfaat kedelai bagi tubuh manusia sangat banyak. Tak hanya menjaga berat badan, manfaat kedelai lainnya adalah untuk kecantikan.

JEDA.ID-Ada banyak manfaat kedelai bagi tubuh manusia. Salah satunya, jika Anda tengah diet kedelai bisa jadi pilihan.

Pakar gizi dari IPB University, Rimbawan, memaparkan sejumlah kebaikan atau manfaat kedelai bagi kesehatan. Tips kesehatan kali ini membahas manfaat kedelai untuk tubuh.

“Kedelai memang mengandung karbohidrat, serat, lemak dan asam lemak dan tentunya protein,” kata Rimbawan dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta seperti melansir dari bisnis.com, Senin (21/9/2020).

Kandungan protein dalam kedelai tergolong cukup tinggi, yakni 16,6 gram, karbohidrat 9,9 gram, serat enam gram, lemak sembilan gram dan lain sebagainya.

Rimbawan mengatakan kedelai yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak tersebut bila dikonsumsi tidak akan cepat menaikkan kadar gula seseorang.

“Istilahnya kita sebut mempunyai indeks glikemik yang sangat rendah,” kata Ketua Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University tersebut.

Oleh sebab itu, orang yang tergolong sering mengonsumsi kedelai diharapkan kadar gula darahnya tidak cepat naik sehingga membantu kesehatannya.

Menurut dia, apabila kadar gula darah tidak cepat naik, maka hal tersebut juga berimbas pada pengendalian berat badan seseorang.

“Kalau kadar glukosa tidak naik dengan cepat, kita akan merasakan lebih lama dan tidak ingin cepat makan,” katanya.

8 Manfaat Mencintai Diri Sendiri

Bagi individu yang mengalami masalah dengan berat badan atau termasuk kategori obesitas, katanya, mengonsumsi kedelai merupakan salah satu solusi.

Selain itu, kedelai memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, di antaranya molybdenum yang berfungsi sebagai kofaktor beberapa jenis enzim penting. Kandungan lainnya adalah Vitamin K1 yang berperan penting dalam pembekuan darah.

Selanjutnya, kedelai mengandung folate/B9 zat gizi penting yang memiliki beberapa fungsi pada tubuh dan berperan penting selama kehamilan.

Tidak hanya itu, dalam kedelai juga terkandung senyawa lain yaitu isoflavones yang berperan sebagai antioksidan yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Selain menurunkan berat badan, kedelai juga memiliki manfaat lainnya loh untuk tubuh manusia. Dikutip dari Liputan6.com, belum lama ini, berikut ini manfaat kedelai:

1. Melembapkan kulit

Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah kunci kesehatan dan keindahan tubuh. Kedelai bertindak sebagai pelembap untuk kulit kombinasi dan juga berguna untuk menyingkirkan kulit kering dan terkelupas.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda bisa menggunakan kacang yang menakjubkan ini untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda.

2. Mengurangi tanda penuaan

Kacang kedelai juga bisa mengurangi tanda penuaan yang terlihat seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, garis halus, dan lainnya.

Matahari Masuki Siklus Baru, Apa Artinya?

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita cenderung kehilangan estrogen, hormon vital yang menjaga elastisitas kulit. Fitoestrogen dalam kedelai membantu menghasilkan lebih banyak estrogen dalam tubuh untuk mengurangi keriput dan garis-garis halus.

3. Membuat rambut bersinar

Kedelai juga digunakan untuk mendapatkan rambut halus, lembut, dan mengkilap.

Anda bisa mengoleskan jus kacang kedelai ke rambut secara teratur selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Memperbarui sel kulit mati

Kedelai mengandung vitamin E yang bisa membantu memperbarui sel kulit mati dan juga membentuk sel kulit baru. Ini bisa membantu Anda terlihat muda dan berseri.

Hancurkan kedelai dengan sedikit air dan oleskan di wajah. Biarkan selama 20 sampai 25 menit untuk melembapkan kulit. Gunakan ramuan ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Memperkuat kuku

Jika Anda memiliki kuku rapuh, kedelai bisa menjadi pilihan. Sertakan dalam makanan yang dikonsumsi selama enam bulan. Ini akan membantu menguatkan kuku dan juga membuatnya cerah.

Kedelai juga dikenal bisa melembapkan kuku dan mengobati infeksi jamur kuku. Celupkan kuku ke dalam sari kedelai untuk mendapatkan kuku bebas jamur.

Ditulis oleh : as

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.