8 Manfaat Mencintai Diri Sendiri

Manfaat mencintai diri sendiri sangat banyak. Salah satu manfaat mencintai diri sendiri adalah Anda menjadi lebih percaya diri.

JEDA.ID-Mencintai diri sendiri sering dituding sebagai selfish alias egois. Padahal sebetulnya mencintai diri sendiri itu memiliki manfaat sangat banyak.

Karena pepatah lama mengatakan love yourself first and the rest will follow. Artinya, Anda harus mencintai diri Anda sendiri sebelum mencintai orang lain. Konon, dengan mencintai diri sendiri, Anda bisa mendapatkan cinta yang pantas untuk diri sendiri. Lantas, apa saja keuntungan sebenarnya dari mencintai diri sendiri? Tips pengembangan diri kali ini bicara tentang manfaat mencintai diri sendiri.

Mengutip dari Bolde.com dan bisnis.com, Sabtu (19/9/2020), ada banyak hal yang bisa dipetik dengan mencintai diri sendiri. Berikut ini manfaat mencintai diri sendiri:

1. Mendapat perlakuan yang layak

Manfaat mencintai diri sendiri adalah Anda bisa mendapatkan perlakuan yang sangat sesuai dengan cara seseorang mencintai dirinya sendiri. Orang-orang akan mengetahui sejauh mana bisa memperlakukan Anda di lingkungan sehari-hari.

2. Bisa memikat calon gebetan

Mencintai diri sendiri bisa dimanfaatkan untuk memikat calon gebetan Anda, karena diri Anda sendirilah yang paling mengetahui kelebihan yang dimiliki. Hal itu bisa dimanfaatkan saat akan menggaet pasangan loh.

3. Lebih percaya diri

Manfaat mencintai diri sendiri berikutnya adalah Anda bisa lebih percaya diri untuk membagikan hal-hal yang ada dipikiran Anda seperti sebuah kritikan, penilaian atas orang lain. Dengan mencintai diri sendiri, Anda dapat mengajari orang untuk melakukan hal yang sama.

Gagal Verifikasi Email Pendaftaran Kartu Prakerja? Lakukan Ini

4. Tidak terlalu memerlukan pujian orang lain

Kalau Anda mencintai diri sendiri, tidak perlu menunggu ucapan dari pasangan loh untuk mengetahui seberapa cantik, tampan atau kepintaran Anda, karena Anda tidak terlalu memerlukan pujian orang lain atas diri Anda sendiri. Hal ini dinilai bisa menghasilkan hubungan yang jauh lebih sehat.

5. Anda lebih selektif

Perasaan takut untuk hidup sendiri akan muncul jika Anda tidak mencintai diri sendiri, tapi sebaliknya, jika Anda mencintai diri sendiri, Anda akan lebih selektif tentang jenis hubungan yang akan Anda lalui dalam hidup.

6. Anda bisa lebih mengetahui hal-hal apa yang benar untuk dilakukan untuk diri sendiri

Hal ini akan sangat membantu Anda saat menjalani sebuah hubungan agar terhindar dari hubungan yang akan menghanyutkan diri sendiri.

Fenomena Corpus Alienum Bikin Heboh dari Jarum Hingga Paku

7. Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat dengan mencintai diri sendiri.

Anda tidak akan bergantung dengan adanya atau tanpa adanya hubungan di dalam hidup Anda dan menganggap semua akan berjalan baik-baik saja.

8. Anda akan menjadi sosok yang lebih tegar dan kuat saat menghadapi seseorang

Suasana hati Anda akan jauh lebih kuat untuk menghadapi drama-drama kehidupan yang ada, terlebih untuk menghadapi pasangan yang sedang bete.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.