Self-love, Cara untuk Berterima Kasih pada Diri Anda

Sejak kecil kita terbiasa diajari menghargai orang lain, tapi tidak pernah diajari menghargai diri sendiri.

JEDA.ID-Menyayangi diri sendiri atau self-love adalah kata yang mungkin sering kita dengar untuk usaha menghargai diri sendiri.Namun menyayangi diri sendiri lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan.

Mengapa? Simak ulasannya di tips pengembangan diri ini yang membahas tentang menyayangi. Mengapa kita sulit menyayangi diri sendiri alias menyayangi diri sendiri? Jawabannya karena sejak kecil kita dibiasakan berterima kasih kepada orang lain, namun tidak pernah diajari berterima kasih kepada diri sendiri. Alhasil kita lebih memprioritaskan orang lain, menghargai orang lain, daripada menghargai diri sendiri.

Bus Social Distancing Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Menyayangi diri sendiri mengajarkan berterima kasih dengan tubuh, mental, dan semua yang kita miliki. Jika Anda ingin memulainya, coba simak beberapa hal berikut ini seperti dikutip dari healthline, Jumat (15/1/2021):

1. Meditasi

Cara pertama untuk menghargai diri sendiri adalah berhenti sejenak. Meditasi dengan memusatkan diri ketika anda merasakan penuh tekanan. Temukan tempat yang tenang dan nyaman dimana saja, tutup mata, lalu mengatur napas.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara memulainya, coba bergabunglah dengan komunitas yoga atau mengunduh aplikasi dalam handphone Anda. Cara lainnya adalah mengikuti instruktur favorit Anda untuk beryoga sendiri di rumah.

2. Gerakan penuh perhatian

Aktivitas di dalam rumah adalah kesempatan terbaik untuk melakukan apapun yang Anda inginkan. Temukan cara untuk membuat tubuh dan pikiran terasa nyaman. Anda dapat menikmati seluruh gerakan tubuh Anda selama beraktivitas, seperti menyapu, menanam, mencuci piring, makan, dan lainnya. Anda dapat merasakan tubuh Anda mengerjakan sesuatu dengan penuh keikhlasan.

Waspada! 3 Tanda pada Mata Ini Bisa Jadi Gejala Covid-19

Apabila berolahraga sulit bagi Anda, maka berjalan-jalan di depan rumah bersama hewan peliharaan dapat menggantikanya. Pilih sesuatu yang Anda sukai di rumah Anda sendiri!

3. Bacaan yang bagus

Apa buku kesukaan Anda? Novel, inspirasi, sains, ataukah astronomi? Anda dapat menemukan buku kesukaan Anda dan mulai membacanya. Bacalah dan rasakan seolah buku itu sedang berbicara kepada Anda tentang dunia yang luas di luar sana. Jika Anda belum menemukan buku kesukaan Anda, pergi ke toko buku dan belilah buku sebagai hadiah untuk diri Anda yang sudah bekerja sepanjang hari.

Wuih! Ada 11 Negara Masih ‘Bebas’ Covid-19

Hal praktis jika Anda hanya memiliki sedikit waktu adalah membaca artikel atau buku secara online di telepon genggam Anda. Anda dapat memilih laman berita atau bacaan ringan untuk sekadar menambah wawasan.

4. Enggak Apa-Apa Minta Tolong

Saat Anda mengalami masa sulit, Anda akan terkejut bahwa kebanyakan orang benar-benar ingin membantu Anda.

Mungkin sulit meminta bantuan, tetapi salah satu cara terbaik untuk melewati masa sulit adalah mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan.

It’s OK to not to be OK! Anda tidak harus melakukan semuanya sendirian.

5. Temukan tempat kebahagiaan Anda

Kita semua berhak memiliki tempat yang bisa dikunjungi dan merasa bahagia. Pikirkan ke mana Anda akan pergi. Tempat-tempat seperti kedai kopi, taman, atau spa dapat memanjakan dan merelaksasi pikiran Anda.

Ini Panduan Beli Saham, Pemula Wajib Catat!

Nikmati waktu yang Anda miliki. Pulihkan energi Anda supaya Anda bisa melayani orang lain lebih baik.

6. Bergerak lambat

Kita hidup di lingkungan yang serba cepat. Izinkan diri Anda untuk bersantai, menikmati momen spesial, dan menjaga diri sendiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperlambat dan menikmati aktivitas Anda.

Anda dapat memulai dengan sesekali makan perlahan dan tanpa gangguan. Pastikan Anda mengunyah perlahan dan benar-benar merasakan apa yang Anda makan. Praktik sederhana ini dapat membawa Anda merasakan tubuh Anda setiap hari.
Kemudian, ambil 10 napas panjang dan rasakan kembali tubuh Anda.

Sesekali Anda juga dapat istirahat lebih awal untuk bangun lebih segar saat pagi. Rutinitas ringan ini bisa menyehatkan Anda, meski Anda tidak rutin berolahraga.

7. Bercermin

Bercermin adalah rutinitas lain bagi Anda untuk menyiapkan penampilan setiap pagi, bukan? Mulai sekarang, sembari bercermin Anda bisa menatap mata Anda dan mengatakan “Aku mencintaimu” atau kata-kata positif lain. Ini mungkin terasa konyol bagi Anda, tetapi Self-talk atau berbicara pada diri sendiri dapat membangkitkan semangat Anda.

Berterima kasih pada diri sendiri memiliki banyak konsep. Temukan versi Anda dan praktikkan untuk mencintai diri Anda.

Ditulis oleh : Rizka Ardina Nugraheni

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.