Manfaat Yoga di Balik Kebugaran Pria India Berusia 123 Tahun

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari yoga, salah satunya membuat badan dan jiwa sehat hingga diyakini memperpanjang usia.

JEDA.ID— Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari yoga, salah satunya membuat badan sehat dan memperpanjang usia. Seperti yang dialami seorang laki-laki asal India. Dia sempat membuat terkejut staf bandara Abu Dhabi saat menunjukkan paspornya. Data di paspor menunjukkan dirinya berusia 123 tahun! Luar biasa bukan?

Jika data yang tertera dalam paspor benar, maka lelaki bernama Swami Sivananda ini menjadi orang tertua di dunia. Pemeriksaan paspor itu terjadi saat ia transit di AbuDhabi dalam perjalanan dari London untuk kembali ke Kolkata, India

Dilansir news.com.au, paspor lelaki ini menunjukkan bahwa dia lahir tanggal 8 Agustus 1896. Dia mengaku telah mencoba memastikan umurnya dikonfirmasi oleh Guiness Book Of World Records selama tiga tahun tapi belum membuahkan hasil, karena satu-satunya catatan tanggal lahirnya hanya berdasarkan arsip kuil Hindu.

Dulu, Sivananda kehilangan kedua orangtuanya saat masih berusia 6 tahun, lalu dia diserahkan kepada seorang guru spiritual yang juga melakukan perjalanan mengelilingi India bersamanya. Meskipun mengklaim dirinya berusia 123 tahun, Sivananda terlihat jauh lebih muda. Mungkin itu berhubungan dengan pengakuannya yang sering melakukan yoga dan hidup disiplin.

“Saya menjalani kehidupan saya dengan sederhana dan disiplin. Saya makan sangat sederhana, hanya makanan yang direbus tanpa minyak atau rempah-rempah, nasi, daal rebus dan beberapa cabai hijau,” kata Sivananda. Dia juga mengatakan menghindari minum susu dan buah karena dia merasa makanan itu mahal. Kebiasaan ini mulai dilakukannya sejak kecil

“Saya menghindari susu atau buah, karena saya merasa ini adalah makanan yang mahal. Saat masih kecil, saya tidur beberapa hari dengan perut kosong,” kata Sivananda.

Pria dengan tinggi badan 157 cm ini terlihat fit dan sehat. Dia hidup mandiri, bahkan berpergian naik kereta seorang diri. “Disiplin adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Seseorang dapat menaklukkan apapun dengan disiplin dalam kebiasaan mengkonsumsi makanan, olah raga dan hasrat seksual,” ucapnya.

Swami Sivananda (news.com.au)

Swami Sivananda (news.com.au)

Penyatuan dengan Alam

Seperti diungkapkan Sivananda, dirinya sehat salah satunya karena rutin melakukan yoga. Kata Yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun.

Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Jika sebelumnya yoga lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, kini yoga juga dipercaya dapat membakar kalori hingga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung, nyeri sendi, dan melawan stres.

Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran. Guna mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda harus memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan melakukan yoga serta preferensi pribadi Anda. Mungkin Anda bisa menjadikan yoga hatha, iyengar, dan kripalu sebagai permulaan, karena jenis yoga ini memiliki gerakan ringan.

Manfaat Yoga

Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang mencegah dan mengatasi depresi, begitu juga dengan yoga. Sebagian studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Berikut manfaat yoga seperti dirangkum Jeda. Id dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kebugaran

Tidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat yoga lainnya untuk tubuh Anda adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.

2. Membantu mengatasi masalah kesehatan

Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Meski demikian, kaitan manfaat yoga dengan kesehatan jantung masih harus diteliti lebih lanjut. Yoga juga dipercaya dapat meringankan gejala nyeri, migrain, dan membantu mengatasi insomnia.

3. Meredakan sakit punggung

Bagi Anda yang mengalami sakit punggung, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Bahkan, jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Hal ini karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.

4. Mengurangi masalah asma

Asma yang kambuh dapat sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Guna mengatasinya, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma ringan hingga sedang, menunjukkan bahwa beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan, seperti Pranayama, dapat membantu meringankan gejala asma. Akan tetapi, manfaat yoga untuk menangani asma dianggap belum signifikan secara klinis, jika dibandingkan efektivitas pengobatan asma konvensional.

5. Membakar lemak dalam tubuh

Selain beberapa manfaat yoga di atas, manfaat utama yang tentunya dicari banyak orang adalah terbakarnya lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan yoga jenis ashtanga, power yoga, atau hot yoga, dikombinasikan dengan berjalan kaki, berlari, atau olahraga aerobik lainnya.

6. Peningkatan peluang hamil

Yoga diyakini juga bisa membesar peluang bagi perempuan yang ingin hamil atau memiliki keturunan.  Beberapa pose yoga untuk meningkatkan peluang hamil di antaranya, staff pose, salasana squat, dan goddess pose.

Selamat mencoba dan menikmati yoga semoga panjang umur seperti Sivananda.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.