Malas ke Salon, Cara Alami Ini Bisa Bikin Awet Muda

Memiliki kulit sehat dan awet muda menjadi dambaan kaum wanita. Di tengah paparan polusi udara yang kian meningkat, diperluka tindakan ekstra agar kulit tetap awet muda dan sehat.

JEDA.ID– Memiliki kulit awet muda menjadi dambaan kaum wanita. Diperlukan tindakan ekstra agar kulit tetap awet muda dan sehat meski tidak harus dengan biaya mahal.

Sebagai pelindung terluar tubuh, tugas kulit memang sangat berat. Tiap hari kulit akan berhadapan dengan beragam “serangan” dari luar, seperti sinar matahari hingga polusi udara. Memang untuk kadar tertentu sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet akan bermanfaat bagi tubuh, karena mengandung Vitamin D.

Namun demikian sinar ultraviolet berlebihan dari sinar matahari akan mengancam kulit kita, seperti penuaan dini, kulit kusam, kulit terbakar, hingga meningkatkan risiko kanker kulit.

Sementara polusi udara yang dipenuhi dengan berbagai polutan berbahaya bisa menempel atau bahkan memasuki pori-pori kulit. Polutan yang memasuki pori-pori kulit ini berukuran sangat kecil, yakni bisa mencapai 20 kali lebih kecil dari pori-pori kulit. Polutan inilah yang pada akhirnya akan membuat kolagen dan berbagai lapisan pada kulit yang menjaga kesehatan kulit menjadi rusak.

Pakar kesehatan Zoe Draelos dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat, seperti dilansir hellosehat.com, Senin (12/8/2019), menyebutkan polusi udara bisa memberikan dampak sangat buruk bagi kulit meskipun biasanya dampaknya tidak segera terlihat secara langsung. Hanya, lambat laun kulit akan cenderung lebih kusam dan terkesan tidak bercahaya.

Hal ini dikarenakan kemampuan partikel polutan yang bisa membuat sirkulasi darah pada kulit menjadi tidak lancar. Selain itu, partikel polutan juga bisa membuat masalah jerawat hingga peradangan pada kulit.

Menangkal Polusi dari Luar

Banyaknya asap dari kendaraan bermotor, rokok, atau pabrik, membuat udara mengandung beragam polutan yang menyebabkan timbulnya polusi udara. Biasanya, polusi udara tersebut mengandung setidaknya enam macam polutan, yaitu karbon monoksida, timbal, oksida nitrogen, ozone, partikel polusi atau partikulat, dan oksida belerang.

Tidak hanya itu, udara yang tercemar setidaknya dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit; memperburuk penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat; dapat merusak DNA pada sel kulit; mengganggu kemampuan kulit untuk menghasilkan kolagen; dapat mengaktifkan molekul tertentu yang menyebabkan timbulnya bintik hitam atau pigmentasi kulit; serta menyebabkan kulit menjadi kekeringan.

Di tengah ancaman luar yang nyata, kita memang harus lebih sadar dan sedini mungkin bertindak untuk menjaga kulit tidak hanya agar awet muda tapi juga sehat. Jika Anda ingin awet muda secara alami, tak ada salahnya mengintip tips yang diberikan oleh para ahli ini.

Awet muda tak melulu hanya menghilangkan keriput di wajah, tapi juga melibatkan rambut yang indah, pori-pori kulit mengecil, gigi putih bersinar, hingga kulit yang terjaga dengan baik kelembabannya. Berikut beberapa tips yang diberikan para ahli agar seseorang terlihat awet muda seperti dikutip dari Health, belum lama ini.

1. Pertimbangkan konsumsi minyak ikan

Minyak ikan merupakan antiinflamasi yang baik untuk antiaging, mulai dari meningkatkan fungsi jantung dan kekebalan tubuh, membantu rambut tumbuh dengan baik, serta kulit yang bagus. Tak ada salahnya mengonsumsi minyak ikan yang mengandung omega-3 setiap pagi.

2. Lakukan hal sederhana

Tak perlu tindakan mahal dan rumit seperti ke dokter bedah plastik dalam memberikan perawatan kulit yang baik. Sebaliknya cukup lakukan hal-hal sederhana setiap hari, seperti mencuci muka secara teratur setelah bepergian, sebelum tidur menggunakan pelembab, maupun mendapatkan waktu tidur yang cukup.

3. Hindari gula pasir

Bahan makanan yang harus dihindari adalah gula pasir karena bisa mempercepat proses penuaan dengan cara mengikat dan melemahkan kolagen di kulit. Akibatnya adalah keriput dini dan kulit kendur. Sebaiknya gula pasir diganti dengan mengonsumsi banyak sayuran serta buah-buahan.

4. Pijat untuk menghilangkan stres

Pemijatan seperti refleksiologi diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah menghilangkan stres serta membuat seseorang merasa lebih muda dan meningkatkan energi. Jika ada waktu luang, tak ada salahnya melakukan pemijatan selama 20 menit setiap hari. Pemijatan ini juga bisa diganti dengan peregangan, meditasi, dan teknik menenangkan diri.

5. Gunakan tabir surya

Arlene Noodleman, MD, dari Age Defy Dermatology and Wellness Center, Campbell, California, menuturkan penggunaan krim tabir surya terutama yang mengandung vitamin C bisa membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri akibat kerusakan dari sinar matahari.

6. Menyegarkan diri dengan buah

Cemilan yang baik untuk menyegarkan diri sendiri adalah dengan mengonsumsi buah-buahan seperti stroberi, apel, dan anggur yang bisa bertindak membersihkan gigi secara alami dan menghilangkan noda. Buah-buahan juga mengandung antioksidan

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.