Melakukan Yoga Di Rumah Saja, Simak Tipsnya

Yoga di rumah merupakan salah satu olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat selama masa pandemi Covid-19.

JEDA.ID-Yoga di rumah merupakan salah satu olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat selama masa pandemi Covid-19. Namun yoga di rumah tidak semudah kelihatannya.

Meski saat ini banyak tutorial yoga tersedia di Youtube atau aplikasi lainnya, namun tidak sedikit orang merasa ragu atau khawatir saat melakukan yoga di rumah memakai tutorial.

Nah, agar tips sehat kali ini membahas bagaimana melakukan yoga di rumah secara aman dan efektif. Melansir dari Times of India dan bisnis.com, Rabu (2/9/2020), berikut langkah  yoga yang benar di rumah dan memperoleh hasil yang maksimal :

1. Mulailah dengan lambat

Dikatakan bahwa Anda tidak bisa mendaki gunung dalam sehari, begitu pula Anda tidak bisa fit dalam sehari. Menjadi bugar adalah proses yang berkelanjutan dan memakan waktu. Mendedikasikan jumlah waktu tetap setiap hari untuk kebugaran adalah satu-satunya cara untuk membuat kemajuan kecil.

Aktivitas Menyenangkan Ini Juga Bisa Bakar Kalori, Nomor 3 Pasti Suka!

Saat Anda memulai rutinitas latihan apa pun, mulailah dengan lambat. Mulailah dengan 10 menit atau 5 pose yoga, kemudian setelah seminggu tingkatkan repetisi dan tambahkan 2 pose lagi. Ini adalah cara mudah untuk mengikuti rutinitas kebugaran apa pun tanpa meninggalkannya di tengah jalan.

2. Pastikan langkah dan pose yang benar

Jangan pernah terburu-buru untuk menyelesaikan pengulangan secepat mungkin. Luangkan waktu Anda dan perhatikan keselarasan dan pola pernapasan Anda.

Dalam yoga, penyelarasan dan pernapasan memainkan peran penting. Jika Anda mengikuti video yoga online apa pun, tidak ada salahnya memutar ulang atau menjeda video untuk memperbaiki bentuk pose. Anda bisa berlatih yoga di depan cermin untuk memeriksa apakah Anda melakukannya dengan benar.

3. Pakai pakaian longgar

Yoga lebih menekankan pada peregangan dan gerakan, jadi cobalah kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Tidak masalah jika Anda memiliki pakaian olahraga yoga tertentu atau tidak. Kenakan apa pun yang longgar dan Anda dapat bergerak dengan mudah tanpa kehilangan keseimbangan atau jatuh ke tanah. Kenakan aksesori minimal dan cobalah untuk fokus.

4. Dengarkan tubuh Anda

Jika Anda kesulitan menentukan urutan yoga mana yang harus dilakukan maka cara terbaik adalah dengan mendengarkan tubuh Anda. Anda tidak perlu mengikuti urutan yoga tetap seperti yang diikuti di banyak kelas yoga.

Suka Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong? Ini Dampaknya

Kembangkan intuisi tentang urutan apa yang ingin Anda lakukan pada hari itu. Jika Anda stres, lakukan pose meditasi, jika Anda merasa energik, cobalah serangkaian pose yoga yang cepat atau ketat.

5. Gunakan barang-barang di rumah

Jika Anda baru saja memulai yoga dan bertanya-tanya bagaimana melakukannya tanpa matras yoga, jangan khawatir. Anda tidak perlu langsung membeli semua aksesori yang dibutuhkan untuk melakukan yoga. Pakailah barang-barang di rumah untuk menunjang aktivitas yoga Anda.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.