• Thu, 29 September 2022

Breaking News :

Suka Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong? Ini Dampaknya

Minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas, karena banyak yang percaya kopi dapat menghilangkan kantuk dan meningkatkan konsentrasi.

JEDA.ID-Tidak sedikit pencinta kopi memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari saat perut kosong. Minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas, karena banyak yang percaya kopi dapat menghilangkan kantuk dan meningkatkan konsentrasi.

Nyatanya, kebiasaan tersebut tidak dianjurkan karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Mengutip dari Healthyway dan ditulis detikcom, Rabu (2/8/2020), berikut ini 3 dampak buruk  kebiasan ini :

1. Gangguan pencernaan

Asam klorida di lambung sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Tetapi, produksi asam klorida berlebihan saat minum kopi dalam kondisi perut kosong membuat pencernaan menjadi terganggu sehingga harus bolak balik ke kamar mandi.

Jaksa Pinangki Jadi Sorotan, Intip Seberapa Wah Gaya Hidupnya

Selain itu, bakteri jahat di dalam usus akan memakan protein dan mengeluarkan kentut berbau busuk.

2. Menghilangkan nutrisi

Studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Yokohama di Jepang menemukan bahwa kopi dapat mengosongkan lambung dengan cara mengeluarkan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Generasi Sandwich, Perhatikan Tips Halau Stres dan Atur Keuangan Ini

Dengan begitu, minum kopi saat perut kosong akan menyerap vitamin dan mineral dalam tubuh sehingga memungkinkan tubuh kekurangan nutrisi.

3. Kecemasan dan depresi

Kopi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, tetapi kopi juga dapat meningkatkan kecemasan dan depresi. Hal ini karena minum kopi dapat meningkatkan kadar hormon stres, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin.

Kondisi ini akan mengganggu produksi hormon serotonin yang dapat meningkatkan kebahagian dalam diri.

Selain itu Anda juga harus memerhatikan asupan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat maupun setelah minum kopi. Melansir dari laman Healthy Eating, berikut ini daftarnya:

1. Susu

Sebagian orang mengkonsumsi kopi dan susu di pagi hari secara bersamaan. Hal ini karena susu untuk mengganjal perut sedangkan kopi agar tidak mengantuk. Faktanya, kopi dapat mempengaruhi penyerapan kalsium pada tubuh sehingga lebih banyak kalsium yang terbuang melalui urine.

Cara Mensterilkan Masker N95, Pakai Penanak Nasi Bisa Loh

Jika ingin mendapat manfaat yang maksimal, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan. Lain soal jika hanya butuh nikmatnya.

2. Makanan mengandung seng

Kopi dapat menyerap seng dalam tubuh. Hindari minum kopi setelah mengkonsumsi makanan seperti tiram, daging merah, unggas, buncis, dan kacang-kacangan sebab kopi dapat mengeluarkan seng yang seharusnya diserap dalam tubuh.

3. Kacang polong

Kacang polong memiliki banyak kandungan zat besi. Umumnya, kacang polong dijadikan camilan dan dibarengi dengan minum kopi. Faktanya, makan kacang polong bersamaan dengan kopi dapat menyerap zat besi yang dibutuhkan dalam tubuh.

4. Vitamin D

Sebuah Journal of Bone Metabolisme pada 2017, menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi cenderung kekurangan vitamin D pada tubuh. Kopi memang memberikan dampak negatif pada vitamin D. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, sebaiknya minum air putih dan hindari kopi.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.