• Thu, 8 December 2022

Breaking News :

Cara Mensterilkan Masker N95, Pakai Penanak Nasi Bisa Loh

Masker N95 biasanya hanya untuk sekali pakai. Namun ada sejumlah cara mensterilkan masker N95, salah satunya memakai penanak nasi.

JEDA.ID-Ada sejumlah cara mensterilkan masker N95, salah satunya memakai penanak nasi. Dengan mensterilkan masker N95 bisa aman dipakai hingga tiga kali.

Masker N95 diketahui mampu mengurangi paparan agen infeksi di udara, termasuk SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. Kekurangan utama dari masker ini, yakni sekali pakai, telah mendorong upaya untuk menemukan metode dekontaminasi baru yang dapat memperpanjang penggunaannya.

“Meskipun masker N95 dirancang hanya untuk satu kali penggunaan sebelum dibuang, masker N95 dapat didekontaminasi dan digunakan kembali sampai 3 kali,” kata salah satu penulis studi dan profesor ekologi UCLA, James Lloyd-Smith, dikutip dari Science Daily, Selasa (1/9/2020).

Masker N95 dapat dipakai berulang namun dengan catatan, integritas perlengkapan dan segel respirator harus terjaga. Dalam pengaturan laboratorium terkontrol, para peneliti menguji beberapa metode dekontaminasi pada bagian kecil kain filter N95 yang telah terpapar SARS-CoV-2.

Metodenya termasuk hidrogen peroksida yang diuapkan, dipanaskan dalam suhu 70 derajat Celcius, paparan sinar ultraviolet dan semprotan etanol dengan kadar 70 persen.

Karyawan di Laboratorium Rocky Mountain National Institutes of Health di Montana secara sukarela mengenakan masker selama dua jam untuk menentukan apakah masker tersebut tetap pas dan tertutup di wajah.

Ini Sejarah Ganja di Indonesia dari Alat Tukar Hingga Bumbu Masakan

Para ilmuwan mendekontaminasi setiap masker sebanyak tiga kali, menggunakan prosedur yang sama untuk masing-masing masker. Keempat metode ini diuji untuk melihat apakah mampu menghilangkan virus yang terdeteksi dari sampel uji kain filter N95.

Hasilnya proses sterilisasi masker dengan hidrogen peroksida yang diuapkan berpotensi digunakan tiga kali. Sementara dengan sinar ultraviolet dan suhu panas, masker mulai menunjukkan masalah pada segel setelah tiga kali proses sterilisasi. Dengan metode ini   masker ini berpotensi dapat digunakan kembali dua kali.

Semprotan Etanol Justru Merusak Masker

Di sisi lain, para ilmuwan menemukan semprotan etanol merusak integritas pelindung dan segel respirator setelah dua kali dekontaminasi. Jadi mereka tidak merekomendasikannya untuk sterilisasi masker N95.

Masalah ini juga menggerakkan Thanh H. Nguyen dan timnya dari teknik sipil dan lingkungan di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat (AS), memikirkan cara membantu para tenaga medis setempat yang kekurangan masker N95.

“Satu hal yang mereka sebutkan di awal adalah masker N95, karena itu APD yang sangat penting. Mereka memberi tahu kami harganya sangat tinggi, sulit didapat, dan mereka harus mendaur ulang, tapi tidak tahu bagaimana cara melakukannya dengan aman,” kata Nguyen seperti dikutip dari Washington Post dan ditulis detikcom, belum lama ini.

Maka, Nguyen dan rekannya Vishal Verma mengeksplorasi bermacam teknologi dan bahan kimia. Namun kemudian mereka  mempertimbangkan orang-orang yang tidak punya akses ke bahan kimia tertentu atau alat-alat sterilisasi canggih.

Mereka mendapat ide  memanfaatkan alat yang mudah ditemui banyak orang di dapur, yaitu rice cooker alias penanak nasi.

Dia kemudian meminta salah satu siswanya ke supermarket Walmart dengan instruksi khusus. Siswa tersebut kemudian pulang dengan memboyong penanak nasi serbaguna.

Dalam studinya, Nguyen dan Verma merinci bagaimana panas kering yang dihasilkan oleh rice cooker (atau multicooker seperti instant pot) dapat menjadi cara efektif untuk mendekontaminasi masker N95 kelas medis.

5 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi yang Bisa Picu Penyakit

Keduanya menemukan bahwa pembersihan  selama 50 menit pada suhu 100 derajat Celcius membuat masker benar-benar steril tanpa mengurangi keefektifan fungsi penyaringannya.

Studi yang diterbitkan dalam Environmental Science & Technology Letters ini memperkuat penelitian serupa dalam mengevaluasi keefektifan peralatan dapur sebagai alat sanitasi.

Pakai Penanak Nasi

Pada Februari lalu, tim dari Universitas Medis Chung Shan, Taiwan, menemukan bahwa mengukus masker bedah dalam penanak nasi selama beberapa menit memiliki efek mensterilkan. Menteri kesehatan Taiwan bahkan mendemonstrasikan teknik tersebut pada konferensi pers Pusat Komando Epidemi Pusat.

Baru-baru ini, para ilmuwan di Ohio juga menyarankan untuk ‘mengukus’ masker dalam rice cooker. Temuan ini sejalan dengan panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit tentang penggunaan ulang masker N95, yang mencantumkan ‘panas lembab’ bisa menjadi metode untuk dekontaminasi.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.