• Mon, 3 October 2022

Breaking News :

5 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi yang Bisa Picu Penyakit

Tanpa kita sadari, kita melakukan kebiasaan buruk di kamar mandi. tanpa kita sadari kebiasaan ini bisa memicu penyakit.

JEDA.ID-Tanpa kita sadari, kita melakukan kebiasaan buruk di kamar mandi. Kebiasaan ini bisa memicu penyakit.

Kamar mandi adalah tempat membuang kotoran sehingga ada ratusan juta bakteri berada di sana. Maka dari itu, Anda harus menjaga kebersihan kamar mandi agar tidak mudah terjangkit penyakit.

Jika Anda termasuk orang yang betah berlama-lama berada di kamar mandi, segera berhenti dari kebiasaan tersebut. Hal ini karena tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan berada di kamar mandi ternyata membahayakan kesehatan tubuh.

Bulu Kucing Penyebab Penyakit Asma, Mitos atau Fakta?

Lantas, apa saja kebiasaan sepele yang sering dilakukan di kamar mandi yang sebenarnya berdampak buruk bagi kesehatan? Tips kesehatan kali ini membahas lima kebiasaan buruk di kamar mandi yang bisa memicu penyakit.

Dikutip dari detikcom, Selasa (1/9/2020), berikut ini lima kebiasaan buruk yang bisa memicu penyakit:

1. Menyimpan sikat gigi dekat toilet

Saat membilas toilet, air toilet akan bercampur dengan zat sisa urine atau feses yang dapat terciprat hingga 2 meter. Air cipratan tersebut mengandung bakteri yang akan masuk di sela-sela bulu sikat gigi. Kondisi ini akan berisiko pada kesehatan Anda, karena bakteri dapat bertahan selama seminggu di sikat gigi.

2. Membawa handphone

Dikutip dari Brightside, sekitar 90 persen orang membawa handphone ke kamar mandi. Entah untuk mendengarkan musik, balas chat atau email, dan bermain sosial media agar tidak bosan di toilet.

Ini Sejarah Ganja di Indonesia dari Alat Tukar Hingga Bumbu Masakan

Kebiasaan ini bisa berdampak bagi kesehatan. Hal ini karena kuman bekas membersihkan badan akan menempel pada handphone dan berisiko menempel pada bagian tubuh, seperti pipi saat sedang telepon.

3. Menggunakan handuk untuk wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit, kebiasaan menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah bukanlah ide yang baik. Sebab, setiap menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan wajah dan dibiarkan basah, akan membuat bakteri berkembang biak. Sebaiknya, gunakan handuk sekali pakai.

4. Membiarkan handuk basah tergantung di kamar mandi

Menggantung handuk basah di kamar mandi dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Handuk yang dibiarkan lama di kamar mandi akan menjadi lembap yang bisa mengundang jamur dan bakteri berkembang biak.

5. Duduk di toilet lebih dari 15 menit

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, duduk di toilet lebih dari 15 menit bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tekanan ekstra pada pembuluh darah akan menyebabkan wasir yang dapat menyebabkan pendarahan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.