Wuih! Ada 11 Negara Masih ‘Bebas’ Covid-19

Kasus Corona  global sudah tembus lebih dari 95 juta.

JEDA.ID-Meski corona telah menginfeksi hampir seluruh dunia, tapi ternyata masih ada negara masih bebas Covid-19. Ke-11 negara itu masih bebas Covid-19 lantaran virus corona belum menginfeksi negara-negara itu.

Mana saja negara yang masih bebas Covid-19 itu? Tips kesehatan kali ini membahas 11 negara yang masih bebas Covid-19.

Asal tahu saja nih kasus Corona  global sudah tembus lebih dari 95 juta. Bahkan beberapa di antaranya kembali mencatat lonjakan kasus Covid-19.

Data yang dikutip dari Worldometer, Senin (18/1/2021), sudah ada 95.482.598 kasus terinfeksi di seluruh dunia, dengan 2.039.653 kematian.

Beragam Metode Mendeteksi Corona, Pakai Ludah hingga Bau Ketiak

Meski saat ini seluruh dunia dibayangi ketakutan persebaran Covid-19 yang kian masif, namun hingga saat ini masih ada negara yang tidak terkena virus Corona. Dikutip dari laman New York Post dan detikcom, ada beberapa negara yang belum melaporkan adanya kasus virus Corona.

1. The Cook Island

Negara kepulauan dengan populasi sebanyak 17.000 jiwa ini masih belum melaporkan adanya kasus Covid-19 sejak virus corona merebak di dunia.

Negara ini memiliki 15 pulau dengan pulau terbesar bernama Pulau Rarotonga. Tindakan pencegahan yang dilakukan Cook Island dengan melakukan pembatasan sejak dini dan menutup sekolah sejak awal pandemi. Negara kepulauan tersebut juga menerapkan jaga jarak yang sangat ketat kepada para rakyatnya sejak awal pandemi.

2. Tuvalu

Tuvalu merupakan sebuah negara pulau yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan terletak di tengah-tengah antara Hawaii dan Australia.

Siap Divaksin Tapi Fobia Jarum Suntik? Kenali Fakta-Fakta Trypanophobia

Negara dengan populasi 11.500 jiwa ini melakukan tindakan seperti, menutup perbatasannya dan mengkarantina orang yang masuk ke negara tersebut selama dua pekan.

3. Tonga

Tonga memiliki nama resmi Kerajaan Tonga. Kerajaan Tonga memiliki populasi 104.000 jiwa. Sejak awal pandemi, negara kepulauan ini mengubah rute kapal pesiar dan menerapkan larangan perjalanan internasional.

4. Pitcairn Islands

Pitcairn Island merupakan negara yang memiliki empat pulau dan terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Negara ini dihuni oleh keturunan pemberontak terkenal dari HMS Bounty dan segelintir tawanan asal Tahiti, yang mendarat di kepulauan itu pada 1789. Pitcairn Island hingga saat ini belum mencatat satupun kasus Covid-19.

5. Palau

Palau memiliki populasi sebanyak 17.900 jiwa. Lebih dari 300 pulau, negara itu menangguhkan semua perjalanan dan memberlakukan karantina ketat bagi warga yang kembali ke rumah.

Niue juga merupakan salah satu negara yang bebas dari Corona. Lebih lanjut, klik halaman berikutnya.

6. Niue

Niue merupakan negara pulau kecil di Samudra Pasifik sebelah selatan. Negara ini pun terkenal dengan tebing kapur dan lokasi menyelam terumbu karangnya. Niue berpopulasi 1.624 jiwa dan mencatatkan nol kasus Covid-19 sejak pandemi dimulai.

7. Nauru

Nauru merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Untuk menghasilkan uang, pemerintah Nauru menyewakan sebagian besar tanahnya ke Australia untuk digunakan sebagai kamp interniran bagi imigran ilegal dan pengungsi.

WHO Tidak Sarankan Bukti Vaksinasi Jadi Syarat Bebas Bepergian

Dengan populasi 12.700 jiwa, Nauru juga belum melaporkan satupun kasus virus Corona Covid-19 sejak pandemi dimulai.

8. Kiribati

Negara ini memiliki 116.000 jiwa dan melaporkan nol kasus Covid-19. Sebenarnya, sangat sedikit maskapai penerbangan yang memiliki rute ke negara Kiribati. Sehingga lebih mudah bagi negara ini untuk memberlakukan larangan kunjungan.

9. Tokelau

Terletak di tengah-tengah antara Hawaii dan Selandia Baru, negara kecil bernama Tokelau dan hanya memiliki populasi 1.411 jiwa dan masih bebas Covid-19.

10. Micronesia

Sejak awal pandemi, pemerintah Micronesia melarang orang asing yang masuk ke negara itu, baik penumpang kapal maupun penumpang pesawat terbang.

Ini Panduan Beli Saham, Pemula Wajib Catat!

Kendati demikian, pemerintah memberikan pengecualian untuk akses masuk bagi individu atau mereka yang bekerja di kapal laut komersial yang mematuhi tindakan pencegahan dan protokol kesehatan.

11. Turkmenistan

Turkmenistan merupakan negara yang terletak di Asia Tengah yang berpopulasi sekitar 5 juta jiwa. Negara ini juga belum melaporkan adanya kasus Covid-19 sejak pandemi dimulai. Namun, para ahli epidemiolog bersikap skeptis terhadap laporan itu.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.