Ini Alasan Wanita Melajang dan Manfaatnya

Tidak sedikit wanita melajang. Ada banyak alasan wanita melajang, salah satunya adalah ingin hidup bebas atau trauma masa lalu.

JEDA.ID-Hidup melajang kini bukan lagi hal yang tabu atau mendapat stigma negatif dari masyarakat. Pasalnya, melajang merupakan pilihan hidup ketika menikah bukanlah tujuan.

Mungkin sebagian wanita melajang karena lebih mengutamakan karier di dalam kehidupan mereka. Namun banyak alasan yang mendasarinya. Melansir Times of India dan dikutip bisnis.com, Selasa (22/9/2020), berikut alasan wanita melajang :

1. Hidup bebas terlepas dari masalah yang ditimbulkan oleh cinta dan hubungan

Beberapa wanita mungkin trauma untuk menjalin hubungan ketika yang didapat hanyalah kesedihan dan kekerasan dari pasangan. Dengan melajang, dia bisa mendapatkan ketenangan dan lebih banyak waktu untuk merawat diri serta melakukan hal-hal yang diinginkan.

2. Bisa bergaul dengan banyak teman tanpa meminta izin

Selama bertahun-tahun menjalin hubungan mungkin sebagian wanita menyadari, dia telah memutus ikatan yang sebelumnya dibagi dengan teman-teman. ketika melajang, selain memiliki lebih banyak waktu yang bisa dihabiskan dengan teman.

3. Lebih fokus pada tujuan dan aspirasi daripada harus berkompromi untuk orang lain

Berada dalam suatu hubungan mungkin membuat beberapa wanita merasa terpojok, karena harus membuat pilihan antara tujuan dan hubungan. Itu tidak pernah menjadi perasaan yang baik karena keduanya mungkin penting.

Idap Flu dan Covid-19 Bersamaan Tingkatkan Risiko Kematian

Oleh karena itu melajang menjadi pilihan karena membuat mereka lebih fokus pada tujuan dan aspirasi daripada harus berkompromi untuk orang lain.

4. Menghargai diri sendiri

Ketika Anda berada dalam suatu hubungan, Anda harus berpikir tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk pasangan. Meskipun mungkin terlihat standar, tetapi ini sangat melelahkan.

8 Manfaat Mencintai Diri Sendiri

Tetapi setelah melajang selama beberapa waktu, beberapa wanita menyadari nilai diri mereka lebih penting.

5. Hidup lebih bebas

Melajang harus menjadi pilihan daripada dilihat sebagai sesuatu yang kurang. Sebagai seorang wanita, mungkin melajang dianggap tidak normal. Namun beberapa wanita melajang untuk meraih kebebasan, mampu mencapai impian daripada pria.

6. Pernah dilecehkan

Beberapa wanita mungkin mengalami penganiayaan fisik dan mental ketika menjalin hubungan. Mereka akan mengetahui pentingnya menjadi lajang dan mandiri dan akhirnya menemukan kebahagiaan.

Di satu sisi, hidup melajang juga memiliki banyak manfaat. Mengutip Boldsky, berikut ini keuntungan menjadi seorang lajang.

1. Sehat

Penelitian menunjukkan orang melajang cenderung lebih sehat. Mereka sadar akan pentingnya kebugaran dan memilih gaya hidup sehat seperti berolahraga dan makan dengan benar.

Dikatakan bahwa lajang menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, dan kualitas tidur mereka jauh lebih baik daripada rekan sebaya mereka yang menjalin hubungan atau hidup berpasangan.

2. Bebas

Saat berada dalam suatu hubungan, Anda harus melupakan kebebasan. Berbeda dengan orang melajang yang bisa melakukan apa saja. Para lajang dapat meluangkan waktu dan usaha untuk hobi, pengembangan diri, atau karier.

3. Menguasai keuangan

Bila melajang, uang sendiri hanya milik Anda. Tak perlu berurusan dengan kebiasaan belanja yang tidak sehat atau sifat hemat pasangan.

4. Bebas bergaul

Bila tidak memiliki pasangan, Anda bisa dengan mudah berbaur dan berteman dengan orang yang disukai. Tak perlu khawatir pasangan mungkin tidak menyukai teman Anda atau sebaliknya.

5. Me time berkualitas

Dalam sebuah hubungan, Anda mungkin akan kesulitan menemukan waktu untuk diri sendiri. Namun, saat melajang, Anda bisa menghabiskan waktu berkualitas untuk diri sendiri. Memiliki me time adalah hal yang penting sebagai pribadi. Luangkan waktu untuk mengenal diri sendiri.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.