Fenomena Corpus Alienum Bikin Heboh dari Jarum Hingga Paku

Corpus alienum adalah istilah untuk benda asing dari luar ditemukan di dalam tubuh. Kasus corpus alienum cukup sering ditemukan di dunia medis di Indonesia.

JEDA.ID-Sebuah unggahan di Instagram milik seorang selebgram mendadak viral. Dalam unggahan tersebut menunjukkan x-ray susuk di dalam tubuh seseorang, dan kondisi ini disebut dengan istilah corpus alienum.

Corpus alienum adalah istilah untuk benda asing dari luar ditemukan di dalam tubuh. Benda-benda tersebut bisa berada di berbagai bagian tubuh, seperti mata, saluran napas, kulit, perut, hingga anus. Kondisi ini juga sering disebabkan karena hal-hal aneh seperti susuk dan santet.

Kasus corpus alienum ternyata cukup sering ditemukan di dunia medis. Biasanya para dokter akan langsung mengeluarkan benda tersebut untuk menurunkan risiko munculnya infeksi, inflamasi, atau mengeluarkan toksik.

Berikut berbagai kasus corpus alienum seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (19/9/2020):

1. X ray susuk

Kabar seorang wanita yang memiliki ratusan susuk di tubuhnya viral di Internet dan menjadi pembicaraan masyarakat. Kasus ini viral setelah salah satu selebgram Tasqia Alifa Syabira mengunggah foto x-ray susuk wanita usia 55 tahun di Instagramnya.

“Pasien wanita usia 55 tahun mau di x-ray. Nah, kalo gini susuknya ada berapa? Itung sendiri deh ya,” tulis Tasqia dalam unggahannya.

Dalam unggahan x ray susuk itu, Tasqia juga menjelaskan dalam dunia medis susuk itu seringkali disebut sebagai Charm Needles. Umumnya, susuk itu terbuat dari emas dan tembaga, sehingga dari x-ray susuk bisa terlihat.

2. Puluhan paku dan jarum di dalam tubuh

Pada 2011, fenomena corpus alienum juga terjadi pada bocah bernama Safira yang berusia 3 tahun. Tim dokter dari RSUD Andi Makkasau Kota Parepare menemukan puluhan paku dan jarum di tubuh Safira, yaitu di bagian betis, lengan, dan punggung.

Keselamatan dalam Bersepeda Diatur dalam Permenhub, Apa Saja Ya?

Menurut dokter bedah yang menangani Safira saat itu, Khamaruddin Said, dia baru kali pertama menghadapi kasus seperti ini, apalagi jumlah yang ditemukannya itu cukup banyak.

“Kalau cuma mengeluarkan jarum atau gunting yang tertinggal di rongga tubuh, sering. Tapi, kalau itu jelas dari mana asalnya gunting dan jarum bisa sampai ke dalam tubuh,” katanya.

3. Remaja ‘bertelur’

Kasus ini dialami oleh remaja asal Desa Mangempang, Gowa, Sulawesi Selatan pada 2018 lalu yang menghebohkan warganya karena mengeluarkan dua butir telur dari tubuhnya. Itu terjadi setelah remaja bernama Akmal (14) itu mengeluh sakit perut.

“Tadi malam dia sakit perut, jadi saya bawa ke puskesmas dan puskesmas rujuk ke sini,” kata Rusli, orang tua Akmal yang dikutip dari detikcom.

Kontroversi Tinder dan Fakta-Faktanya, Apa Saja?

Dari hasil rontgen, terlihat ada dua butir telur di dalam tubuh Akmal. Dengan kondisi seperti ini, Akmal diduga mengalami fenomena medis corpus alienum.

4. Ada 75 paku, jarum, dan kawat di kaki

Pada 2012 juga geger karena ditemukannya 75 paku, jarum, dan kawat dari kaki seorang wanita bernama Supiyati, 25. Awalnya, Supiyati pingsan setelah menikah pada 2010. Seminggu kemudian, ia sering merasakan sakit dan akhirnya mengeluarkan benda-benda ‘misterius’ itu dari dalam tubuhnya.

Untuk mengeluarkannya, tim medis dari RS Nurhidayah Bantul, Yogyakarta melakukan operasi pembedahan. Mereka berhasil mengeluarkan 71 benda asing berupa jarum, paku berkarat, dan kawat dari tubuh Supiyati. Sementara 4 benda asing lainnya keluar dari tubuh setelah dibacakan ayat Alquran di rumah sakit.

“Supiyati mengalami corpus alienum cruris multiple dan abces bilateral multiple,” kata dr Sagiran dalam jumpa pers di RS Nurhidayah, Trimulo, Jetis, DI Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Corpus alienum cruris multiple adalah kondisi ditemukannya benda asing di dalam tubuh dalam jumlah banyak. Sementara abces bilateral multiple adalah luka nanah dalam jumlah banyak yang merupakan efek dari penyakit pertama.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.