Hadapi Musim Hujan, Cari Mobil yang Punya 5 Fitur Keamanan Ini

JEDA.ID – Sebagian daerah di Indonesia sebentar lagi akan memasuki musim hujan. Tak ada salahnya mempersiapkan hal-hal untuk menghadapi musim hujan. Salah satunya barangkali jika Anda ingin membeli sebuah mobil, perhatikan pula fitur-fitur yang bermanfaat untuk menghadapi musim hujan.

Memasuki musim penghujan akhir tahun, mobil pastinya perlu persiapan yang sedikit berbeda dibandingkan musim kemarau. Pasalnya dengan lintasan yang basah, mobil rawan tergelincir karena kurangnya antisipasi.

Namun, beberapa mobil dari pabrikan sebenarnya sudah memiliki fitur canggih. Produk-produk ini sudah dibekali fitur keamanan berteknologi yang memudahkan berkendara di musim hujan.

Mobil Ini yang Bikin Nissan Tak Bisa Ditandingi Toyota & Honda

Apa saja fitur-fitur tersebut? berikut ulasannya;

Rem ABS

ABS adalah sistem pengereman anti-terkunci atau (anti-lock breaking system). ABS merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.

Sistem ini diadopsi dari teknologi serupa di pesawat terbang. ABS bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali.

Hal ini tentu sangat berbahaya terutama di jalan licin dan kelokan. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal , lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar.

Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

5 Fitur Canggih Mobil yang Tak Cocok untuk Kondisi di Indonesia

Kontrol Traksi

Traction control adalah fitur yang berguna untuk mencegah ban mengalami selip dan tergelincir saat kondisi jalan basah ketika berbelok menikung. Fitur ini banyak dibekalkan di mobil keluaran terbaru yang menjamin keamanan selama berkendara.

Fitur yang satu ini merupakan salah satu komponen tau fitur yang bisa menjaga keseimbangan mobil anda pada saat kondisi jalan licin, sebut saja seperti pada saat musim hujan.

Ini adalah fitur yang mampu menjaga putaran roda dalam kondisi hujan. Biasanya dalam cuaca hujan mobil akan lebih mudah spin atau sliding. Sehingga fitur ini akan membantu pengemudi untuk menstabilkan putaran roda mobil.

Mobil-Mobil yang Bakal Anda Lihat di Masa Depan

Vehicle Stability Control

Kontrol Stabilitas Elektronik (Inggris:Electronic stability control atau disebut ESP) adalah sebuah teknologi terkomputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip.

Ketika kontrol ini mendeteksi adanya kehilangan kontrol pengendalian, maka dengan otomatis sistem ini akan membantu rem untuk mengendalikan mobil.

Sistem pengereman langsung berjalan ke masing-masing roda, rem roda depan akan mencegah oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer. Kadang, sistem ini juga mengurangi tenaga mesin sampai mobilnya terkontrol kembali. Menurut IIHS dan NHTSA (badan regulasi keselamatan otomotif AS), sepertiga dari total kecelakaan fatal dapat dicegah oleh teknologi ini.

10 Tahun Mobil Produksi China Rajai Otomotif Dunia

Defoger

Fitur ini adalah fitur pemanas yang bertujuan untuk menghilangkan embun di bagian kaca. Jika berkendara dalam hujan, maka kaca mobil sering kali timbul embun. Sehingga untuk menghilangkannya fitur ini yang akan bekerja.

Fitur ini terbagi dua,yakni untuk kaca depan dan kaca belakang. Cara kerjanya pun berbeda. Pada kaca depan biasanya mengeluarkan hawa panas. Sedangkan kaca belakang biasanya melalui elemen panas. Jika hujan telah berhenti dan kabut di kaca telah hilang, jangan lupa dimatikan.

Indonesia Raja Nikel, Harga Mobil Listrik Jadi Murah?

Wiper Otomatis

Semua mobil pasti dilengkapi dengan wiper. Tapi beberapa mobil mewah juga ditambah dengan rain sensor. Sehingga ketika hujan turun, pengemudi tak perlu repot mengaktifkan wiper dan mengatur kecepatannya.

Sensor hujan pada wiper otomatis itu akan membaca seberapa besar intensitas hujan yang turun dan mengatur kecepatan wiper yang dibutuhkan.

Selain itu, ada fitur standar berupa Intermittent wiper yang berguna untuk mengatur kecepatan wiper dalam melakukan sekaan dengan jeda beberapa saat.

Jadi ketika hujan dengan intensitas rendah kamu tidak perlu menggunakan pengaturan wiper dengan sekaan yang terus-terusan sehingga bisa menjaga keawetan karet wiper serta motor dari penggerak wipernya tersebut.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.