Mobil Ini yang Bikin Nissan Tak Bisa Ditandingi Toyota & Honda

Nissan GT-R50 kreasi Italdesign bakal tampil di Geneva Motor Show, sebelum dikirimkan ke rumah pelanggan pada akhir 2020.

JEDA.ID – Raksasa otomotif Jepang, Nissan, memoles mobil sport legendarisnya Nissan GT-R. Berkolaborasi dengan Italdesign, Nissan luncurkan GT-R yang diproduksi terbatas di Goodwood Festival of Speed 2018.

Mobil ini adalah ikon ulang tahun ke-50 Nissan dan Italdesign. Mobil ini terasa spesial lantaran hanya diproduksi sebanyak 50 di dunia.

Lantaran edisi khusus, harga Nissan GT-R50 pun terbilang fantastis, mencapai US$1,1 juta atau sekitar Rp15 miliar, belum termasuk beberapa opsi tambahan. Jika masuk Indonesia, mobil ini bakal jauh lebih mahal lagi karena tambahan pajak yang dikenakan.

Nissan GT-R Italdesign. (Istimewa/Nissan)

Nissan GT-R Italdesign. (Istimewa/Nissan)

Termahal di Dunia, Apa yang Bikin Mobil Ini Seharga Rp262 M?

Basis mobil ini ialah Nissan GT-R Nismo yang mendapat sedikit modifikasi supaya karakternya semakin kuat. Tengok saja lampu utamanya yang terdiri dari beberapa baris LED serta pemasangan cover grille berwarna emas.

Selain itu, Nissan GT-R50 tersebut memiliki atap yang lebih rendah 54mm ketimbang aslinya serta penggunaan sayap belakang pop-up yang juga dibalut warna emas. Tampilannya semakin elegan dengan penggunaan warna biru yang mendominasi.

Sektor dapur pacu pun tak luput dari modifikasi. Mesinnya kini dilengkapi turbocharger, heavy-duty crankshaft, knalpot baru, dan gearbox yang lebih baik.

Ubahan tersebut membuat mesin 3,8 liter bi-turbo V6 ini memompakan tenaga sebesar 711 hp dengan torsi mencapai 780 Nm.

Nissan GT-R Italdesign. (Istimewa)

Nissan GT-R Italdesign. (Istimewa/Nissan)

Nissan GT-R50 kreasi Italdesign bakal tampil di Geneva Motor Show, sebelum dikirimkan ke rumah pelanggan pada akhir 2020. Mobil ini mejeng di NISMO Festival pada hari ini Minggu (8/12/2019).

“Pelanggan kami menikmati pengalaman pribadi yang disediakan oleh Italdesign, yang memiliki tradisi panjang di bidang eksklusif kendaraan performa tinggi yang sangat langka,” kata direktur program mobil sport global Nissan, Bob Laishley, dilansir laman resmi perusahaan.

“Pengalaman mereka dengan GT-R50 sangat luar biasa dan saya dapat mengatakan secara langsung bahwa setiap mobil pasti akan menjadi maha karya tersendiri,” tambah dia. Nissan juga telah merilis desain pertama GT-R50 oleh Italdesign versi produksi.

5 Fitur Canggih Mobil yang Tak Cocok untuk Kondisi di Indonesia

Nissan GT-R

Nissan GT-R dikenal juga dengan sebutan Godzilla. Mobil Nissan GT-R akan sulit untuk disaingi oleh pabrikan Jepang lainnya, seperti Toyota dan Honda. Nyatanya Toyota dan Honda sudah mempunyai supercar, tapi masih belum bisa membenamkan merek Nissan GT-R.

Nissan GT-R. (TheDrive.com)

Nissan GT-R. (TheDrive.com)

Supercar Nissan GT-R merupakan mobil premium yang mempunyai spesifikasi yang tangguh. Bukan hanya soal mesin yang mempunyai tenaga besar, tetapi juga dari sisi eksterior dan interior yang mewah. Yang paling menarik dari sisi mesin adalah dalam urusan perakitan yang masih secara manual, artinya masih menggunakan tangan dan masih sedikit dibantu mesin.

Tidak hanya itu sisi menarik dari Nissan GT-R adalah mesin yang dirakit hanya diketahui oleh 7 orang teknisi saja. Sehingga kualitas dari mesin Nissan GT-R tetap terjaga, serta tidak ada produsen yang bisa menirunya.

Pabrik Nissan Pilih Mobil Listrik Daripada Bikin Datsun?

Walaupun begitu Nissan GT-R masih belum bisa menandingi nama besar supercar dari Italia, bisa dibilang Negara tersebut merupakan gudangnya supercar. Tapi dalam persaingan spesifikasi sebenarnya Nissan GT-R masih bisa disandingkan dengan supercar Italia.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.