Termahal di Dunia, Apa yang Bikin Mobil Ini Seharga Rp262 M?

Pangeran Badr Bin Saud yang dikabarkan menjadi pemilik Bugatti La Voiture Noire memang dikenal sebagai kolektor mobil mewah.

JEDA.ID – Seorang pangeran Arab, Badr Bin Saud, melalui akun Instagramnya @b14 mengunggah salah satu mobil termahal di dunia Bugatti La Voiture Noire. Mobil dengan format single row itu dibanderol US$18,7 juta atau sekitar Rp262 miliar.

Pangeran Badr Bin Saud memang dikenal sebagai kolektor mobil-mobil mahal. Beberapa unggahan di instagramnya pun kerap kali diisi dengan mobil-mobil koleksinya. Ia juga sempat memperlihatkan garasi mobil yang berisikan koleksi mobilnya lengkap dengan pelat nomor resmi daerah setempat.

Laman Autoevolution berspekulasi foto itu diambil pada bulan Juni di Chantilly Arts & Elegance Richard Mille 2019, Prancis. Pernyataan tersebut berlandaskan pada sebuah rekaman video yang memperlihatkan suasana di sekitar hypercar tersebut.

Selain Badr bin Saud, bintang sepakbola dari Juventus, Cristiano Ronaldo, juga sempat dirumorkan sebagai calon pembeli mobil ini. Ada pula mantan CEO Volkswagen Ferdiinand Piehi juga menjadi salah satu nama yang dikaitkan dengan Bugatti La Voiture Noire.

Baru Rampung 2022

Meski sudah diperkenalkan, Bugatti menyatakan bahwa produksi akhir La Voiture Noire baru dirampungkan pada tahun 2022. Tentunya wajar saja meski sudah masuk dalam daftar calon pembeli, Pangeran Badr belum dapat memasukkan mobil tersebut ke dalam garasinya.

Bagian paling istimewa dari mobil ini adalah desainnya. La Voiture Noire didesain begitu mewah, dengan garis dan aksen pada bodi serat karbon yang sangat mendetail.

Wajah depannya khas Bugatti, tapi lebih ramping dan ceper. Bagian belakangnya lebih keren lagi, lampu dioda tampak berbaris rapi. Di bawahnya ditempelkan emblem bertuliskan Bugatti yang bisa menyala.

Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang tidak hanya membuat mobil mahal, tapi juga super kencang. Benar saja, silindernya berjumlah 16 buah dengan konfigurasi W. Volumenya mencapai 8 liter, didukung banyak turbo untuk mengoptimalkan performa.

Bugatti La Voiture Noire engusung mesin W16 quad-turbo 8.0L. Bekal yang dimiliki ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.479 daya kuda atau 1.500 PS pada 1.600 Nm.

Komponen itu didukung knalpot yang jumlahnya tak tanggung-tanggung. Bukan tiga atau empat seperti mobil kebanyakan, melainkan enam buah. Penggunaannya sekaligus membuat keseluruhan tampilan kendaraan semakin garang, tanpa meninggalkan kesan berlebihan.

Kenapa Mahal?

Menurut Bugatti Design Director Achim Anscheidt, pihaknya tidak serta-merta langsung mengirimkan mobil kepada customer spesial itu. Dia mengatakan proses pembuatan Bugatti La Voiture Noire masih terus berlangsung. Apalagi, penyempurnaan interior mobil masih terus dilakukan guna mengikuti keinginan pemilik mobil.

Menurut Achim Anscheidt, waktu pengerjaan diperkirakan akan selesai dalam waktu dua tahun ke depan.

“Untuk interior masih terus dibuat karena kami ingin memastikan mobil ini akan jadi mobil yang sesuai dengan keinginan pemiliknya. Jadi desainer kami bekerja sama dengan customer guna memastikan suasana interior 100% seperti kemauannya,” ujar Achim Anscheidt dilansir Motor1.com, Mei 2019.

Bugatti La Voiture Noire hanya diproduksi satu unit di dunia. Mobil ini dibuat guna mengapresiasi salah satu mobil paling legendaris Bugatti, yakni Bugatti Type 57SC Atlantic atau yang dikenal dengan Bugatti Atlantic Coupe. Mobil ini juga dijadikan perayaan 110 tahun eksistensi Bugatti di kancah automotif dunia.

Kata Analis

Sementara analis dari Autotrader, Karl Brauer mengatakan, langkah Bugatti membuat satu mobil spesial dengan harga yang fantastis merupakan upaya untuk meningkatkan layanan personalisasi ke tingkat yang lebih tinggi. Dia menjelaskan, layanan personalisasi memang bukan hal yang baru bagi produsen mobil-mobil eksotis.

Ferrari misalnya memiliki layanan personalisasi bernama Ferrari Tailor-Made. Rolls-Royce memiliki layanan Bespoke yang membuat mobil Rolls-Royce yang dipilih oleh konsumen mereka tidak sama dengan konsumen lainnya.

Begitu juga dengan Lamborghini yang menawarkan layanan yang sama bernama Lamborghini Ad Personam. Bugatti pun kini memiliki layanan yang sama.

Hanya, lewat Bugatti La Voiture Noire, mereka membuatnya lebih istimewa lagi karena hanya membuat satu mobil untuk customer.

“Customer Bugatti itu adalah orang yang spesial. Rata-rata customer mereka memiliki puluhan mobil, tiga pesawat jet, tiga helikopter, dan satu yacht. Jika kamu sudah benar-benar superkaya yang mereka butuhkan adalah perasaan spesial. Dan itu bisa dilakukan dengan membeli mobil termahal di dunia. Ini bentuk dari sebuah pengakuan,” ujar Karl Brauer.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Badr Bin Saud (@b14) on

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.