Hujan Terus, Hangatkan Tubuh dengan Bermacam Makanan Berkuah Ini

Mengonsumi makanan berkuah yang hangat sangat cocok untuk mengusir dinginnnya cuaca saat musim hujan.

JEDA.ID – Mengonsumi makanan berkuah yang hangat sangat cocok untuk mengusir dinginnnya cuaca saat musim hujan. Makanan terutama yang berkuah akan terasa lebih nikmat bila disantap dalam keadaan masih hangat. Selain itu, makanan hangat lebih mudah dicerna tubuh.

Organ-organ pencernaan tak perlu bekerja terlalu berat. Senyawa dalam makanan tersebut akan terpecah saat dimasak sehingga nutrisi lebih mudah diserap tubuh.

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang cocok dikonsumsi saat musim hujan atau cuaca dingin versi Jeda.id, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020)

1. Sup Ayam

Sup ayam memang menjadi santapan andalan di kala cuaca dingin. Hal ini dikarenakan sup ayam mampu memberikan asupan cairan dan nutrisi yang terkandung dalam beraneka macam sayur serta ayam sebagai sumber vitamin dan protein. Bawang putih yang menjadi bumbu utama dalam sup ayam mengandung filonutrien yang mampu memperkuat imunitas, mengurangi kelelahan, dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu.

Bawang juga bisa mengurangi masalah pencernaan, bahkan mengatasi peradangan pada saluran lambung. Memang, khasiat yang dimiliki bawang putih sudah tak perlu diragukan lagi. Selain itu, mengonsumsi sup ayam yang masih panas bisa memberikan efek langsung menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan.

2. Sup Jagung

Tak kalah dengan sup ayam, jagung juga bisa diolah menjadi sup sebagai pereda rasa dingin akibat musim hujan. Jagung yang digunakan ialah jagung manis. Jagung manis merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh agar bisa menambah energi. Kandungan vitamin A dalam jagung berdampak baik untuk kesehatan mata.

Jagung juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan polusi dan radikal bebas. Terlebih, kandungan serat pada jagung baik untuk memperlancar buang air besar (BAB).

Kurangi Bersentuhan, Beberapa Cara Berinteraksi Pengganti Jabat Tangan

3. Sayur Asem

Sayur asem mirip dengan sup sayur, yang membedakan adalah jenis sayurnya dan rasa kuah yang asam. Sayur yang terdapat dalam sayur asem ialah labu siam, daun melinjo, jagung, nangka muda, kacang panjang, dan kacang merah. Sebagai kunci utama dalam masakan ini, asam mampu membantu melancarkan pencernaan serta mengatasi sembelit.

Selain itu, labu siam kaya akan serat untuk membantu melancarkan pencernaan dan memberikan rasa cepat kenyang tanpa khawatir kelebihan berat badan karena minim kalori.

4. Capjay

Menu makanan yang mirip seperti sup ini juga menjadi makanan andalan ketika cuaca sedang dingin. Makanan asal dari China ini termasuk kategori makanan bergizi sebab terdapat berbagai macam sayur di dalamnya. Adanya wortel, kembang kol, kubis, kacang kapri, serta brokoli di dalam seporsi capcay, membuat makanan ini kaya akan nutrisi seperti serat, protein, vitamin, asam folat namun rendah kalori sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari obesitas.

5. Bakso

Makanan ini memang paling tepat jika disantap ketika hujan atau cuaca dingin. Kuah yang ada dalam semangkuk bakso mampu mengurangi rasa dingin akibat cuaca. Daging sapi sebagai bahan utama pembuatan bakso mengandung sumber protein dan zat besi. Seporsi bakso juga dilengkapi dengan mihun, sawi dan tauge untuk mencukupi kebutuhan serat.

6. Soto

Makanan berkuah ini bisa Anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan kekhasannya masing-masing. Pada dasarnya, soto dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Jahe yang dimasak dengan campuran beberapa rempah lainnya memang sangat cocok jika disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Jahe memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh serta memancing produksi keringat. Selain itu, jahe memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam. Jika soto yang dimasak menggunakan kunyit, maka kandungan curcuminnya mampu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan.

7. Mi Rebus

Para pecinta mi pasti memilih memasak mie di kala cuaca sedang hujan. Namun, ada baiknya jika Anda memasak mi sendiri tanpa menggunakan mi instant yang berbahaya karena mengandung msg.  Mi yang cocok disantap ketika hujan adalah mie godhog atau mi rebus. Makanan khas Jawa Tengah ini selalu disajikan dalam kondisi panas.

Mi berkuah ini dimasak dengan campuran rempah-rempah yang akan memberikan efek baik bagi kesehatan Anda. Selain itu mi rebus dinilai sehat karena dilengkapi dengan aneka sayuran seperti kubis, sawi, tomat, serta suwiran ayam kampung rebus.

Rahasia di Balik Pelayanan Mewah dan 5 Hotel Termahal di Dunia

8. Rawon

Makanan berkuah hitam pekat khas Jawa Timur ini juga bisa menjadi pilihan santapan Anda saat musim hujan. Kluwek yang digunakan untuk memberikan warna hitam pekat pada masakan ini merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang.

Di balik kepekatan warnanya, kluwek mengandung zat besi dan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai sumber anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tahan supaya tubuh tidak rentan sakit dan terserang virus. Terlebih, kluwek memiliki sifat anti septik dan zat anti mikroba untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

9. Bubur Kacang Hijau

Menyeruput kuah dari bubur kacang hijau di saat cuaca sedang dingin memang nikmat. Sebuah riset dalam Juornal Medicine of Healthy Food menyebutkan bahwa biji kacang hijau ternyata bisa mengeluarkan racun dalam tubuh.

Kacang hijau memiliki nutrisi seperti omega 3 dan 6 serta zat besi yang bermanfaat untuk mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sering mengonsumsi bubur kacang hijau, maka aliran darah Anda akan lebih stabil. Hal tersebut memberikan dampak positif pada stabilnya kinerja sel-sel jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

10. Wedang Ronde

Minuman untuk menghangatkan tubuh yang cocok adalah Wedhang Ronde. Waktu yang tepat untuk minum ronde umumnya ketika dinginnya malam hari.

Jajanan tradisional khas Jawa Tengah ini berisi olahan tepung ketan yang dibentuk bulat warna-warni berisi gula merah, lalu disiram dengan kuah jahe manis panas dan kacang tanah. Kuatnya rasa jahe dalam kuah wedhang ronde mampu melegakan tenggorokan dan perut Anda. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.