Ryan Kaji: Bukti Youtube Sekarang Dikuasai Anak-Anak

Channel Youtube Ryan Kaji menjadi yang paling banyak meraup keuntungan selama tahun 2019.

JEDA.ID – Pertumbuhan pengguna Youtube dari usia di anak-anak hingga balita membawa pergeseran yang cukup signifikan. Dalam satu dekade terakhir, inilah waktu di mana Youtube dikuasai oleh audiens sepuluh tahun ke bawah. Ini pula yang membuat seorang bocah bernama Ryan Kaji sukses besar lewat channel review mainan.

Ryan Kaji, bocah 8 tahun asal Texas, Amerika Serikat, menjadi Youtuber dengan pendapatan tertinggi selama 2019. Menurut laporan Forbes, Kaji disebut meraup US$26 juta atau sekitar Rp364 miliar dari channel Youtube-nya di sepanjang 2019.

Pengin Seperti Atta Halilintar Masuk 10 Besar Terkaya, Ini Tips Jadi Youtuber Pemula

Prestasi yang sama dicatatnya pada 2018 lalu, ketika ia mendulang US$22 juta atau sekitar Rp308 miliar dari layanan video online Google tersebut.

Ryan Kaji Youtube di channel Ryan’s World yang diluncurkan pertama kali pada 2015 oleh kedua orang tuanya. Kini channel itu sudah memiliki 22,9 juta subscriber.

Ryan, yang memiliki nama asli Ryan Guan, sebelumnya sudah mencatat kreator video dengan pemasukan terbesar pada tahun 2018 dengan capaian 22 juta dollar AS, atau kira-kira Rp 308 miliar, masih berdasarkan data Forbes.

Awalnya channel itu dinamai Ryan ToysReview dan sebagian besar berisi video unboxing produk atau mainan anak. Tetapi belakangan nama itu diubah karena diprotes oleh organisasi perlindungan konsumen di AS Truth in Advertising.

LSM ini mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan Federal AS (FTC). Truth in Advertising menilai saluran tersebut tidak secara jelas menunjukkan video mana yang telah disponsori.

Maksudnya, tak terlihat mana video yang tayang berdasarkan pesanan sponsor, di mana produsen harus membayar kepada pihak Ryan.

Di sisi lain, saluran Youtube ini juga berevolusi seiring bertambahnya usia Ryan Kaji. Sekarang, ada pula video yang menawarkan lebih banyak video pendidikan, selain mainan.

Youtuber Bukan Sahabatmu, Ini Hubungan Parasosial

Ramai Ditonton

Beberapa video dalam channel itu disaksikan lebih dari 1 miliar kali. Sejak pertama kali dibuat, video-video dalam channel YoutubeRyan Kaji itu telah ditonton lebih dari 35 miliar kali.

Dalam video yang diunggah Ryan, nama channel YouTube diubah karena sekarang ini dia tak hanya mereview mainan saja. Melainkan ada juga video tentang science, serta beberapa karakter yang akan mendukung channel Ryan’s World yakni Combo Panda, Gus the Gummy Gator, Peck the Penguin, Moe the Monster, dan Alpha Lexa.

Jika Ryan menduduki urutan pertama sebagai Youtuber dengan pendapatan tertinggi, di urutan kedua ada Dude Perfect. Channel itu dikelola oleh beberapa orang asal Texas dan berisi video-video tantangan yang menarik.

Dude Perfect diperkirakan memperoleh sekitar 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 280 miliar dalam periode 1 Juni 2018 sampai 1 Juni 2019.

Membaca Komentar Jahat di Video-Video Youtube Kufaku

Di urutan ketiga ada Anastasia Radzinskaya, gadis 5 tahun asal Rusia. Dua channel Youtube-nya yang bernama Like Nastya Vlog dan Funny Stacy memiliki 70 juta subscriber. Ia meraup 18 juta dolar AS atau sekitar Rp 252 miliar di 2019.

Berikut peringkat Youtuber dunia dengan pendapatan terbesar 2019;

  1. Ryan Kaji, US$26 juta atau Rp364 miliar
  2. Dude Perfect, US$20 juta atau Rp280 miliar
  3. Anastasia Radzinskaya, US$18 juta atau Rp252 miliar
  4. Rhett and Link, US$17,5 juta atau Rp245 miliar
  5. Jeffree Star, US$17 juta atau Rp238 miliar AS
  6. Preston (Preston Arsement), US$14 juta atau Rp196 miliar
  7. PewDiePie (Felix Kjellberg), US$13 juta atau Rp182 miliar
  8. Markiplier (Mark Fischbach), US$13 juta atau Rp182 miliar
  9. DanTDM (Daniel Middleton), US$12 juta atau Rp168 miliar
  10. VanossGaming (Evan Fong), US$11,5 juta atau Rp161 miliar
Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.