Pengin Seperti Atta Halilintar Masuk 10 Besar Terkaya, Ini Tips Jadi Youtuber Pemula

Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan Youtuber pemula untuk bisa sukses seperti Atta Halilintar, salah satu Youtuber berpendapatan terbanyak di dunia.

JEDA.ID—Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan Youtuber pemula untuk bisa sukses seperti Atta Halilintar.  Salah satu Youtuber Indonesia itu masuk dalam daftar 10 besar Youtuber dengan pendapatan terbanyak di dunia.

Seperti dilansir The Sun, Selasa (20/8/2019), daftar tersebut didasarkan pada jumlah yang dirangkum oleh pakar brand merchandise Inggris, Purple Moon Promo. Bintang Youtube PewDiePie ada di posisi pertama dengan pendapatan sekitar 6,5 juta poundsterling (Rp112 miliar) per bulan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas YouTuber sudah sangat meningkat. Beberapa dari mereka bahkan bisa dibilang bagaikan selebritas,” kata juru bicara Purple Moon Promo.

“Pilihan karier modern ini tidak cuma bikin mereka mendapatkan popularitas, karena banyak dari mereka juga jadi berkantong tebal. Kami memutuskan untuk melihat dan mencari tahu 20 Youtuber yang paling banyak menjual produk dan dari iklan,” lanjutnya.

Menilik daftar yang ada di The Sun dan Cosmopolitan, terselip pula nama Youtuber Indonesia Atta Halilintar yang berada di posisi ke-8. Ia diprediksi mendulang 1.372.884 pound sterling, atau sekitar Rp23,8 miliar, setiap bulannya.

Berikut 10 Besar YouTuber Pendapatan Terbanyak seperti dilansir The Sun.

1. Pewdiepie, kisaran £6,5 juta (Rp112 miliar) per bulan
2. Dude Perfect, kisaran £2,8 juta (Rp48,4 miliar) per bulan
3. VanossGaming, kisaran £2,1 juta (Rp36,3 miliar) per bulan
4. DanTDM, kisaran £2,1 juta (Rp36,3 miliar) per bulan
5. JuegaGerman, kisaran £1,8 juta (Rp31,1 miliar) per bulan
6. Markiplier, kisaran £1,7 juta (Rp29,4 miliar) per bulan
7. Collins Key, kisaran £1,7 juta (Rp29,4 miliar) per bulan
8. Atta Halilintar, kisaran £1,3 juta (Rp23, 8 miliar) per bulan
9. jacksepticeye, kisaran £1,3 juta(Rp22,8 miliar) per bulan
10. Smosh, kisaran £1,3 juta (Rp22, 8 miliar) per bulan

Jadi Youtuber

Peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang melimpah, membuat orang berlomba-lomba ingin menjadi Youtuber. Namun sebelum memutuskan untuk menjadi Youtuber, berikut sejumlah tips yang bisa Anda jadikan panduan seperti dirangkum Jeda.Id dari berbagai sumber.

1. Buatlah Akun Google dan Youtube

Langkah pertama yang harus dilakukan guna menjadi Youtuber adalah Anda harus memiliki akun Google. Akun Google ini diperlukan untuk mendaftarkan akun Youtube Anda nantinya.

Langkah berikutnya adalah memilih nama Youtube Channel Anda sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan nama pribadi atau nama yang mewakili isi dari konten-konten yang akan Anda buat nantinya. Pilih nama akun yang mudah diingat agar mudah dikenal orang lain.

2. Tentukan Konten yang Akan Dibagikan

Konten adalah isi dari channel Anda, dan ini yang akan mewakili seluruh video yang ada di dalam akun Anda. Ada banyak konten yang bisa jadikan pilihan. Mulai dari konten kecantikan, fashion, DIY (Do It Yourself), resep masakan, games, dan masih banyak lagi. Selera pasar memang perlu diperhatikan, namun konten yang Anda tawarkan akan lebih baik merupakan passion atau hal yang Anda minati. Hal ini penting untuk menjaga mood atau konsistensi Anda dalam membuat konten selanjutnya.

4. Lakukan Editing yang Natural

Video yang diunggah tentunya merupakan gabungan klip video antara momen satu dengan lainnya dan akan disatukan melalui proses editing. Tidak hanya menggabungkan video saja, tapi Anda juga harus mengatur pencahayaan supaya video terlihat menarik. Usahakan pula agar durasi video yang akan diupload tidak terlalu lama agar penonton tidak bosan.

5. Berbagi Konten Lewat Media Sosial

Untuk mendatangkan penonton, bagikan video yang sudah diupload ke jejaring media sosial Anda, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram dan lainnya. Beritahu teman yang ada di media sosial bahwa Anda punya akun Youtube pribadi supaya mereka langsung menonton video tersebut.

Meskipun niatnya untuk menaikkan trafik pengunjung, tapi jangan sekali-kali melakukan spam. Sebab, jejaring media sosial memiliki aturan tersendiri bagi seluruh penggunanya. Kalau kedapatan melakukan spam di akun medsos, salah satu akun Anda pun akan diblok.

6. Balas Komentar

Video yang sudah Anda bagikan tentu akan menuai komentar dari para penonton. Apabila penonton berkomentar dengan maksud bertanya, ada baiknya jika Anda menjawab komentar tersebut. Jika komentar berupa challenge atau pujian, berikan likes.

Dengan membangun komunikasi seperti ini, channel Youtube milik Anda pun bisa lebih disukai, jumlah subscriber pun akan bertambah dengan sendirinya.

7. Menambah Subscriber dengan Giveaway

Salah satu tips Youtuber yang perlu dicoba adalah dengan memberikan hadiah atau giveaway. Ini diberikan bukan hanya sekadar untuk menambahkan traffic pengunjung atau menambah subscriber, tapi juga sebagai bentuk apresiasi kepada penonton yang setia mantengin saluran Youtube Anda. Sebagai Youtuber pemula, giveaway yang diberikan tidak perlu mahal. Yang penting Anda bisa menambah relasi dengan para penonton.

8. Kolaborasi

Jika memungkinkan lakukan colab/kolaborasi dengan youtuber lain. Tujuan utama kolaborasi adalah mutualisme dalam sebuah konten. Hal ini juga memperkaya konten/video yang berpotensi membawa subscriber baru.

9. Konsistensi

Semakin sering membuat video, maka semakin sering pula akun Youtuube Anda muncul di beranda laman ini. Dengan konsistensi, jumlah pengunjung pun akan bertambah dengan sendirinya, karena mereka mengapresiasi usaha Anda dalam membuat video.

10. Jangan Takut Mencoba

Biasanya, kegagalan terbesar yang dialami bukan saat saluran Youtube Anda tidak berkembang, tapi karena ketakutan untuk mencoba. Jangan takut untuk mencoba, karena dengan mencoba maka Anda bisa tahu bagaimana respons dunia luar terhadap akun Youtube milik Anda.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.