Bernilai Hingga Rp1.992 Triliun, Ini Fakta Youtube Menarik Lainnya

Di era Internet, hampir semua orang mengenal Youtube. Platform favorit netizen ini ternyata punya banyak fakta menarik yang luar biasa.

JEDA.ID— Di era Internet, hampir semua orang mengenal Youtube. Di balik itu, ternyata banyak fakta Youtube menarik yang luar biasa.

Namun sebelum mengulik lebih jauh soal Youtube, kita lihat dulu jumlah pengguna internet di Indonesia dan dunia. Berdasarkan hasil studi Polling Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna Internet di Indonesia tumbuh 10,12 persen. Menurut Sekjen APJII, survei ini melibatkan 5.900 sampel dengan margin of error 1,28 persen. Data lapangan ini diambil selama periode Maret hingga 14 April 2019.

Dari total populasi sebanyak 264 juta jiwa penduduk Indonesia, ada sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 persen yang sudah terhubung ke Internet. Angka ini meningkat dari tahun 2017 saat angka penetrasi Internet di Indonesia tercatat sebanyak 54,86 persen.

Sementara itu menurut Hootsuite (We are Social) pengguna Internet secara global pada 2019 tercatat mencapai 4 miliar lebih.  Berikut rangkuman/resume dari data digital dan pengguna internet tahun 2019 di dunia pada kuartal ke 2:

Total Populasi (jumlah penduduk): 7,697 milyar
Pengguna Mobile Unik: 5,110 milyar
Pengguna Internet: 4,437 milyar
Pengguna Media Sosial Aktif: 3,499 milyar
Pengguna Media Sosial Mobile: 3,429 milyar

Sedangkan data situs website yang paling sering dikunjugi di dunia pada kuartal kedua 2019 berdasarkan total trafik (based on total global website traffic) adalah sebagai berikut:

1. google.com
2. youtube.com
3. facebook.com
4. baidu.com
5. wikipedia.org
6. yahoo.com
7. twitter.com
8. instagram.com
9. yandex.ru

Fakta Youtube

Platform Youtube menjadi salah satu yang paling sering dikunjungi netizen karena menawarkan banyak hal. Kita bisa mencari lagu-lagu favorit, melihat video lucu, belajar hobi, hingga mencari pundi-pundi dengan menjadi seorang Youtuber juga bisa. Dengan banyak hal ini tak heran Youtube memiliki fakta-fakta menarik yang luar biasa, yang sebaiknya kalian ketahui.

Dikutip Jeda.id dari Android Authority, berikut ini beberapa hal seputar Youtube yang mungkin belum banyak diketahui.

1. Jumlah pengguna bulanan yang fantastis

Fakta Youtube menarik pertama adalah tahun ini, platform tersebut punya catatan terbaik sepanjang sejarah. Youtube memiliki 2 miliar akun yang log-in setiap bulantnya yang mana artinya sekitar seperempat populasi di dunia berseluncur menyaksikan video seru di sana. Diketahui juga dari beberapa laporan, 62% persen adalah pria dan 38% persen adalah wanita.

2. Setidaknya 500 jam konten terbaru diunggah setiap menit

Google membuka bahwa lebih dari 500 jam konten di upload ke platform video streaming tersebut setiap menitnya. Berarti, ada 30.000 jam setiap jamnya dan 720.000 jam selama satu hari. Dengan kata lain, Anda perlu sekitar 82 tahun untuk menonton semua konten baru yang diunggah ke Youtube hanya dalam satu hari. Wow, luar biasa kan?

3. Youtube Memiliki Nilai Fantastis

Youtube diluncurkan pada 2015 oleh tiga mantan karyawan PayPal – Jawed Karim, Chad Hurley, dan Steve Chen. Nama domain diaktifkan pada 14 Februari 2005, tetapi video pertama diunggah ke platform pada 23 April di tahun yang sama. Platform ini dengan cepat menjadi sukses. Google mengakuisisinya senilai US$1,65 miliar (sekitar Rp 23,4 triliun) pada November 2016.

Menurut beberapa laporan, Youtube menghasilkan lebih dari US$20 miliar atau setara Rp284,6 triliun pendapatan setiap tahun dan bernilai lebih dari US$140 miliar atau lebih dari Rp1.992 triliun sehingga menempatkannya di atas platform lain seperti Netflix yang memiliki lebih dari 150 juta pengguna berbayar.

4. Jumlah dislike terbanyak

Percaya atau nggak, video dengan jumlah dislike terbanyak justru dibuat oleh Google, loh. Itu adalah edisi Youtube Rewind 2018 yang memiliki 16 juta tanda tidak suka. Bila dibandingkan dengan 2,5 juta orang yang menyentuh tanda ‘like’, angkanya sangat jauh berbeda.

5. Channel Youtube terfavorit

Jika sebelumnya PewDiePie menjadi Youtuber dengan subscribers terbanyak dengan sekitar 98 subscriber, angka tersebut sudah disalip oleh T-Series yang punya lebih dari 107 juta subscribers.

6. Berapa lama orang biasanya nonton Youtube?

Kebiasaan kalau nonton Youtuber favorit tuh suka lupa waktu. Benar nggak? Tapi ternyata rata-rata orang menyaksikan video di Youtube itu hanya sekitar 40 menit loh. Namun catatan ini masih lebih panjang kalau dibandingkan dengan sesi Faceboook, yang hanya mencapai sekitar 5 menit.
Diketahui juga kalau mayoritas orang menonton Youtube menggunakan ponsel pintar mereka. Sekitar 70% pengguna memilih menggunakan smartphone atau tablet sementara 30 persennya lewat komputer atau TV.

7. Setidaknya 80 bahasa dan 91 negara

Untuk menarik sebanyak mungkin pengguna, Youtube dapat diakses dalam 80 bahasa, yang mencakup sekitar 95 persen populasi Internet. Layanan ini tersedia di 91 negara di seluruh dunia.

8. Sedikitnya 5 miliar video ditonton setiap hari

Menurut beberapa laporan, pengguna menonton 5 miliar video di Youtube setiap hari, yang berarti sekitar 150 miliar video per bulan. Dibandingkan tahun lalu, jumlahnya kemungkinan sedikit lebih tinggi dibandingkan tahun ini. Ini hanya perkiraan, karena Youtube tidak membagikan statistik ini dengan publik secara teratur.

9. Penghasilan Youtuber berbayaran tertinggi mencapai US$22 juta (Rp314 miliar)

Menurut Forbes, Ryan Kaji adalah bintang Youtube dengan bayaran tertinggi pada 2018, dengan menghasilkan US$$22 juta (Rp314 miliar) dengan videonya. Yang menarik adalah Ryan baru berusia tujuh tahun. Dia mengulas mainan di salurannya, yang disebut Ryan ToysReview. Dia memiliki lebih dari 21 juta pelanggan (subscribers ) dan telah mengumpulkan lebih dari 31 miliar views sejauh ini.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.