Tips Memilih dan Rekomendasi 10 Kamera Terbaik 2020

JEDA.ID –Kamera merupakan alat utama bagi mereka yang suka membuat video terutama mereka yang suka membuat konten di media sosial termasuk youtuber.

Profesi ini memang tengah digandrungi masyarakat khususnya kaum milenial. Youtube menjadi salah satu media alternatif yang dapat menghasilkan uang melalui konten video yang dibuat. Salah satu cara agar konten yang dibuat menarik konsumen adalah kualitas video dan audio yang baik, jernih dan tajam.

Jika Anda ingin mulai membuat konten Youtube, Anda dapat memulainya dengan mencari kamera terbaik yang sesuai dengan tema Anda, apakah untuk merekam di dalam studio rumah atau membuat video di luar ruangan.

Sebenarnya membuat konten menggunakan kamera hp juga bisa dilakukan, akan tetapi hasilnya tentu tidak seoptimal ketika menggunakan kamera digital, baik itu dari jenis mirrorless, DSLR ataupun juga action cam.

Berikut sejumlah tips untuk memilih kamera yang kalian butuhkan seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (1/8/2020).

Saatnya Harus Berteman dengan Pandemi

1. Pertimbangkan Harga

Disarankan pilih sesuai dengan kemampuan kantong Anda. Bagi pemula bisa memilih kamera vlog 2 jutaan atau kamera vlog 3 jutaan. Jika sudah eksis bisa melakukan upgrade ke kamera vlog yang lebih baik, misalnya membeli kamera mirrorless terbaik.

2. Kualitas Video yang Dihasilkan

Selain harga, Anda juga harus mempertimbangkan sisi kemampuan kamera adalah kualitas video yang dihasilkan. Setidaknya Anda memilih kamera untuk vlog dengan kualitas perekaman minimal sudah FullHD atau kalau perlu sudah 4K. Yang tak kalah penting adalah memiliki koneksi seperti Wifi atau Bluetooth untuk berbagi video.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Contohnya jika Anda adalah tipe vlogger kuliner, kamera mirrorless bisa jadi pilihan tepat daripada jenis action camera. Dengan pemilihan kamera yang tepat sesuai kemampuan dan kebutuhan, nge-vlog jelas akan menjadi hobi menyenangkan sekaligus menjanjikan penghasilan luar biasa.

4. Pilihan Kamera Berukuran Kecil

Hal ini cukup penting untuk kenyamanan saat dibawa kemanapun. Usahakan memilih kamera dengan bentuk yang kecil dan ringan. Meski lebih cenderung pada kamera mirrorless, namun kini ada juga beberapa kamera DSLR yang berukuran compact. Atau kalau perlu menggunakan action camera yang bentuknya jauh lebih kecil dan ringan. Tapi yang jelas harus disesuaikan dengan kebutuhan vlog Anda.

5. LCD Putar Lebih Baik

Sebagai tambahan, kamera dengan LCD yang dapat di putar atau dilipat menjadi nilai lebih. Karena hal ini akan memberi kemudahan pada Anda untuk mengambil gambar dari angle apapun, termasuk merekam diri sendiri.

Hati-Hati, 9 Bakteri dan Jamur Ini Biasa Ditemukan di Ponsel

10 Macam yang Bisa Dipilih

Saat ini pilihan kamera cukup bervariasi, Anda bisa membeli sesuai kebutuhan dan bujet yang Anda miliki. Jika Anda bingung dalam memilih kamera, dilansir dari Okezone.com dan sumber lain, berikut beberapa daftar kamera terbaik di 2020 yang bisa dipertimbangkan.

1. Sony ZV-1 (Rp9 jutaan)

Dengan resolusi kamera 20.1MP dan fil maks 4K 30p, Sony ZV 1 memberikan hampir semua yang dibutuhkan roaming Youtuber, semuanya hadir dalam paket ringkas (berat 105.5 x 60.0 x 43.5mm, 294g).

Kamera dilengkapi sensor 1 inci yang besar sehingga akan menghasilkan gambar yang jernih dan tajam dalam berbagai kondisi serta hasil background bokeh. Yang terpenting selanjutnya adalah adanya penawaran fitur khusus Youtubers ‘Product Showcase’ sehingga dapat dengan cepat mengubah pengaturan menangkap objek yang optimal.

2. Olympus E-M5 Mark III (Rp19 jutaan)

Mampu merekam Cinema 4K pada 24fps dan bit-rate 237 Mbps, ditambah kemampuan untuk menangkap video 1080p slo-mp pada 120fps. Kamera ini juga dilengkapi konstruksi polikarbonat yang ringan dan stabil.

E-M5 Mark III mungkin bukan kamera yang paling mengesankan di kelasnya, tetapi memiliki kualitas gambar langsung. Rekaman videonya menawarkan rendemen warna yang hebat dan detail yang kaya.

3. Sony Alpha 6600 (Rp20 jutaan)

Autofokus yang akurat dan stabilisasi menjadikan Sony A6600 salah satu pilihan terbaik. Dilengkapi sensor Exmor APS-C 24,4MP, dan BIONZ X, memungkinkan kamera dapat merekam 4K pada 30fps dengan dukungan untuk profil S-log3 dan S-log2 dan hybrid log gamma HDR.

4. Canon PowerShot G7 X Mark III (Rp9 jutaan)

Kamera dengan ukuran kecil yang penuh dengan fitur video keren. Inkarnasi terbaru dari seri G7 X Canon ini akan dilengkapi rekaman 4K dan soket mikrofon.

Terlebih lagi, kamera ini mendukung streaming langsung bagi para Youtuber. Pengguna bisa menghubungkannya dengan jaringan WiFi. Dengan stabilisasi dan dukungan pengisian USB, kamera diklaim mumpuni untuk membuat konten Youtube.

5. DJI Osmo Pocket (Rp5 jutaan)

Kamera kecil (ukuran 121,9 x 28,6 x 36,9mm, 116g) atau gimbal stabilizer ringan diklaim mumpuni bagi Anda yang ingin merekam ketika traveling. Stabilisasi tiga sumbu cerdasnya bekerja dengan baik ketika Anda membuat film sambil berjalan atau bahkan berlari, dan video 4K-nya (yang sekarang mendukung kecepatan bingkai hingga 60fps) terlihat baik.

Bahkan kamera ini dilengkapi fitur pelacakan wajah built-in sehingga Anda dapat membuat film sendiri saat berjalan dan kamera akan tetap menunjuk ke arah yang benar.

6. Canon EOS M6 Mark II (Rp13 juta-Rp18 juta)

Ukuran Canon EOS M6 Mark II kecil serta ideal untuk vlogging. EOS M6 Mark II menggunakan sensor APS-C dengan resolusi 32.5MP yang tinggi.

Layar sentuh flip-up berguna untuk self-shooting, dan dapat merekam 4K tanpa jepitan yang tajam pada 30fps atau 1080p pada 120fps yang halus. Sementara Dual Pixel CMOS AF dengan deteksi mata tersedia untuk menjaga wajah Anda tetap fokus.

7. Fujifilm X-T200 (Rp9juta-Rp11 juta)

Model entry-level menawarkan beberapa fitur ramah Youtuber. Pembuat Youtube akan menyukai layar sentuh layar lebar (3,5 inci, 2,78 juta titik tajam).

Kamera ini juga dilengkapi fitur gimbal digital baru, yang menggunakan giroskop dan pemangkasan yang cerdas untuk memuluskan rekaman genggam yang diambil saat Anda bergerak. Ini hanya akan bekerja dengan video beresolusi 1080p atau lebih rendah.

8. Panasonic Lumix G90 / G95 (Rp14 juta-Rp16 juta)

Kamera ini dilengkapi fitur weatherproof, layar sentuh OLED flip-out, output headphone, input mic, hotshoe, IBIS, build tahan cuaca dan berbagai format video (yang mencakup V-Log L untuk perfeksionis yang ingin mencoba-coba dalam penilaian warna pasca-pemotretan) menjadikannya kamera yang kuat dan serbaguna.

9. GoPro Hero 7 (Rp4 juta-Rp6 juta)

Kemampuannya merekam resolusi Ultra HD 4K hingga 60 fps dan built-in HyperSmooth Video Stabilization membuat kamera ini sangat unggul. Fitur rekaman super slow motion, Hero 7 bisa menghasilkan resolusi 2.7K hingga 120 fps atau Full HD 1080p hingga 240 fps. Hero 7 ini juga bisa dibawa ke dalam air dengan kedalaman 10 meter tanpa housing.

10. Canon EOS 90D (Rp16juta-Rp18 juta)

Canon EOS 90D mampu merekam rekaman 4K indah tanpa potongan hingga 30fps dan 1080p hingga 120fps, bekerja dalam kondisi cuaca buruk, dilengkapi dengan layar flip-forward dan memiliki akses ke sejumlah besar lensa asli EF dan EF-S – semua hal yang membuatnya ideal untuk Youtuber.

 

 

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.