Tak Hanya Dewi Sukarno, Ini Sederet Youtuber Lansia dari Berbagai Negara

Di antara jutaan youtuber di belantara dunia maya, ada sejumlah youtuber para orang lanjut usia (lansia) yang juga eksis dan tak kalah dengan kaum milenial.

JEDA.ID – Di antara jutaan youtuber di belantara dunia maya, ada sejumlah youtuber para orang lanjut usia (lansia) yang juga eksis dan tak kalah dengan kaum milenial.

Menjadi seorang youtuber memang dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Bila memiliki subscriber banyak, seorang youtuber mampu mengantongi uang jutaan bahkan miliaran rupiah. Namun apa jadinya jika youtuber ini dari golongan lanjut usia (lansia)? Kira-kira video menarik apa saja ya yang dibuat oleh mereka?

Usia memang tidak menjadi penghalang seseorang untuk berekspresi. Para orang lansia yang memilih untuk menjadi Youtuber ini rata-rata berusia 70 tahun ke atas.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berkreasi, dan berkarya, selain itu, tak jarang mereka memberikan pelajaran hidup. Berikut tujuh youtuber lansia dari berbagai negara seperti dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (28/3/2020):

Mastanamma (107 tahun)

Mastanamma, youtuber lansia asal India yang meninggal di usia 107 tahun (youtube)

Mastanamma, youtuber lansia asal India yang meninggal di usia 107 tahun (youtube)

Youtuber asal India yang kerap kali mengunggah video tentang cara memasak makanan tradisional khas negerinya itu memulai karier youtubernya pada 2016. Pemilik akun Youtube bernama Country Food ini memiliki lebih dari 1 juta pengikut dengan 391 video unggahan. Akun Youtube Mastanamma di bentuk oleh K Laxman, cucu laki-lakinya.

Sang cucu dan temannya lapar lalu memutuskan untuk membuat nasi goreng. Saat itulah K Laxman memikirkan untuk menunjukkan kepada orang bagaimana memasak dengan cara tradisional dan meminta tolong neneknya untuk memperagakannya. Sayangnya Mastanamma meninggal dunia pada awal Desember 2018, diusianya yang ke 107 tahun.

Sumbangan Beragam Brand Fesyen dengan Cinta di Setiap Jahitannya

Lill Droniak (89 tahun)

Lill Droniak (youtube)

Lill Droniak (youtube)

Kevin and Lill, merupakan akun Youtube yang dimiliki oleh Lill Droniak, nenek berusia 89 tahun dan cucunya Kevin. Ia memutuskan menjadi Youtuber sejak 2011 dan memiliki 542 ribu pengikut serta unggahan video sebanyak lebih dari 300. Video terbarunya Grandma Answers Google’s Most Searched Question yang diunggah pada 21 Februari 2020.

Video tersebut ditonton lebih dari empat ribu kali oleh warganet.Walaupun saat ini ia jarang mengunggah video di akun Youtubenya, Lill Droniak dilaporakan memiliki penghasilan lebih dari tiga juta setiap bulannya.

Mary Batnicky (88 tahun)

Mary Batnicky (youtube)

Mary Batnicky (youtube)

Nenek berusia 88 tahun ini juga berprofesi sebagai seorang youtuber. Usianya memang tidak lagi muda, namun ia kerap kali mengunggah video kreatifnya sendiri. Ia memiliki akun Youtube bernama 3 Golden Sister TV. Mary mulai aktif di dunia Youtube sejak 2012, saat ini, ia memiliki 30 ribu pengikut serta 145 unggahan video.

Konten video Youtubenya seputar kesehariannya bersama dua orang nenek lainnya. Video terbarunya diunggah satu tahun lalu berjudul Grandma Mary Sneaker Review JEX.NYC dan telah ditonton lebih dari 1000 kali.

Shirley Churry (84 tahun)

Shirley Churry (Forbes.com)

Shirley Churry (Forbes.com)

Tidak seperti kebanyakan nenek lansia pada umumnya, Shirley memilih untuk bermain game serta mengunggahnya di akun Youtubenya. Akun Youtubnya bernama Shirley Curry kini telah memiliki 809 ribu pengikut dan 1000 unggahan video.

Nenek asal Lebanon ini mulai menjadi Youtuber pada 2015 dan berpenghasilan empat juta setiap bulannya. Unggahan videonya berupa permainan game Skyrim SE, game aksi di alam terbuka, yang ia mainkan. Unggahan video terbarunya berjudul Skyrim SE Jhondor Chronicles Series 2 Jhondor Joins the Dawnquard eps13 yang dipublikasikan pada (27/3/2020).

Judy Graham (83 tahun)

Judy Graham (youtube)

Judy Graham (youtube)

Ada yang unik dari youtuber berusia 83 tahun ini, pasalnya akun Youtube sang nenek bernama knittingtipsbyjudy tanpa spasi. Judy Graham memulai menjadi youtuber pada 2007, saat ini ia memiliki 54,3 ribu pengikut serta 200 lebih unggahan video.

Konten yang ia buat pun cukup menarik, yaitu memperagakan cara menyulam dengan berbagai kreasi seperti selimut, topi, dompet, serta kaos kaki dari benang wol. Video terbarunya diunggah pada 24 maret 2020 dengan judul Not My Best Work.

Baca Juga :  Disebut Bisa Lawan Virus Corona dari Obat Medis hingga Tradisional

Dewi Soekarno (80 tahun)

Wanita berdarah Jepang ini memiliki nama asli Naoko Nemoto, sedangkan nama Indonesianya yakni Ratna Sari Dewi alias Dewi Soekarno. Ia merupakan Istri keenam Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno.

Siapa sangka sejak pertengahan 2019 ia menjajal peruntukannya menjadi seorang youtuber. Akun Youtubnya bernama Lady Dewi Channel dan telah memiliki 114 ribu pengikut. Unggahan videonya berupa kegiatan kesehariannya.

Tim Rowett (73 tahun)

Tim Rowett (youtube)

Tim Rowett (youtube)

Timothy Quiller Rowet atau akrab disapa Tim Rowet merupakan pria kelahiran Inggris 12 Juli 1942. Di umurnya yang tidak lagi muda ia memutusnya untuk membuat kanal Youtube pribadinya sendiri berisi konten-konten menarik. Seperti video tentang mainan, ilusi optik, hal-hal baru, hingga teka-teki.

Akun Youtube miliknya yang bernama Grand Illusion telah diikuti lebih dari satu juta orang, dan sejauh ini ia telah mengunggah video sebanyak 918. Video terbarunya diunggah pada (25/3/2020) yang ditonton lebih dari 38 ribu kali. Sebelum menjadi youtuber ia memang merupakan penghibur anak-anak dan mengklaim telah mengumpulkan lebih dari 20.000 hingga 25.000 mainan selama 50 tahun. (Ria Sari Febrianti)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.