• Sat, 20 April 2024

Hati-Hati, 9 Bakteri dan Jamur Ini Biasa Ditemukan di Ponsel

JEDA.ID – Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa handphone atau ponsel adalah sarang bakteri yang tentunya sangat berbahaya untuk penggunanya.

Kebanyakan dari kita pasti sering menggunakan smartphone di tempat yang tidak semestinya, contohnya toilet. Padahal toilet dan beberapa tempat umum yang tak terjaga kebersihannya bisa jadi ‘hunian’ favorit berkumpulnya segala jenis bakteri.

Dilansir Liputan6.com, seorang ilmuwan bernama Dr. Susan Whittier, Direktur divisi Mikrobiologi di Columbia University Medical Center mengecek apa saja jenis bakteri dengan mengumpulkan 38 unit HP dari orang yang berbeda.

Hasilnya cukup mencengangkan, ada beberapa jenis bakteri yang dinilai sangat berisiko bagi kesehatan. “34 di antaranya terkontaminasi bakteri Bacillus dari lingkungan. Selain itu, bakteri kotor seperti E. Coli dan Klebsiella Pneumoniae juga berkumpul di smartphone ini,” kata Dr. Whittier.

Selain bakteri tersebut, Dr. Whittier juga mengungkapkan bahwa tiga dari 38 HP yang diuji memiliki parasit patogen. “Ada dua jenis patogen, MRSA dan MSSA. Meski begitu jenis bakteri ini tidak membahayakan manusia, mereka biasanya cuma menyebabkan infeksi minor pada kulit seperti jerawat,” tuturnya menjelaskan.

Penyebab ponsel menjadi sarang bakteri adalah kebiasaan pengguna yang sering memegang HP. Bahkan ada yang meletakkan HP di sembarang tempat sehingga kemudian menjadi sarang HP. Jangan disepelekan, dilansir Suara.com dan berbagai sumber, berikut 9 bakteri berbahaya yang biasanya hidup di ponsel.

Saatnya Harus Berteman dengan Pandemi

1. Escherichia Coli

Bakteri E Coli diketahui merupakan salah satu jenis bakteri yang biasanya hidup di usus dan dikirim melalui kotoran. E.Coli merupakan bakteri berbahaya yang dapat membuat tubuh dehidrasi dan biasanya menyebabkan keracunan makanan, diare, hingga penyakit serius lainnya.

2. Bacillus

Bakteri Bacillus adalah jenis bakteri yang biasanya ditemukan di dalam daging yang membusuk

3. Klebsiella Pneumoniae

Klebsiella Pneumoniae adalah bakteri yang dapat menyebabkan aktivitas paru-paru melemah dan berisiko memiliki penyakit Pneumonia.

4. Staphylococcus Aureus

Secara umum bakteri ini dapat menyebabkan infeksi kulit ringan yang dapat diobati. Namun, Staphylococcus Aureus memiliki hubungan dengan MRSA yang bisa menyebabkan infeksi berbahaya hingga menyebabkan pneumonia.

5. Coagulase Negative Staphylococci (CoNS)

Coagulase Negative Staphylococci (CoNS) ini merupakan varian dari staphylococcus yang resistan terhadap antibiotik dan biasanya berada pada kulit manusia dan saluran vagina. Seperti staphylococcus pada umumnya, bakteri ini penyebarannya dimulai dari tempat-tempat yang digolongkan bersih seperti rumah sakit dan sejenisnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Universitas of Ghana pada tahun 2011 lalu mengungkapkan dari 100 perangkat mobile pelajar yang diambil secara acak, 15 persen di antaranya positif mengandung CoNS. Bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi saluran darah.

6. Molds

Molds ini adalah jamur yang biasanya dapat ditemui di tempat-tempat lembap atau juga yang terkadang dapat membuat suatu daun menghitam dan mati.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Turki beberapa tahun lalu mengungkapkan bahwa 10 persen dari perangkat mobile yang mereka teliti ternyata mengandung Molds di dalamnya. Jamur seperti ini dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, demam sampai dengan infeksi paru-paru.

7. Influenza

Flu merupakan salah satu penyakit yang mudah menyevar, salah satu caranya melalui benda-benda yang sering dipegang oleh seseorang yang sedang mengidapnya. Influensa dapat menyebar melalui perangkat yang kamu gunakan. Hal ini karena bakteri satu ini disebut bisa hidup lama di sebuah perangkat.

8. Clostridium Difficile

Sama halnya dengan bakteri E Coli, Clostridium Difficile ini juga dapat menyebabkan serangan diare yang cukup parah. C. Difficile ini merupakan bakteri yang rata-rata ditemukan di tempat duduk yang jarang dibersihkan. Gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain demam, mual, sakit perut sampai dengan kehilangan nafsu makan.

9. Streptococcus

Bakteri satu ini menjadi penyebab radang tenggorokan yang berbahaya bagi anak-anak. Selain itu, bakteri ini juga dapat menyebabkan demam berdarah hingga beberapa penyakit lainnya yang berbahaya.
Jadi perlu perhatian khusus bagi Anda yang tidak ingin terkena deretan penyakit akibat bakteri berbahaya yang hidup di ponsel ini.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari