• Thu, 8 December 2022

Breaking News :

5 Tips Menjadi YouTuber Sukses

Upload video bukan berarti tugas telah selesai. Kamu harus mengoptimasi pencarian dengan belajar SEO.

JEDA.ID-Menjadi Youtuber sukses tentu impian mereka yang ingin meraup kesuksesan di Youtube. Untuk menjadi Youtuber sukses sebetulnya triknya sangat mudah.

Ya, saat ini menjadi Youtuber tampaknya menjadi profesi yang diminati banyak orang. Terlebih di masa pandemi, segelintir orang kebingungan untuk sebuah melakukan kegiatan produktif.

Nah, buat kamu yang ingin bikin channel dan ingin menjadi YouTuber sukses, berikut ini tips menjadi Youtuber sukses seperti melansir dari detikcom, Selasa (3/11/2020):

1. Mulai aja dulu

Kalau kebanyakan yang dipikirkan seperti ‘ah nggak ada kamera mahal’, atau ‘ah cuma ada HP kentang’ ya tidak akan selesai-selesai deh. Yang ada malah menghambat kamu untuk mulai berusaha menciptakan video pertama di YouTube.

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja saat WFH

Mulai tentukan nama channel kamu dan video apa yang akan kamu bagikan kepada audiens.

2. ‘Hias’ channel kamu

Ada banner besar ketika kamu membuka channel YouTube milik kamu. Dari sini, kamu bisa menarik atensi orang-orang. Karena itu, mulai buat banner dan juga profile YouTube yang bagus agar catchy dan disukai orang-orang.

YouTube merekomendasikan ukuran 2560 x 1440 pixels dengan ukuran maksimum 4 MB.

3. Buat intro

Supaya makin menarik, buat intro video YouTube kamu dengan musik juga tampilan yang seru. Ini juga mengasah kemampuan kamu untuk mengedit video pertama kamu supaya makin kece.

4. Sudah upload, lalu…

Jika kamu berpikir upload video adalah upaya final, eits, tidak sampai di situ. Kamu harus mengoptimasi pencarian dengan mengisi tag, deskripsi, dan judul yang kiranya akan dicari banyak orang. Belajar SEO adalah hal lain yang perlu kamu kuasai.

5. Tetap semangat!

Kalau kata  seorang YouTuber dengan ratusan ribu subscriber ‘selalu ada 100 pertama’. Jadi, begitu kamu membuat video dan yang menyaksikan baru 1-5 orang kamu harus tetap optimis!

Nyeri Sendi Dirasakan Melaney Ricardo, Ini Gejala Covid-19 Tak Biasa Lainnya

Percayalah, kamu akan belajar apa yang disukai orang-orang dan menjadikan itu acuan supaya video kedepan semakin menarik. Pasang target yang rasional juga bisa membantu kamu semangat dalam mencapai target.

Lalu bagaimana bikin konten yang menarik? Tips dari Evan ini bisa menjadi panduan.

Evan alias Hobby Makan adalah salah satu Youtuber sukses. Sebagai salah satu pengisi acara Rakit Bangkit yang diadakan Facebook, Evan membagikan sejumlah tips untuk membuat konten kreatif agar tetap produktif di tengah pandemi.

Konten yang diunggah Evan di channel YouTube-nya tidak jauh-jauh dari ulasan makanan dan ide resep masakan untuk menjadi bahan jualan. Tapi yang membedakan Evan dengan YouTuber lainnya adalah kontennya fokus ke makanan yang biasa ditemukan di pinggir jalan.

Bagi yang baru memulai, Evan mengatakan tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal untuk membuat video. Dulu saat baru mulai membuat video, ia hanya bermodal ponsel untuk merekam video.

“Apa yang saya pegang itulah yang saya pakai untuk jadikan konten. Ngeditnya lewat handphone, ngerekamnya lewat handphone, dan lain sebagainya,” kata Evan dalam konferensi pers Rakit Bangkit, Rabu (28/10/2020).

Dasari dengan Niat Baik

Evan mengatakan sebelum mulai membuat konten ada baiknya didasari dengan niat baik. Saat membuat channel Hobby Makan, Evan mengatakan ia berniat untuk memviralkan dan mempopulerkan jajanan pinggir jalan yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Ia bahkan tidak memikirkan jika videonya nanti akan ditonton banyak orang atau tidak. Menurut pria yang sudah memiliki 4 juta subscriber di Youtube ini popularitas hanya bonus asal konten yang ia buat bisa memberi kontribusi positif di media sosial.

Sebagai YouTuber yang banyak bekerja di luar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang, Evan menyarankan kreator agar selalu mengikuti protokol kesehatan saat membuat konten di luar rumah

Ikuti Tren yang Sedang Berlaku

Untuk jenis konten yang dibuat, Evan menyarankan kreator untuk mengikuti tren yang ada. Misalnya, Evan yang juga menjalankan channel YouTube Hobby Cooking bersama istrinya Tiwi membuat konten mengikuti buah yang sedang musim dan murah.

Untuk jenis konten yang dibuat, Evan menyarankan kreator untuk mengikuti tren yang ada. Misalnya, Evan yang juga menjalankan channel Youtube Hobby Cooking bersama istrinya Tiwi membuat konten mengikuti buah yang sedang musim dan murah.

“Kalau sekarang ini mangga lagi murah jadi itu kita selalu bikin konten tentang mangga, makanan tentang mangga, minuman tentang mangga. Kemudian yang lagi tren di Indonesia buntutin saja dari belakang,” pungkasnya

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.