Ingin Anak Aman Menonton Tayangan Youtube? Ini Tipsnya

Tugas orang tua ataupun pengasuh adalah harus berpartisipasi aktif dalam memilihkan tontonan di Youtube yang layak bagi usia anak.

JEDA.ID – Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, anak-anak mau tidak mau harus “bersahabat” dengan gawai dan komputer untuk keperluan sekolah mereka. Tentu saja ini, sangat berisiko karena mereka bisa dengan leluasa berselancar di dunia maya, termasuk untuk menonton tayangan di Youtube.

Apalagi Youtube menyediakan aneka tayangan. Youtube menyediakan jutaan video, mulai dari kartun, musik, film, tips, informasi, edukasi, dan lain-lain. Akan tetapi, tidak semua tayangan Youtube cocok ditonton oleh anak. Maka tugas Anda sebagai orang tua ataupun pengasuh, harus berpartisipasi aktif dalam memilihkan tontonan yang layak bagi usia mereka.

Jika anak-anak menonton tayangan yang tidak sesuai, bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologis anak. Sehingga, tidak sedikit orang tua yang khawatir ketika anaknya menonton video di Youtube.

Nah, Anda sebagai orangtua atau pengasuh, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak-anak tidak sembarangan menonton tayangan di Youtube. Melansir Okezone.com, berikut cara mengamankan tayangan Youtube untuk anak-anak.

Gunakan mode terbatas

Sebenarnya, Youtube telah membuat platform aman untuk anak. Namun, karena kurangnya informasi, beberapa dari Anda mungkin baru mengetahuinya.

Berdandan Sendiri di Hari Pernikahan Ala 3 Beauty Vlogger Ini, Berani Coba?

Caranya, saat Anda masuk ke akun Anda, tekan tombol menu dan arahkan ke pengaturan. Pilih bagian pengaturan umum di bagian paling atas. Kemudian di bagian bawah halaman, akan ada beberapa kotak drop-down, dan Anda akan menemukan Mode Terbatas lalu klik pada kotak dan nyalakan mode.

Anak-anak harus diawasi saat menggunakan Internet (ilustrasi/freepik)

Anak-anak harus diawasi saat menggunakan Internet (ilustrasi/freepik)

Unduh Youtube untuk Anak-anak

Youtube Kids adalah aplikasi luar biasa yang pada dasarnya menghilangkan semua konten yang dibatasi usia. Cara kerjanya seperti Mode Terbatas namun sedikit lebih mudah.

Aplikasi gratis ini hanya akan menayangkan video untuk anak-anak, itu berarti tidak ada video berbahaya yang dapat mereka tonton. Anda dapat mengunduhnya melalui Play Store atau App Store.

Matikan pencarian

Anda bisa pergi ke pengaturan pada Youtube dan menemukan Izinkan Pencarian, kemudian Anda dapat mematikan fungsi ini. Sehingga anak-anak Anda tidak bisa mencari video baru dan hanya akan menonton apa yang Anda ingin mereka tonton.

Buatlah daftar putar Anda sendiri

Sangat mudah, Anda hanya membuka video dan menambahkannya di daftar putar. Jika Anda tidak memiliki Youtube Kids, maka hal ini akan membantu anak Anda menonton video yang Anda lihat dan dinilai baik-baik saja.

Buatlah akun tersendiri untuk mereka

Jangan biarkan anak Anda memiliki akun yang sama dengan Anda atau kakak mereka. Karena, jika Anda menonton video yang ditujukan untuk orang dewasa maka Youtube akan merekomendasikan hal serupa di akun Anda.

Terlalu Sering Dipeluk Orang Tua, Benarkah Bikin Anak Manja?

Jadi sebaiknya Anda harus membuat akun terpisah untuk anak Anda. Selain dapat mengetahui kata sandi, sehingga Anda dapat menutupnya dari akun jika mereka melakukan kesalahan atau mulai menonton video yang dibatasi usia.

Jeda histori tontonan dan cari riwayat

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menjeda lalu mencari riwayat tontonan. Riwayat tontonan pada dasarnya adalah jaminan untuk mengetahui dari semua yang anak-anak tonton.

Jika pencarian Anda tidak dimatikan, maka menjeda adalah ide yang cerdas. Ini akan menghentikan Youtube dari merekomendasikan video berdasarkan pencarian (rekomendasi video yang tidak cocok untuk anak).

Caranya, saat Anda masuk ke akun Anda, tekan tombol menu dan arahkan ke pengaturan. Pilih bagian pengaturan histori dan privasi di bagian tengah. Kemudian akan ada beberapa kotak drop-down, dan Anda akan menemukan jeda histori tontonan dan jeda histori penelusuran lalu klik pada kotak dan nyalakan.

Tandai video yang tidak pantas

Terakhir, Anda dapat membuat Youtube aman untuk anak-anak dengan menandai setiap video yang tidak pantas ketika Anda temui. Jika Anda memberitahu Youtube bahwa beberapa video tidak cocok untuk anak-anak, maka video itu berhenti muncul kepada anak-anak di bawah usia tertentu.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.