Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja saat WFH

WFH bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil.

JEDA.ID-Meningkatkan produktivitas kerja saat WFH sangat penting dilakukan. Ada sejumlah cara untuk meningkatkan produktivitas kerja saat WFH.

Lebih dari separuh dunia telah beradaptasi dengan cara bekerja dari rumah (WFH) selama tujuh bulan lebih sejak pandemi corona melanda.

WFH bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil yang akan mendistraksi orang tua untuk mengurus keluarganya.

Atau juga gangguan lain di rumah yang akan membuat produktivitas Anda mungkin saja menurun.

Bukan Telinga, Laba-laba Ini Dengarnya Pakai Kaki!

Agar WFH Anda lebih bermakna dan bisa meningkatkan produktivitas, berikut beberapa tips yang bisa Anda adopsi seperti dilansir dari Times of India dan Bisnis.com, Minggu (1/11/2020).

1. Buat ruang kerja dengan cukup cahaya

Ruang yang sempit dan kurang penerangan menghasilkan ketegangan mata yang lebih besar.

“Kombinasi yang ideal adalah memiliki cahaya alami dan cahaya buatan, sehingga Anda dapat memilih keduanya. Untuk sentuhan estetika, pilih lampu lantai yang tinggi,” jelas pakar interior Smita Ramchandani.

2. Minimalis

Ide bagus untuk membuat ruang kantor di rumah yang fungsional adalah dengan dekorasi minimalis. Memiliki hal-hal penting di sekitar Anda terkadang dapat berdampak maksimal pada hasil pekerjaan Anda. Minimalis berarti memiliki detail desain yang lebih sedikit.

3. Ubah dapur menjadi nyaman

Jika Anda hanya memiliki dapur sebagai satu-satunya ruang yang tersedia untuk bekerja, jangan meringis dulu. Mungkin bukan ide yang buruk untuk bekerja di sana. Pastikan Anda membersihkannya sebelum memulai. Dapur juga merupakan ruang yang tepat di mana Anda mungkin tidak akan diganggu oleh orang lain.

Tambahkan camilan di tangan saat Anda bekerja sehingga membantu rasa lapar itu juga. Jika Anda menemukan area meja terlalu kecil, perpanjang meja dapur beberapa kaki dengan meja lipat.

4. Manfaatkan balkon

Punya ruang tamu yang lebih kecil? Gunakan balkon untuk ruang kantor. Siapkan kotak sakelar untuk dicolokkan ke gadget Anda. Cuaca tepat untuk saat ini saat kita memasuki musim dingin. Ambil laptop dan telepon dan pergilah ke balkon untuk mengubah pemandangan.

13 Tipe Orang di Grup WhatsApp, Kamu yang Mana?

Jika itu adalah balkon terbuka dengan hanya pemanggang, bahkan lebih baik. Sakelar dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda.

5. Taruh tanaman di sekitar

Studi mengatakan bahwa tanaman menambah perasaan zen saat meredakan stres dan kecemasan. Perkenalkan tanaman hijau ke meja kerja Anda untuk tambahan yang menyenangkan.

6.Dinding bernuansa hangat

Ingin meningkatkan mood WFH? Mengapa tidak mengecat salah satu dinding dengan nuansa hangat dan ceria seperti karat, kuning, atau persik. Ini menambahkan beberapa semangat ke ruang. Warna-warna seperti hijau dan biru juga dapat merevitalisasi pikiran dan meningkatkan produktivitas. Seimbangkan warna yang lebih cerah dengan warna lembut seperti putih pudar, biru tua, atau abu-abu.

7. Miliki papan tulis

Ini bisa menjadi aset berharga di ruang WFH Anda. Daripada memiliki sejumlah buku untuk dicatat cukup tempel papan tulis di dinding Anda. Gunakan itu untuk menulis rencana yang harus dilakukan hari itu.

8. Duduklah di dekat jendela

Menempatkan kursi kerja Anda di dekat jendela seharusnya menjadi tip feng shui yang baik. Ini tidak hanya memberikan cahaya yang lebih baik dan jumlah Vitamin D yang cukup, tetapi melihat keluar secara berkala akan membuat mata dan pikiran Anda istirahat.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.