• Tue, 19 March 2024

Breaking News :

Bergosip Komunikasi Paling Kuno sampai Picu Pikiran Positif

Perempuan lebih banyak menghabiskan waktu unruk bergosip. Tak hanya itu, laki-laki dan perempuan memiliki cara berbeda dalam menyikapi gosip.

JEDA.ID–Hampir sebagian besar orang pernah menggosip. Bergosip kerap dimaknai negatif karena disamakan dengan penyebaran rumor atau isu, namun peneliti memiliki pendapat yang berbeda.

Para peneliti mendefinisikan menggosip sebagai membicarakan orang lain yang sedang tidak ada di lokasi. Robin Dunbar seorang psikolog, memperkirakan jika kebiasaan bergosip sudah ada sejak zaman purba.

Serupa dengan Dunbar, Margaret King dari The Center for Culturan Studies and Analysis, juga beranggapan demikian. Menurutnya, bergosip adalah bentuk komunikasi antarmanusia yang paling kuno.

Bukan itu saja, ternyata dalam satu hari, tiap orang bisa menghabiskan banyak waktu untuk bergosip. Jurnal Social Psychological and Personality Science mencatat jika dalam satu hari, tiap orang sanggup menghabiskan 52 menit waktunya untuk bergosip.

Sebanyak tiga per empat atau 350 dari 467 topik pembicaraan, adalah gosip netral. Contohnya ketika membicarakan orang yang sudah menonton film terbaru.

Ini bukanlah gosip yang merugikan orang lain. Alasannya, hal ini tidak menjelekkan nama orang lain. Selain itu, sembilan persen topik pembicaraan adalah gosip positif. Sedangkan, 15 persen adalah gosip negatif.

Hal ini membuktikan jika orang tidak selalu bergunjing. Namun, juga membahas prestasi orang lain. Kebiasaan menggosip kerap dianggap negatif. Alasannya, banyak orang menganggap menggosip sama dengan bergunjing.

Para peneliti menyebut bergosip tidak selalu bersifat negatif. Bedakan antara gosip bersifat negatif dan positif. Gosip negatif memang cenderung menjatuhkan reputasi orang lain.

Maka tidak mengherankan, jika hal ini dikaitkan dengan bullying. Sebaliknya, gosip positif cenderung membahas prestasi dan keberhasilan orang lain.

Cara Menyikapi Gosip

Sebuah hasil studi pada 1993 mengungkap jika, pria menghabiskan 55 persen waktunya atau sekitar 792 menit, untuk bergosip. Sedangkan perempuan, menghabiskan 67 persen waktunya atau sekitar 965 menit untuk menggosip. Selain itu, pria dan perempuan memiliki cara berbeda dalam menyikapi gosip.

Ketika perempuan menerima gosip negatif, cenderung terjadi peningkatan perlindungan diri. Alasannya, perempuan kerap memikirkan jika dirinya yang menjadi topik gosip. Sedangkan, pria lebih takut menerima gosip positif. Alasannya, ada pesaing serta perbandingan sosial.

bergosip

Ilustrasi bergosip (Freepik)

Elena Martinescu, seorang peneliti dari University of Groningen, Belanda, meneliti tentang kebiasaan bergosip. Penelitian dilakukan terhadap 183 mahasiswa. Mereka diminta memberikan evaluasi, baik positif atau negatif, pada kelompok lain.

Dikutip dari Today.com, berikut adalah hasil penelitiannya:

  • Peningkatkan produktivitas belajar.
  • Peningkatkan pikiran positif
  • Keharusan menjaga image di hadapan orang lain

Hal ini membuktikan, jika bergosip bisa berdampak positif untuk orang lain. Walau demikian, tanpa memandang gosip positif dan negatif. Keduanya sama-sama memiliki manfaat. Salah satunya adalah bentuk adaptasi akan perubahan sosial.

Gosip yang bersifat positif, terbukti bisa meningkatkan produktivitas. Alasannya, ketika ada perbandingan prestasi, orang cenderung berusaha menyamainya.

Sedangkan, gosip negatif bisa meningkatkan perlindungan diri. Alasannya, orang bisa mengubah kebiasaan buruknya agar tidak jadi target gosip.

Evaluasi Diri

Namun, dalam hal ini gosip positif dan negatif memiliki manfaat yang sama. Orang yang menjadi target gosip cenderung bisa mengevaluasi dan mengintrospeksi dirinya.

Selain itu, menggosip juga bisa membuat orang paham tentang perilaku yang bisa diterima dan ditolak. Contohnya, ketika tepergok sedang berbuat curang. Orang cenderung bergosip, bahkan mengumbar perilaku buruknya.

Hal ini adalah konsekuensinya, lantaran hal ini tidak bisa diterima dalam lingkungan sosial. Ketika sadar jadi bahan gosip, orang cenderung mengevaluasi dan introspeksi diri. Hal ini juga memacu untuk bersikap lebih baik lagi.

Selain jadi bahan evaluasi diri. Bergosip juga berpengaruh pada kesehatan seseorang. Bergosip bisa membuat detak jantung seseorang melambat.

Robb Willer, psikolog Universitas California, Berkeley, menjelaskan jika bergosip bisa jadi terapi. Alasannya, detak jantung cenderung meningkat ketika melihat orang lain berkelakukan buruk. Namun, detak jantung melambat ketika menceritakannya kepada orang lain.

Namun, gosip negatif bisa memunculkan rasa takut dan gelisah, lantaran takut reputasi mereka hancur karena menjadi pembicaraan dalam topik gosip.

Walau dianggap memiliki manfaat, namun ada baiknya untuk tidak terlalu sering bergosip. Berikut cara menghentikan kebiasaan menggosip:

  • Buat komitmen untuk tidak menggosip
  • Jangan dengarkan atau terpengaruh ketika orang lain menggosip
  • Jangan mudah menghakimi orang lain ketika mendengar gosip
  • Berpikir dahulu sebelum berbicara
  • Jangan menjalin hubungan dengan orang yang punya hobi menggosip

Jadi seberapa sering Anda bergosip?

Ditulis oleh : Vanya Karunia Mulia Putri/Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.