Ada 3 Kali Friday 13th dalam Setahun Muncul 6 Tahun Lagi, Sehoror Apa?

Friday 13th dipercaya mendatangkan kesialan dan suasana horor, benarkah faktanya demikian? Simak ulasannya.

JEDA.ID-Penanggalan Friday 13th sebanyak 3 kali dalam setahun akan terjadi enam tahun lagi. Penanggalan Friday 13th sebanyak tiga kali terakhir berlangsung pada 2015 (Februari, Maret, November), dan berikutnya terjadi pada 2026 (Februari, Maret, November).

Artinya, jeda antara tiga kali Friday 13th sejak 2015 lalu hingga tahun 2026 mendatang yakni selama 11 tahun.

Dalam satu tahun biasanya terjadi satu atau dua kali. Jika dalam setahun terjadi 3 kali, maka terhitung cukup jarang terjadi. Tahun ini, 2020, memiliki dua hari Jumat tanggal 13 yakni Maret dan November.

Dikutip Earthsky.org dan bisnis.com, Jumat (13/11/2020), ketika tahun umum 365 hari dimulai pada hari Kamis, ada tiga hari Jumat tanggal 13: Februari, Maret dan November. Triple header ini terakhir terjadi lima tahun lalu, pada Februari, Maret dan November 2015, dan selanjutnya akan terjadi enam tahun dari 2020, pada Februari, Maret dan November 2026.

7 Usaha Kuliner Bisa Jadi Cuan untuk Pemula, Mau Coba?

Dalam satu tahun 365 hari, hari kerja dan tanggal kalender di bulan Februari selalu sesuai dengan 28 hari pertama bulan Maret. Jadi setiap tahun biasa yang menggunakan hari Jumat tanggal 13 di bulan Februari selalu menampilkan hari Jumat tanggal 13 di bulan Maret.

Pada tahun apa pun, entah itu tahun kabisat atau tahun biasa, 30 hari pertama bulan Maret selalu sama dengan 30 hari pertama bulan November. Jadi setiap tahun yang memiliki hari Jumat tanggal 13 Maret juga akan memiliki hari Jumat tanggal 13 di bulan November.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada beberapa formula yang mengatur bagaimana drama Jumat ke-13 ini berulang. Jawabannya iya! Tiga kali lipat ini Jumat Februari-Maret-November tahun-tahun ke-13 datang tepat 6, 17 dan 23 tahun setelah Maret-November Jumat tahun kabisat ke-13, yang berulang dalam periode 28 tahun selama sisa abad ke-21 (2001 hingga 2100).

Fakta soal Friday 13th

Lantas apa sih sebenarnya fakta seputar Friday 13th yang banyak ditakuti orang. Banyak yang merasa horor atau takut ditimpa kesialan di hari tersebut. berikut fakta-fakta soal Friday 13th dilansir dari timeanddate.com

1. Tidak Jelas Mengapa Hal Ini Ditakuti

Sangat sedikit yang diketahui tentang asal-usul ketenaran hari itu. Beberapa sejarawan percaya bahwa takhayul yang mengelilinginya muncul pada akhir abad ke-19. Penyebutan hari yang terdokumentasi pertama dapat ditemukan dalam biografi komposer Italia Gioachino Rossini, yang meninggal pada hari Jumat tanggal 13.

6 Benda Ini Diprediksi Hilang pada 2025, Benarkah?

Sebuah buku tahun 1907, Friday the Thirteenth, oleh pengusaha Amerika Thomas Lawson, mungkin lebih jauh mengabadikan takhayul.

7  Hari dalam Sepekan

Catatan lain menunjukkan bahwa hari itu telah dikaitkan dengan kemalangan sejak 1307 ketika pada hari Jumat tanggal 13, raja Prancis memberi perintah untuk menangkap ratusan Ksatria Templar di Prancis.

2. Ketakutan Itu Sangat Nyata

Begitu nyata sehingga satu nama ilmiah tidak cukup. Rasa takut pada hari Jumat tanggal 13 juga disebut friggatriskaidekaphobia atau paraskevidekatriaphobia. Sekarang katakan itu 10 kali dengan sangat cepat!

Friggatriskaidekaphobia berasal dari Frigg, dewi kebijaksanaan Norse yang dinamai hari Jumat, dan kata Yunani triskaideka, yang berarti 13, dan fobia, yang berarti ketakutan. Paraskevidekatriaphobia juga berasal dari bahasa Yunani: paraskeví diterjemahkan sebagai hari Jumat, dan dekatria adalah cara lain untuk mengatakan 13.

3. Sangat Umum!

Para ahli mengatakan bahwa friggatriskaidekaphobia mempengaruhi jutaan orang dan memperkirakan bahwa bisnis, terutama maskapai penerbangan, menderita kerugian besar pada hari Jumat tanggal 13.

Triskaidekaphobia, atau ketakutan pada angka 13, bahkan lebih meluas. Sedemikian rupa sehingga banyak gedung bertingkat tinggi, hotel, dan rumah sakit melewatkan lantai 13, dan banyak bandara tidak memiliki gerbang bernomor 13. Di banyak bagian dunia, memiliki 13 orang di meja makan dianggap nasib buruk.

4. Tiga kali Friday the 13th

Sedikit kabar buruk bagi Anda semua yang menderita friggatriskaidekaphobia — setidaknya satu hari Jumat tanggal 13 harus ada sepanjang tahun. Kabar baiknya adalah bahwa tidak boleh ada lebih dari tiga hari Jumat tanggal 13 dalam suatu tahun kalender. Yang terlama bisa pergi tanpa melihat hari Jumat tanggal 13 adalah 14 bulan.

Rambut Beruban di Usia Muda? Ini 6 Faktor Penyebabnya

5. Blame Sunday

Untuk satu bulan agar memiliki hari Jumat tanggal 13, bulan tersebut harus dimulai pada hari Minggu. Tidak percaya kami? Lihat Kalender kami dan uji sendiri.

2020 akan memiliki dua hari Jumat tanggal 13 — satu di bulan Maret dan satu lagi di bulan November.

6. Pola Friday 13th terulang di Kalender

Ada metode kalender untuk kegilaan hari Jumat tanggal 13. Kapan pun tahun biasa dimulai pada hari Kamis, bulan Februari, Maret, dan November akan memiliki hari Jumat tanggal 13. Ini akan terjadi 11 kali di abad ke-21.

Pola Februari-Maret-November berulang dalam siklus 28 tahun. Pada abad ke-21, periode dimulai pada tahun 2009. Pada tahun 2015, 6 tahun kemudian, hari Jumat tanggal 13 terjadi pada bulan Februari, Maret, dan November. Ini tidak akan terjadi selama 11 tahun lagi hingga 2026, dan kami harus menunggu lagi selama 11 tahun hingga 2037 untuk melihat trilogi Februari, Maret, dan November. 12 bulan dalam setahun

Pola ini akan berulang mulai tahun 2043, 6 tahun setelah tahun 2037.

7. Tahun Kabisat

Tiga hari Jumat tanggal 13 bisa terjadi dalam tahun kabisat juga. Jika tanggal 1 Januari dari tahun kabisat jatuh pada hari Minggu, maka bulan Januari, April, dan Juli masing-masing akan memiliki hari Jumat tanggal 13.

Pada abad ke-20 ini terjadi pada tahun 1928, 1956, dan 1984. Dan pada abad ke-21 ini akan terjadi empat kali pada tahun 2012, 2040, 2068, dan 2096. Perhatikan sesuatu yang menarik? Ya, ini adalah siklus 28 tahun lagi!

8. Alfred Hitchcock Lahir pada tanggal 13

Master of suspense lahir pada 13 Agustus 1899 — jadi Jumat, 13 Agustus 1999, akan menjadi ulang tahunnya yang ke-100. Dia membuat debut penyutradaraannya pada tahun 1922 dengan film berjudul Number 13. Sayangnya, film itu dikutuk sejak awal dan tidak pernah lepas landas karena masalah keuangan.

Selebritas dan tokoh terkenal lainnya yang lahir pada hari Jumat tanggal 13 termasuk aktor Mary-Kate dan Ashley Olsen; novelis dan penulis drama, Samuel Beckett; dan mantan Presiden Kuba, Fidel Castro.

9. Ini Hari Yang Tidak Beruntung Hanya untuk Beberapa Orang

Jumat tanggal 13 tidak secara universal dilihat sebagai hari penderitaan. Misalnya, di Italia, Jumat tanggal 17 dan bukan Jumat tanggal 13 dianggap sebagai hari yang membawa kesialan. Faktanya, angka 13 dianggap sebagai angka keberuntungan!

4 Gejala Ringan Corona yang Wajib Diwaspadai

Di banyak negara berbahasa Spanyol dan di Yunani, Selasa tanggal 13 dianggap sebagai hari kesialan.

10. Penelitian Buktikan tidak Membuat Sial

Sangat sedikit bukti yang menunjukkan bahwa Jumat tanggal 13 memang hari sial. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hari Jumat tanggal 13 memiliki sedikit atau tidak sama sekali berpengaruh pada peristiwa seperti kecelakaan, kunjungan rumah sakit, dan bencana alam.

11. Friday the 13th Menginspirasi Salah Satu Seri Film Terlaris

Perusahaan Friday the 13th yang sukses secara komersial mencakup 12 film horor, serial televisi, dan beberapa buku yang berfokus pada kutukan dan takhayul. Meskipun film dan serial televisinya secara konsisten menerima ulasan negatif dari para kritikus, mereka memiliki banyak pengikut. Topeng yang dikenakan oleh karakter kunci dalam film, Jason Voorhees, adalah salah satu gambar paling terkenal dalam budaya populer.

12. Banyak Negara Meningkatkan Kesadaran Keselamatan dan Kecelakaan

Sejak 1995, Finlandia telah mendedikasikan satu hari Jumat tanggal 13 dalam setahun untuk memperingati Hari Kecelakaan Nasional. Hari itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang keselamatan — di jalan, di rumah, dan di tempat kerja.

13. Asteroid Akan Terbang Dengan Aman di Bumi pada tahun 2029

Pada hari Jumat tanggal 13! Jumat, 13 April 2029 tepatnya. Ketika 99942 Apophis ditemukan pada tahun 2004, diperkirakan memiliki peluang kecil untuk bertabrakan dengan Bumi. Tetapi Anda bisa tenang karena sejak saat itu, para ilmuwan telah merevisi temuan mereka yang menunjukkan bahwa sama sekali tidak ada risiko asteroid tersebut menabrak Bumi atau Bulan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.