• Sat, 16 October 2021

Breaking News :

Onani Bikin Dengkul Kopong, Masa Iya?

Sering onani atau masturbasi bikin dengkul atau lutut seseorang menjadi kopong, kira-kira mitos atau fakta ya? Cari tahu di sini!

JEDA.ID — Beredar rumor di masyarakat yang mengatakan sering onani maupun masturbasi bikin dengkul atau lutut seseorang menjadi kopong.

Sebagaimana diketahui, masyarakat kerap mengait-gaitkan masturbasi atau onani dengan lutut yang kopong. Padahal hal tersebut belum tentu kebenarannya.

Dokter Dyan Mega Inderawati mengatakan hingga saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa masturbasi atau onani bisa bikin dengkul kopong.

Baca Juga: Trik Ini Bisa Mencegah Kehamilan Tanpa Perlu KB, Gimana Caranya?

“Jadi, anggapan bahwa osteoporosis dapat terjadi akibat sering onani atau masturbasi hanyalah mitos belaka,” beber dia dilansir Liputan6.com.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terlalu sering masturbasi atau onani justru bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan psikologis dan enggak bikin dengkul kopong.

Baca Juga: Waduh! Lebih dari 3 Miliar Email dan Password Bocor di Internet

“Dampak yang telah terbukti secara ilmiah adalah terjadinya gangguan psikis berupa rasa bersalah. Selain itu, orang yang sering masturbasi biasanya kurang bisa konsentrasi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari,” tambah dia.

Penyebab Dengkul Kopong

Dikutip dari Detik.com, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami dengkul kopong atau lutut nyeri, seperti asam urat, infeksi sendi dan juga arthritis.

Baca Juga: Demi Bertahan di Masa Pandemi, 2 Maskapai Jepang Jualan Makanan

Dan jika dengkul kopong terjadi pada usia muda bisa disebabkan oleh penyakit tendinitis patella atau radang tenon dan penyakit Osgood-Schlatter.

“Otot yang terlalu tegang atau sebaliknya otot yang lemah, kurang berfungsi sebagai penyokong pada lutut. Karena oto tersebut tidak menyerap stres yang terjadi pada sendi lutut dengan baik selama aktivitas,” beber dokter spesialis rehablitasi medis, Fanny Aliwarga.

Baca Juga: Makanan Ini Lebih Kaya Vitamin C, Dibandingkan Jeruk

Dalam penjelasan tersebut dijelaskan bahwa orang yang suka olahraga basket dan lari lebih berisiko mengalami nyeri lutut maupun dengkul kopong.

Jadi sudah jelas ya dengkul kopong tidak disebabkan oleh karena sering onani maupun masturbasi.

Baca Juga: Dikaitkan dengan Kematian Marco Panari, Kenali Bahaya Tersedak

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Gigi Kuning, Supaya Gigi Tetap Putih dan Sehat

 

 

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.