Tutup Iklan

Hewan-Hewan Ini Punya Mitos Mengerikan, Percaya?

Masih ada sejumlah masyarakat mempercayai mitos mengerikan terkait satwa ini.

JEDA.ID-Hewan tertentu sering dikaitkan dengan mitos mengerikan. Salah satu mitos mengerikan dari seekor satwa adalah  saat gagak hitam muncul di langit dengan suara keras, seseorang di dekat lokasi itu akan mati.

Tidak hanya gagak hitam, ada juga yang percaya kalau kucing hitam adalah jelmaan penyihir jahat yang membawa sial. Apakah Anda percaya dengan mitos-mitos ini?

Saat ini masih dipercaya oleh sebagian kalangan masyarakat di berbagai negara. Mitos terhadap suara hewan, keberadaan ataupun kedatangannya ke rumah atau lingkungan kita.

8 Jenis Vitamin dan Mineral untuk Memperkuat Kekebalan Tubuh Cegah Covid-19

Sepeti yang dilansir dari beberapa sumber, Rabu (9/12/2020), berikut ini adalah hewan-hewan yang dipercaya memiliki mitos mengerikan.

1. Burung hantu

Sudah sejak lama masyarakat mengaitkan burung hantu dengan kematian. Masyarakat Jawa percaya bila burung hantu berada di dekat rumah, maka tak lama ada sanak saudara yang meninggal. Mereka menganggap burung yang beraura mistis itu merupakan burung pemanggil arwah.

Kepercayaan lainnya yang tak kalah menyeramkan adalah jika seseorang menirukan suara burung hantu tapi tidak ada jawaban, maka orang tersebut akan menjemput ajal dalam hitungan hari.

2. Ayam Cemani

Ayam ini sering dikaitkan dengan kekuatan mistis. Maka tak heran bila ayam Cemani sering dijadikan tumbal dalam ritual seperi ruwatan, penglaris, pengobatan, pembangunan gedung, dan masih banyak lagi.

Ayam berwarna hitam ini dipercaya bisa membuat ritual berjalan lancar karena dianggap sebagai pembawa hoki dan sesajen. Mitos yang berkembang, daging, tulang, serta darah yang berwarna hitam dari ayam sangat disukai oleh makhluk halus seperti jin, iblis, dedemit, dan lainnya.

3. Gagak hitam

Tak hanya warnanya yang menyeramkan, gagak hitam termasuk hewan yang misterius karena tidak jelas waktu kedatangannya. Namun sebenarnya banyak masyarakat yang tidak mengharapkan kedatangan hewan tersebut.

Telur Bebek Vs Telur Ayam, Mana yang Punya Nutrisi Lebih Baik?

Sebab bila burung gagak hitam datang, maka menjadi pertanda akan ada orang yang akan meninggal. Kebanyakan orang percaya burung ini bisa mencium aroma mayat atau aroma orang yang akan meninggal dalam radius jauh. Selain itu, burung gagak hitam dipercaya bisa memanggil genderuwo.

4. Kucing hitam

Pernah mendengar tentang mitos jika menabrak kucing lalu ditinggalkan akan timbul bencana? Atau pernah mendengar cerita bahwa kucing hitam berkaitan dengan dunia mistis? Ya, hal itu masih dipercaya oleh masyarakat hingga sekarang. Berdasarkan cerita turun temurun, kucing hitam merupakan jelmaan dari penyihir jahat dan diidentikkan dengan pembawa sial.

5. Anjing

Mitos umum tentang hewan berkaki empat yang dapat menyalak serta mempunyai perasaan tajam ini, yaitu dapat mendeteksi kehadiran mahluk gaib yang ada di sekelilingnya. Walau sekian anjing juga dikira sebagai mahluk yang melindungi pintu neraka. Sesaat di Amerika Serikat, sosok anjing hitam yaitu suatu legenda yang mengerikan.

Simak 5 Tanda Kelelahan Dalam Pekerjaan

Diberitakan sosok anjing hitam ini pernah tampak bergentayangan di lokasi Hanging Hill, Connecticut. Walau mahluk misterius itu berbentuk anjing hitam, tetapi ia dapat beralih ke beragam bentuk. Dilegendakan siapa saja yang melihat sosok anjing hitam ini bakal mengalami kematian.

6. Laba-Laba

Salah satu legenda yang menarik dari laba-laba yaitu asal-muasal nama latinnya yang bernama Arachnida. Datang dari legenda yang datang dari tanah para filsuf dan surga para dewa, Yunani. Nama Arachnida awal mulanya yaitu nama seseorang gadis yang bernama Arachne, seorang wanita yang di kenal mempunyai kekuatan serta kepandaiannya dalam menenun. Bahkan kemampuannya itu tidak saja memukai lelaki dari kalangan manusia umum, akan tetapi beberapa dewa yang juga tergoda untuk memilikinya.

Hal tersebut yang membuat dewi Athena menyihir Arachne jadi seekor serangga yang kita kenal dengan sebutan laba-laba. Mitos lain yang menyebar di orang-orang Eropa yaitu bila bertemu laba-laba pada pagi hari, itu adalah pertanda bakal terjadinya momen yang membawa duka serta keprihatinan. Tetapi demikian sebaliknya, bila bertemu dengan laba-laba di siang hari maka itu adalah pertanda keberuntungan. Tetapi mitos itu terbalik dengan yang ada di Jepang, karena pada malam hari laba-laba dikira juga sebagai jelmaan iblis.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.