• Thu, 29 September 2022

Breaking News :

Telur Bebek Vs Telur Ayam, Mana yang Punya Nutrisi Lebih Baik?

Secara penampilan, ukuran telur bebek sedikit lebih besar dibandingkan telur ayam.

JEDA.ID-Telur bebek selama ini kalah populer dibandingkan telur ayam. Kita lebih terbiasa mengonsumsi telur ayam daripada telur bebek.

Tapi sebenarnya dari kandungan nutrisi, mana yang lebih tinggi kandungan nutrisinya ya telur bebek atau telur ayam? Tips kesehatan kali ini bakal membahas hal itu.

Telur menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi karena mengandung protein bergizi untuk kesehatan. Kebanyakan orang mengonsumsi telur ayam, namun tak sedikit juga yang mengonsumsi telur bebek karena penasaran dengan rasa dan kandungan gizinya.

Simak 5 Tanda Kelelahan Dalam Pekerjaan

Secara penampilan, ukuran telur bebek sedikit lebih besar dibandingkan telur ayam. Selain itu, cangkang telur bebek juga lebih tebal dibandingkan telur ayam sehingga masa penyimpanan telur bebek bisa lebih lama daripada telur ayam.

Dikutip dari detikcom, Jumat (11/12/2020), telur bebek mengandung jumlah nutrisi yang lebih banyak daripada telur ayam, seperti protein, lemak sehat, dan vitamin D. Telur bebek mengandung 13 gram protein, sedangkan telur ayam mengandung 12 gram protein.

Sementara untuk lemak telur bebek mengandung 14 gram lemak sehat, lebih tinggi dari telur ayam yang mengandung 12 gram lemak sehat. Kandungan vitamin D pada telur bebek juga lebih tinggi dibandingkan telur ayam, di mana telur bebek bisa memenuhi 17 persen kebutuhan harian vitamin D dan telur ayam memenuhi 12 persen vitamin D.

Kuning telur pada keduanya mengandung banyak vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan asam amino serta meningkatkan nilai protein dalam tubuh. Kuning telur bebek yang disebut karotenoid dapat melindungi sel dan DNA dari penyakit.

Ini Cara Mendukung Ekonomi Lokal Selama Krisis

Kuning telur juga kaya akan kolin, nutrisi mirip vitamin yang penting untuk membran sel otak yang sehat dan sistem saraf.

Secara keseluruhan, mengonsumsi telur bebek maupun telur ayam sama-sama baik untuk kesehatan tubuh.

Di saat banyaknya virus seperti ini tentu tubuh harus memenuhi asupan makanan yang bergizi. Telur jadi salah satu pilihan sumber protein yang mudah didapat. Tidak harus direbus, telur juga enak diolah dengan cara digoreng hingga dicampur dengan sayuran.

Akan tetapi jika kamu menghindari penambahan lemak dari minyak, bisa mengolah telur dengan cara direbus.

Berikut ini beberapa manfaat telur rebus seperti dikutip dari detikcom, belum lama ini:

1. Tinggi nutrisi

Dikutip dalam Webmd, telur memiliki banyak nutrisi salah satunya ada vitamin, mineral dan asam amino. Telur juga mengandung protein berkualitas tinggi, selenium, fosfor, kolin, vitamin B12 hingga beragam antioksidan yang membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat.

2. Tingkatkan metabolisme

Telur rebus mengandung asam amino yang membuat telur lebih mudah menggunakan proteinnya. Karena telur mengandung protein sehingga dapat mendorong metabolisme hingga 80-100 kalori. Telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mengurangi penyerapan kolesterol.

3. Rendah kalori

Manfaat makan telur rebus di pagi hari bisa menambah kandungan protein namun rendah kalori. Satu butir telur hanya mengandung 78 kalori per butirnya. Jika ingin mengurangi lemak, kamu bisa menyisihkan bagian kuningnya.

4. Mengandung kolesterol baik

Manfaat olahan telur rebus bagi pria dan wanita salah satunya adalah mengandung kolesterol baik. Telur dapat meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik. Orang dengan kadar HDL yang tinggi memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Konsumsi dua butir telur setiap hari dapat meningkatkan HDL.

5. Membantu menurunkan berat badan

Sarapan telur disebut-sebut sangat baik untuk usaha penurunan berat badan. Sudah ada banyak penelitian yang melihat efek sarapan telur dengan menu lain yang kalorinya sama. Ternyata hasilnya sangat positif. Sarapan telur bisa membantu turunkan berat badan 65 persen lebih baik dalam 8 pekan dibanding yang tidak sarapan telur.

Penelitian lain juga menekankan betapa sarapan telur sangat mempengaruhi pola makan selanjutnya. Seseorang bisa mengurangi asupan kalori dalam 24 jam ke depan jika pagi harinya sarapan telur. Manfaat lain dari sarapan telur adalah kadar glukosa darah lebih normal dan hormon lapar (ghrelin) bisa ditekan.

Sakit Tenggorokan Karena Flu Biasa Vs Gejala Covid-19, Bedanya Apa Ya?

Sebuah penelitian sarapan telur sempat dilakukan dengan partisipan 30 pria muda yang sehat dan bugar. Mereka diminta sarapan dengan 3 menu berbeda yaitu roti panggang telur, sereal dengan susu dan roti panggang, serta croissant dengan jus jeruk.

Pria yang sarapan telur ternyata memiliki kepuasan rasa kenyang yang lebih tinggi, tidak terlalu lapar, dan berkeinginan lebih rendah untuk makan makanan lain dibanding pria yang tidak sarapan telur. Jumlah asupan kalorinya bahkan bisa berkurang antara 270 – 470 kalori.

6. Menjaga kesehatan otak

Makan telur rebus secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan otak. Telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang membantu fungsi sel otak, memori, sistem syaraf hingga metabolisme.

7. Mencegah rasa kembung

Perut kembung umumnya disebabkan oleh makanan kurang sehat. Dengan sarapan telur rebus kamu akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keingian menyantap makanan sembarangan. Konsumsi telur rebus akan memberi rasa kenyang yang tak terlalu berat sehingga lebih nyaman di perut.

Cara memasak telur rebus yang enak adalah dengan menyiapkan panci isi air secukupnya yang kira-kira seluruh permukaan telur bisa terendam. Kemudian rebus air tersebut. Setelah mendidih, barulah masukkan secara perlahan telur mentah. Matikan api dan biarkan telur hingga matang, kurang lebih selama 9-15 menit

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.