• Tue, 25 January 2022

Breaking News :

Sakit Tenggorokan Karena Flu Biasa Vs Gejala Covid-19, Bedanya Apa Ya?

Sakit tenggorokan bisa terjadi akibat berbagai kondisi medis.

JEDA.ID-Sakit tenggorokan biasanya dikaitkan dengan sakit pilek atau flu. Namun semenjak ada pandemi Covid-19, sakit tenggorokan juga merupakan salah satu gejala corona.

Lalu, bagaimana membedakan sakit tenggorokan karena flu atau merupakan gejala Covid-19? Tips kesehatan kali ini bakal membahas perbedaan sakit tenggorokan karena flu biasa atau gejala Covid-19.  Pada musim hujan seperti sekarang ini, bisa saja terjadi mendadak Anda merasa susah menelan lantaran akan terkena flu. Nah, jadi jangan buru-buru panik. Kenali dulu perbedaannya ya.

Hasil Survei: Punya Akun Anonim untuk Jaga Reputasi di Medsos

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala yang dirasakan pasien Covid-19  selain demam dan batuk. Namun, bukan berarti setiap merasa susah menelan itu berarti ada tanda infeksi virus Corona.

Hal ini bisa terjadi akibat berbagai kondisi medis. Misalnya, disebabkan oleh adanya infeksi atau faktor lingkungan, yang menyebabkan rasa sakit, kering atau gatal di area tersebut.

Dikutip dari Times of India, sakit tenggorokan pun bisa dibagi menjadi tiga bagian dan dapat dibedakan berdasarkan bagian tenggorokan yang terkena, di antaranya sebagai berikut seperti melansir dari Detikcom, Kamis (10/12/2020).

1. Faringitis, mempengaruhi area tepat di belakang mulut.
2. Tonsilitis, pembengkakan dan kemerahan pada amandel.
3. Laringitis, pembengkakan yang terjadi di kotak suara atau disebut juga laring.

Lalu apa perbedaannya dengan akibat Covid-19  dan flu biasa?

Sakit tenggorokan pada pasien Covid-19  terjadi ketika virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan pembengkakan di area tersebut.

Diare Akut bisa Jadi Tanda Covid-19, Simak Penjelasannya

Rasa sakit dan pegal yang dirasakan oleh orang yang terinfeksi virus disebut faringitis. Hal ini juga terjadi pada kasus flu biasa.

Meski keduanya memiliki kemiripan, namun pada pasien Covid-19  biasanya akan mengalami gejala itu  dengan gejala yang lebih mendominasi, seperti demam, batuk, dan kelelahan.

Maka dari itu, apabila kamu hanya mengalami nyeri di area tersebut dan tanpa disertai gejala lain, kemungkinan itu adalah radang tenggorokan atau kondisi yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit selain Covid-19 .

Untuk memastikan apakah kamu benar-benar terinfeksi Covid-19  atau tidak, maka ada baiknya untuk melakukan tes Corona ketika mengalami gejala Covid-19.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.