• Thu, 29 September 2022

Breaking News :

Ini Cara Mendukung Ekonomi Lokal Selama Krisis

JEDA.ID-Ada banyak cara untuk mendukung ekonomi lokal selama krisis akibat pandemi Covid-19 ini. Yang jelas, ketika kita mendukung ekonomi lokal itu kita sama saja membantu perekonomian cepat pulih.

Yang paling utama di antara dampak tersebut adalah jumlah penutupan bisnis yang menakjubkan.

Setiap krisis berpotensi melemahkan ekonomi lokal, menyebabkan kesulitan keuangan dan sosial yang serius bagi anggota komunitas tersebut.

Berapa Kali Orang Perlu Disuntik Vaksin Covid-19 Supaya Kebal?

Efek riak dapat berdampak pada konsumen, bisnis lain, dan bahkan pejabat lokal, menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada komunitas.

Untungnya, komunitas tersebut juga memiliki kesempatan yang tak tertandingi untuk membantu menopang bisnis yang sedang berjuang dan menyediakan jaring pengaman bagi karyawan, pemilik bisnis, dan konsumen.

Cobalah saran berikut untuk menopang komunitas bisnis dan ekonomi lokal Anda selama musim liburan dan setelahnya. Ada banyak cara mendukung ekonomi lokal yang bisa Anda praktikkan.

Berikut ini cara mendukung ekonomi lokal seperti dikutip melalui Entrepreneur dan Bisnis.com, Rabu (9/12/2020).

1. Dekorasi tempat kerja.

Apakah kantor Anda perlu dirapikan dengan cepat? Carilah pilihan dekorasi yang terjangkau dan bergaya dari bisnis lokal. Carilah tanaman baru dari pembibitan dan pusat berkebun lokal. Beli karya seni untuk kantor Anda dari seniman, pengrajin, dan bisnis kerajinan lokal.

Metode ILA Bisa Kurangi Rasa Sakit Selama Persalinan, Benarkah?

Anda juga dapat berbelanja di toko perangkat keras lokal untuk perbaikan cat, kabinet penyimpanan, dan perlengkapan pencahayaan daripada mengunjungi toko rantai perbaikan rumah ternama.

2. Pesan makanan untuk tim Anda.

Salah satu segmen komunitas bisnis yang paling terpukul adalah sektor jasa makanan dan minuman. Bar dan restoran lokal Anda mungkin terpaksa ditutup sama sekali, atau hanya melayani take out.

Mengapa tidak membantu mereka dan memberi penghargaan pada tim Anda pada saat yang bersamaan? Manjakan staf Anda untuk makan siang dari restoran lokal menggunakan pengiriman ke kantor atau tempat tinggal mereka yang bekerja dari jarak jauh. Seharusnya tidak ada masalah untuk mengirim beberapa pengiriman makanan individu ke anggota tim Anda di kantor pusat mereka.

3. Berlangganan koran lokal.

Industri berita dan media telah mengalami serangkaian pukulan bahkan sebelum krisis melanda. Dukung jurnalisme lokal dan outlet berita lokal Anda dengan membeli langganan digital ke koran lokal untuk karyawan.

4. Rekrut pekerja secara lokal.

Di samping karyawan yang Anda pekerjakan, mungkin Anda akan perlu mencari tenaga tambahan, keahlian atau keterampilan khusus untuk proyek tertentu, area lokal Anda mungkin memiliki apa yang Anda butuhkan. Banyak orang kehilangan pekerjaan awal musim semi ini dan sekarang beralih ke pekerja lepas dan wirausaha untuk bertahan hidup.

Lakukan outsourcing sebanyak untuk pekerja freelancer bila memungkinkan. Saat Anda melindungi bisnis baru mereka, Anda juga memberikan lebih banyak uang ke dalam sirkulasi di komunitas lokal Anda.

5. Bangun jaringan lokal

Dengan anggaran pemasaran yang sangat tipis atau bahkan dihentikan sama sekali, banyak bisnis lokal di area Anda dipaksa untuk menjadi kreatif dalam mencari prospek dan pelanggan baru. Kabar dari mulut ke mulut, yang selalu merupakan bentuk pemasaran organik ampuh, dapat membantu menjaga bisnis yang sedang berjuang tetap hidup.

Anda dapat membantu proses ini dan mendapatkan keuntungan untuk bisnis Anda sendiri dengan bergabung dengan situs jaringan berbasis komunitas loka. Aktiflah dalam grup atau situs tersebut dengan berpartisipasi dalam diskusi, menjawab pertanyaan, dan merekomendasikan bisnis yang Anda kenal kepada orang-orang yang mencari layanan atau barang tertentu.

6. Pekerjakan guru sebagai tutor

Saat krisis berlanjut, banyak distrik sekolah memilih untuk tidak melakukan pembelajaran tatap muka. Beberapa guru juga terpaksa mengundurkan diri dari jabatannya karena masalah keluarga dan kesehatan.

Hasil Survei: Punya Akun Anonim untuk Jaga Reputasi di Medsos

Pertimbangkan untuk menyewa satu atau beberapa pendidik profesional ini untuk membantu perusahaan Anda membuat bimbingan belajar atau ruang sekolah untuk anak-anak karyawan Anda.

7. Beli hadiah

Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi toko-toko lokal untuk mendapatkan hadiah yang unik dan bermakna bagi semua orang di daftar Anda. Meskipun toko favorit Anda tutup untuk penjualan offline, hubungi dan tanyakan tentang pembelian kartu hadiah atau voucher untuk hadiah liburan.

Berikan kepada karyawan dan orang lain, dan dorong mereka untuk berbelanja pada saat yang aman untuk melakukannya.

8. Dukung inisiatif amal lokal

Ketika ekonomi sedang berjuang untuk mendapatkan kembali pijakannya, sumbangan amal juga terpukul. Itu berarti yayasan lokal dan kelompok layanan masyarakat Anda mungkin berjuang untuk memenuhi misi mereka. Donasikan sebanyak yang dapat dikelola bisnis Anda, terutama untuk grup yang menawarkan layanan penting bagi orang yang kehilangan pekerjaan atau perumahan.

9. Tinggalkan ulasan positif

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan ulasan bagus di mana pun Anda bisa. Sebagian besar konsumen ingin melihat ulasan independen untuk bisnis kecil dan menengah yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Banyak situs web bisnis akan dengan senang hati menerima dan menampilkan testimonial secara langsung. Berikan pujian sespesifik mungkin terhadap bisnis lokal yang Anda dukung, dan dorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.