Tips Turunkan Kolesterol Tinggi dalam 7 Hari

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

JEDA.ID–Konsumsi daging yang berlebih akan meningkatkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi akhirnya bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti batu empedu, hipertensi, hingga serangan jantung.

Saat Iduladha tentu sangat sulit menghindari konsumsi daging. Meski begitu salah satu yang harus diperhatikan adalah mengantisipasi agar kolesterol tinggi tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Apabila kadar kolesterol tinggi dalam tubuh sudah mencapai angka bahaya, tentu harus memulai berpikir untuk menurunkannya. Sebenarnya cara menurunkan kolesterol tidak terlalu sulit.

Berikut ini adalah panduan diet dari Lisa Guy, seorang ahli gizi, yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan kolesterol tinggi hanya dalam tujuh hari sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), depkes.go.id, Sabtu (10/8/2019).

Senin

kolesterol tinggi

Buah dan sayuran bisa menurunakn kolesterol (Freepik)

Di hari pertama ini Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya nutrisi penting. Sayur dan buah kaya akan serat yang mempunyai efek untuk menyerap kolesterol jahat. Konsumsilah sayuran dan buah yang bervariasi setiap harinya agar tidak bosan.

Selasa

Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tidak sehat, lemak trans, dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Membatasi asupan makanan cepat saji maupun junk food adalah salah satu caranya.

Di samping itu, pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega, lalu pilih juga produk susu yang rendah lemak, serta hindari lemak dari kulit unggas dan daging.

Rabu

Masaklah makanan dengan minyak zaitun. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Minyak sehat ini mempunyai ambang batas oksidasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak tak jenuh tunggal lainnya serta lebih stabil pada suhu yang tinggi.

Hal ini membuat minyak zaitun lebih tahan terhadap pembentukan lemak trans dan hidrogenerasi. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kamis

Konsumsi bawang putih lebih banyak. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Bawang putih juga berkontribusi dalam mengencerkan darah yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi risiko jantung.

Penelitian lain menunjukkan bahwa di beberapa negara yang mayoritas penduduknya memiliki kebiasaan makan bawang putih setiap hari diketahui mempunyai risiko penyakit jantung yang rendah.

Jumat

Konsumsi lebih banyak sayur dari keluarga kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang lentil, dan buncis. Makanan-makanan tersebut sangat baik untuk orang yang kadar kolesterolnya tinggi.

Selain rendah lemak, sayuran tersebut kaya nutrisi penting seperti zat besi, lemak tak jenuh, dan vitamin B. Lebih jauh lagi, sayuran tersebut mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sabtu

oatmeal

Ilustrasi oatmeal (Freepik)

Sarapanlah dengan oatmeal. Oatmeal adalah makanan kaya serat yang baik bagi kesehatan jantung. Oat mengandung nutrisi penting seperti zat besi, vitamin E, dan vitamin B. Oat merupakan sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan memperkecil risiko penyakit jantung.

Minggu

Konsumsilah kacang-kacangan yang mengandung lemak tak jenuh. Pilihlah kacang yang rendah lemak seperti hazelnut, walnut, dan almond. Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa makanan yang mengandung lemak tak jenuh memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Itulah tips menurunkan kolesterol tinggi dalam waktu tujuh hari. Layak dicoba bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi setelah Hari Raya Kurban.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.