Susah Didapat, Ini 4 Bahan Makanan Paling Langka di Dunia

Ada beberapa bahan makanan yang dianggap langka, karena untuk mendapatkannya terbilang cukup sulit dan tidak sembarangan.

JEDA.ID — Ada beberapa bahan makanan yang dianggap langka, karena untuk mendapatkannya terbilang cukup sulit dan tidak sembarangan.

Bahan makanan ini biasanya hanya ada tempat-tempat tertentu saja atau cara mendapatkannya tak mudah. Tak heran, bahan makanan ini juga dikenal dengan harganya yang mahal.

Dilansir dari detik.com dan berbagai sumber lainnya, berikut setidaknya empat bahan  makanan terlangka di dunia.

Sering Dianggap Sama, Pilih Sleeping Mask atau Night Cream, Ya?

1. Saffron

Tanaman yang banyak dijumpai di India dan sekitarnya ini memiliki proses penanaman yang panjang sehingga membuat rempah ini langka. Rempah ini berasal dari bunga saffron crocus dan sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu.

Jumlahnya terbatas dan cukup langka karena saffron hanya bisa tumbuh di dalam kondisi cuaca tertentu. Kisaran harganya melonjak tajam sekitar US$ 5.000 (Rp70 juta) per 450 gramnya.

Untuk mengatasi kelangkaan saffron, banyak produsen saffron yang memberikan rempah lain dengan warna serupa. Tidak hanya untuk makanan, sekarang ini tanaman tersebut juga banyak digunakan sebagai kandungan dalam kosmetik-kosmetik yang sekarang ramai di pasaran.

2. Kobe beef

Kobe beef (istimewa)

Kobe beef (istimewa)

Bagi penggemar makanan mewah pasti sudah tidak asing dengan Kobe beef, atau daging sapi dari kota Kobe yang ada di Jepang. Dilansir dari liputan6.com, Kobe beef atau akrab dikenal juga dengan sebutan daging Wagyu diproduksi Prefektur Hyogo, Jepang. Proses menghasilkan daging sapi Kobe dipantau dan diperhatikan secara hati-hati sehingga memiliki tekstur kelembutan yang berbeda.

Sapi-sapi premium ini hanya memakan rumput terbaik dan diberi minum bir agar tubuh mereka tenang. Para sapi ini juga mendapatkan perlakuan khusus seperti sesi pijit setiap hari agar daging mereka empuk. Kemudian tak sembarangan sapi bisa lolos uji sebagai Kobe beef.

Daging sapi ini harus melalui proses marbling yang cukup lama. Meski peminatnya banyak, Kobe beef hanya diproduksi di kota Kobe saja yang membuatnya cukup langka. Kisaran harganya bisa mencapai US$1.000 (Rp 17,5 juta) per kilogramnya.

3. Semangka hitam

Semangka hitam (istimewa)

Semangka hitam (istimewa)

Semangka hitam atau Densuke yang terkenal dengan tampilannya yang hitam serta ukurannya yang besar. Semangka ini biasanya ditanam di wilayah utara Jepang, tepatnya di Hokkaido.

Setiap tahunnya hanya terdapat 70 buah semangka Densuke yang bisa dipanen dan dijual sehingga tingkat kelangkaannya di dunia sangat tinggi dibangdingkan semangka pada umumnya. Belum sempat ada di rak supermarket, semangka ini biasanya habis dilelang. Bahkan satu buah semangka Densuke pernah dilelang hingga harganya mencapai US$6.000 (Rp99 juta).

Halau Virus Corona Melayang di Ruang Ber-AC, Ini Saran Dokter Reisa

4. Jamur matsutake

Jamur Matsutake (istimewa)

Jamur Matsutake (istimewa)

Negara dengan produsen jamur terbesar di dunia diantaranya, yaitu Amerika, Kanada, hingga China. Namun tak semua negara memiliki jamur matsutake. Jamur matsutake atau dikenal juga sebagai jamur pinus, termasuk ke dalam jamur langka yang tumbuh di wilayah China, Jepang, dan Korea.

Menurut data yang ada jamur matsutake dulu dikenalkan pertama kali lewat hidangan Jepang. Kini jamur matsutake menjadi salah satu jamur paling langka dan didunia karena sulit sekali untuk ditanam. Kisaran harga jamur matsutake ini bisa mencapai US$2.000 (Rp33 Juta) per buah atau beberapa ratus gram.

Nah, itu dia beberapa bahan makanan langka di dunia. Tertarik untuk mencoba? Atau malah sudah pernah mencoba?

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.