Sering Dianggap Sama, Pilih Sleeping Mask atau Night Cream, Ya?

Sama-sama dipakai sebagai tahap akhir perawatan kulit pada malam hari sebelum tidur, sekilas tak ada perbedaan signifikan antara night cream dan sleeping mask.

JEDA.ID – Mungkin ada yang masih bingung, apa sih bedanya night cream dan sleeping mask? Sama-sama dipakai sebagai tahap akhir perawatan kulit pada malam hari sebelum tidur, sekilas tak ada perbedaan signifikan antara night cream dan sleeping mask.

Namun, ternyata isi kandungan dan tujuan pemakaiannya bisa berbeda, hlo.
Memiliki wajah yang lembap, kenyal, bersih tentu tidak bisa didapati dengan instan. Salah satu skincare yang terbilang cukup berpengaruh bagi kesehatan kulit wajah adalah memakai skincare sambil tidur semalaman. Ketika bangun di pagi hari, wajah Anda akan terasa fresh dan lembap.

Nah, apakah Anda tahu jika skincare malam antara sleeping mask dan night cream adalah jenis yang berbeda?

Kedua produk ini serupa namun tak sama. Night cream bisa dipakai setiap hari, sedangkan sleeping mask bisa dipakai 2-3 kali sepekan. Lalu apalagi perbedaan di antara keduanya? dan manakah yang lebih baik?

Berikut akan kita ulas tentang sleeping mask dan night cream dilansir dari berbagai sumber.

Tak Hanya Hagia Sophia, 8 Tempat Ibadah di Dunia Ini Juga Berubah Fungsi

Apa itu night cream?

Seperti namanya, night cream atau krim malam merupakan krim wajah yang Anda aplikasikan pada malam hari sebelum tidur. Gunanya adalah untuk mengunci seluruh skincare yang sudah dipakai dan menjaganya agar tetap lembap hingga esok hari. Tujuan utama night cream memang untuk melembapkan dan menutrisi kulit wajah.

Seperti dilansir dari klikdokter.com, krim malam sebenarnya adalah terminologi yang sering digunakan untuk krim yang digunakan pada malam hari. Disebut krim malam sebab krim ini mengandung zat yang lebih baik digunakan pada malam hari, yaitu retinoid. Kandungan tersebut biasanya ditemukan pada krim malam racikan dokter kulit.

Retinoid merupakan turunan retinol, vitamin A. Zat ini bermanfaat untuk peremajaan atau rejuvenasi kulit sehingga sangat baik digunakan secara rutin.

Apa itu sleeping mask?

Sleeping mask adalah skincare yang khusus dirancang untuk memperkuat hidrasi layaknya Anda melakukan perawatan kulit khusus. Ingredients yang dipakai dalam kandungan sleeping mask salah satunya adalah gliserin.

Seperti dilansir dari klikdokter.com, gliserin yang ditambahkan di dalam masker akan memperbaiki fungsi hidrasi kulit. Jadi, adanya kandungan gliserin dapat melembapkan dan mencegah kulit kering. Selain itu, gliserin juga bisa memperbaiki elastisitas kulit.

Dari sisi khasiat, bahan aktif yang dipakai dalam sleeping mask lebih baik dibandingkan night cream karena memiliki kandungan kelembapan ekstra yang lebih tinggi, mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya yang mampu memperbaiki sel-sel kulit, mencerahkan kulit wajah, serta mengandung zat anti-aging yang dapat melindungi kulit Anda dari penuaan dini, lho.

Beda Krim Malam dengan Sleeping Mask

Berdasarkan fungsi dan intensitas pemakaiannya, night cream dan sleeping mask umumnya memiliki kandungan bahan untuk menghidrasi kulit dan satu hingga dua bahan aktif dengan fungsi khusus. Fungsi khusus di sini misalnya anti-aging, pencerah, memperbaiki tekstur atau mengobati jerawat.

Jadi apa bedanya? Bedanya adalah konsentrasi dari kandungannya. Sebagai masker yang merupakan perawatan tambahan, sleeping mask memiliki konsentrasi kandungan bahan aktif yang jauh lebih tinggi dibandingkan ninght cream biasa.

Penyebab Kasus Hand Sanitizer Bisa Picu Alergi Parah

Cara Pemakaian

Sleeping mask bisa Anda gunakan setelah menggunakan night cream, khususnya untuk Anda yang kulitnya cenderung kering. Namun Ingat, perhatikanlah kandungan bahan aktif yang ada pada night cream dan sleeping mask Anda agar tidak bertabrakan.

Jika takut terlalu berat bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda bisa melewatkan night cream dan langsung memakai sleeping mask. Lalu Anda perlu mencucinya, yaitu saat bangun di pagi harinya, dengan menggunakan sabun pencuci wajah.

Jangan Lupakan Pelembap

Satu hal yang pasti, Anda wajib menggunakan pelembap di malam hari untuk mengunci semua skincare yang Anda pakai dan melembapkan kulit selama tidur. Baik itu pelembap biasa (yang bisa dipakai di siang hari) atau pun night cream (khusus untuk pemakaian malam hari).

Namun untuk sleeping mask, sifatnya lebih pada pilihan dan sesuai kebutuhan kulit. Anda tidak wajib menggunakan sleeping mask. Namun, jika Anda merasa kulit butuh nutrisi lebih karena kering, dehirasi, kusam, banyak bekas luka, atau berjerawat, maka memberikan asupan nutrisi lebih lewat sleeping mask bisa jadi salah satu pilihan yang tepat.

Terpenting adalah Anda menggunakan night cream dan sleeping mask yang sesuai dengan masalah dan jenis kulitmu sehingga tidak menimbulkan iritasi atau break out. Jadi, mana yang lebih baik? Jawabannya tergantung kebutuhan kulit Anda, ladies.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.