Siapkan Nyali Bila Ingin Mencoba 6 Kuliner Ekstrem di Indonesia Ini

Setiap orang pasti suka dengan kuliner, namun mungkin tak semua orang bisa menikmati kuliner ekstrem.

JEDA.ID—Setiap orang pasti suka dengan kuliner, namun mungkin tak semua orang bisa menikmati kuliner ekstrem.

Setiap tempat pasti memiliki kuliner khas masing-masing yang pastinya memiliki penikmat sendiri-sendiri. Dalam hal ini kekhasan pada kuliner tidak hanya terdapat dalam cita rasa yang enak saja, namun ada juga beberapa jenis kuliner yang memiliki ciri khas yang ekstrem.

Ternyata di Indonesia juga ada beberapa makanan esktrem yang mungkin bisa Anda coba. Yuk, ketahui apa saja kuliner yang termasuk ke dalam kuliner ekstrem di Indonesia dilansir oleh phinemo.com dan sumber lain.

Kematian Global Tembus 600.000 Jiwa Akibat Corona, Setop 5 Kebiasaan Ini

1. Rempeyek Laron

Rempeyek adalah kerupuk yang terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng hingga membentuk tekstur renyah. Rempeyek ini, bisa kalian ditemukan di daera Jombang, Jawa Timur.

Yang membedakan rempeyek ini dengan yang lain adalah adanya laron pada kudapan satu ini. Walaupun dengan adanya hewan kecil di rempeyek ini, tetapi jangan remehkan dengan rasa yang disajikan loh , meski sedikit berbau amis tapi rasanya tetap gurih.

2. Botok Tawon

Mendengar kata Tawon pasti membuat bulu kuduk merinding. Siapa yang tidak takut dengan hewan satu ini, hewan yang terkenal dengan sengatannya. Meskipun demikian di daerah Jombang, Jawa Timur hewan satu ini malah digunkan untuk membuat botok tawon. Botok sendiri adalah makanan yang terbuat dari ampas kelapa yang dipadukan biasanya dengan petai cina, tahu, teri atau udang.

3. Tokek goreng

Di daerah bilangan Lokasari, Mangga Besar, Jakarta terdapat satu rumah makan yang menyediakan menu tokek goreng. Tokek sendiri diyakini dapat menyembukan penyakit seperti gatal kulit dan asma. Pada proses pengolahannya, tokek ini kuliti terlebih dahulu, dibuang jeroannya, lalu cuci bersih dan diolah dengan dilumuri bumbu terlebih dahulu. Wah, sangat ekstrim ya makanan satu ini.

Ashanty Hampir Jadi Korban, Catat Tips Agar Tak Kena Tipu Saat Jual Rumah

4. Sate Biawak

Makanan ini cukup populer di daerah Indonesia bagian Timur. Biawak sendiri diyakini dapat menyembukan penyakit gatal kulit. Tapi bagi kalian yang ingin mencoba sate ini, kalian juga bisa temukan di restoran istana Raja Kobra di bilangan jalan Kapten Tendean-Mampang, Jakarta Selatan.

5. Kelelawar Bumbu Kecap

Kelelawar atau sering disebut dengan nama codot dijadikan salah satu makanan ekstrem yang ada di daerah Manado. Makanan satu ini memiliki racikan bumbu jahe, laos, kecap dan berbagai aneka rempah lainnya yang dipercayai memiliki khasiat untuk menjaga stamina laki-laki maupun wanita.

6. Ulat Sagu

Hewan satu ini memiliki protein yang tinggi, kalian bisa menemukan hewan ini di pohon sagu dan pohon kelapa yang sudah mati. Kudapan ini berasal dari Papua, Maluku, dan NTB. Bagi beberapa orang, mereka dapat menikmati ulat sagu dengan kondisi mentah tanpa ada proses pemasakan.

Nah, itulah sejumlah makanan ekstrem di Indonesia. Meski masih menuai pro dan kontra keberadaan kuliner ekstrem memang tak bisa dimungkiri. Namun bagi kalian yang memiliki pertimbangan sendiri untuk tidak ingin memakannya, sebaiknya jangan dipaksakan ya.

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.