Kematian Global Tembus 600.000 Jiwa Akibat Corona, Setop 5 Kebiasaan Ini

Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari bahkan dihentikan agar persebaran virus corona tidak meluas dan kesehatan fisik serta mental kita tetap terjaga. 

JEDA.ID--Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari bahkan dihentikan agar persebaran virus corona tidak meluas dan kesehatan fisik serta mental kita tetap terjaga.

Pandemi virus corona terus menyebar ke sedikitnya 188 negara dengan jumlah kasus positif telah menembus angka 14,6 juta kasus dan jumlah kematian menembus angka 600.000 lebih jiwa.

Menurut data worldometers, Senin (20/7/2020), hampir seperempat kematian berada di Amerika Serikat. Sedangkan kasus terkonfirmasi positif di negeri Paman Sam hingga Senin sudah menembus angka 3,8 juta.

Pada hari Sabtu (18/07) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlah kasus baru virus corona di dunia melonjak sebanyak hampir 260.000 dalam 24 jam, penambahan harian terbesar sejak pandemi dimulai.

Menurut WHO, ini kali pertama jumlah infeksi baru harian melampaui angka seperempat juta.

Peningkatan terbesar terjadi di Amerika Serikat, Brasil, India, dan Afrika Selatan. Angka kematian dari virus corona juga naik 7.360 — peningkatan harian terbesar sejak 10 Mei.

Sasar 1,7 Juta Pekerja Terdampak Corona, Ini Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4

Kesalahan Saat di Luar Rumah

Berada di dalam rumah dinilai sebagai hal terbaik yang bisa dilakukan selama pandemi Corona Covid-19. Ini agar kita tidak terpapar virus yang kali pertama muncul di Wuhan, China itu.

Namun, kini kita sudah  memasuki era adaptasi kenormalan baru meski wabah corona belum kunjung berlalu. Kita sudah diperbolehkan beraktivitas di luar rumah dengan mematuhi protokol kesehatan. Sebagian orang sudah mulai bekerja dan membuka usahanya.

Sejumlah tempat yang tadinya tutup seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan juga sudah mulai dibuka. Karena itu, jangan abaikan protokol kesehatan yang harus kita lakukan saat berada di luar rumah.

Dilansir Liputan6 dari Times of India, setidaknya ada lima kesalahan yang bisa melipatgandakan risiko Anda tertular wabah Covid-19 saat keluar rumah, dan karena itu jangan sampai Anda lakukan. Apa saja?

Cara Sederhana Bikin Bahagia saat Pandemi Virus Corona

1. Keluar tanpa masker, pembersih tangan dan tisu

Seberapa jauh dan dekat atau seberapa lama Anda akan pergi ke tempat yang dituju, penting untuk memakai masker wajah setiap kali Anda melangkah kaki di luar pintu.

Bawa juga cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dan tisu. Ingat, orang yang kita temui bisa saja termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menyebarkan wabah corona.

2. Menganggap pandemi corona sudah hilang atau tidak berbahaya

Kita mungkin sering lupa atau menganggap remeh karena pembatasan seperti PSBB atau lockdown sudah dicabut, padahal itu tidak berarti bahwa pandemi corona tidak lagi menjadi ancaman.

Jadi, penting untuk mempraktikkan semua tindakan menjaga jarak sosial dan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan setiap kali Anda keluar dari rumah.

3. Berbelanja yang Tidak Perlu

Saat ini, termasuk di Indonesia, mal-mal atau pusat perbelanjaan sudah dibuka kembali. Jalan-jalan ke mal dan belanja memang menyenangkan, tapi disarankan untuk berlatih menahan diri.

Selama pandemi, prioritas pertama Anda haruslah aman secara finansial sehingga Anda dapat mengurus semua biaya medis atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, tak usah membeli barang yang tidak atau kurang diperlukan.

4. Tidak berhati-hati saat menyentuh benda di luar ruangan

Saat ini adalah waktunya untuk menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang kita sentuh di luar ruangan maupun ruang publik. Karena semakin banyak orang yang kembali ke pekerjaan mereka, sekarang bukan saatnya untuk bersikap masa bodoh ketika harus menyentuh permukaan benda.

5. Menyebar informasi  seputar pandemi corona yang tak jelas

Mengikuti berita tentang meningkatnya jumlah kasus virus corona Covid-19 serta angka kematian memang sangat mengganggu dan pastinya tidak menghibur.

Namun, bukan berarti Anda harus berhenti mengakses berita terbaru soal pandemi corona Covid-19. Tak harus setiap waktu, cukup sediakan waktu luang setiap hari untuk mengetahui tentang berita Covid-19 terbaru, terutama di masa new normal saat ini.

Satu hal yang penting, jangan menyebarkan informasi soal virus corona yang belum kebenarannya. Pastikan informasi itu benar-benar valid sebelum Anda menyebarkan, atau lebih baik cukup berhenti di Anda saja.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.