Sebelum Belanja Online, Cek Nomor Rekening Si Penipu di Sini

Situs cekrekening.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah laman untuk mengecek nomor rekening penipu atau aksi sejenisnya.

JEDA.ID — Jika Anda takut tertipu saat belanja online, Anda bisa mengecek nomor rekening penipu dengan cara di bawah ini.

Perlu diketahui, penipuan belanja online terjadi di mana. Bahkan, menurut data dari Polda Metro Jaya terdapat 2.300 kasus penipuan belanja online selama 2019.

Ini Bahaya Sering Membentak Anak, Salah Satunya Berdampak ke Jantung

“Setahun belakangan laporan polisi untuk rekayasa sosial hingga menjadi penipuan online sekitar 2.300. Jumlah ini banyak kalau dibandingkan dengan subdirektorat lain sekitar 100 laporan per tahun,” ujar Kanit II Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya, Jakarta, AKBP Dhany Aryanda dilansir Liputan6.com, Jumat (24/6/2020).

Tips Belajar Menyetir Mobil! Hindari Latihan Bareng Suami

Maka dari itu, simak tips di bawah ini agar tak tertipu saat belanja online seperti yang dibeberkan oleh kanal Youtube Teknobietermasuk mengecek nomor rekening si penipu.

1. Bandingkan dengan Lapak Sebelah

Membandingkan harga dengan lapak yang lain juga menjadi salah satu cara untuk Anda agar tak tertipu saat belanja online. Biasanya, setiap lapak online harganya tak jauh berbeda.

Susu Almond Lezat dan Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Mau Coba?

Tetapi, jika ada yang menjual dengan harga di bawah pasaran online, urungkan niat Anda untuk membeli produk di lapak tersebut.

2. Jangan Percaya Harga Murah

Perlu diketahui, harga online memang jauh lebih murah dibanding dengan harga offline. Tetapi, Jika penjual memasang promosi diskon yang tak wajar, Anda patut waspada. Bisa-bisa penjual tersebut berniat menipu Anda.

Pakai Bahan Alami, Ini Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Sakit

3. Kalau Curiga Jangan Beli

Seseorang dilahirkan mempunyai insting. Jika calon pembeli curiga dengan harga yang murah dan juga gerak-gerik penjual yang tak wajar, alangkah baiknya untuk tidak membeli produk melalui online.

Cara Terlelap Tidur dalam 2 Menit Ala Militer, yang Insomnia Wajib Baca!

4. Memaksa Segera Transfer

Penjual yang berniat menipu biasanya akan memaksa calon pembeli untuk segera transfer dan menanyakan tiap waktu apakah sudah transfer atau belum.

“Kalau saya pebisnis online yang sibuk saya enggak perlu meyakini orang seperti itu,” kata Founder Digimaru, Michael Sugiharto di dalam video tersebut.

Tanpa Oplas, Begini Bikin Hidung Mancung dengan Cara Alami

5. Jejak Digital

Sebelum Anda membeli produk melalui online, alangkah baiknya untuk mencari jejak digital penjual di mesin pencari Google.

Salah satunya adalah melakukan pengecekan nomor rekening penjual apakah aman atau tidak di situs milik Kementerian Komunikasi dan Informatika, cekrekening.id.

Ini Sejarah Ganja di Indonesia dari Alat Tukar Hingga Bumbu Masakan

Caranya, kunjungi situs cekrekening.id. Kemudian, masukkan nama rekening bank pemilik penjual beserta nomor rekeningnya.

Dan terakhir. klik periksa rekening.

Benarkah Kesurupan Bisa Menular pada Perempuan?

Perhatikan Tips Menghadapi Atasan Buruk Ini Agar Karier Aman

Kumpulan Tips Belanja

 

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.