• Thu, 21 October 2021

Breaking News :

Harbolnas 12.12 Telah Tiba, Ini Tips Belanja Online Anti Kalap

Pandemi Covid-19 mengubah tren berbelanja masyarakat dari offline menjadi online.

JEDA.ID-Harbolnas 12.12 telah tiba pada Sabtu, (12/12/2020) ini. Berbagai aplikasi atau situs belanja online di Indonesia menyediakan diskon atau potongan harga yang menarik pada Harbolnas 12.12 ini.

Momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 membuat konsumen tergiur, bahkan ada yang kehilangan kendali saat berbelanja. Apalagi, beberapa medium belanja online kali ini menyediakan waktu belanja yang lebih lama.

Berdasarkan hasil survei United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD)  pandemi Covid-19 mengubah tren berbelanja masyarakat dari offline menjadi online.

“Pandemi Covid-19 telah mempercepat pergeseran menuju dunia yang lebih digital. Perubahan yang kita lakukan sekarang akan memiliki efek yang langgeng seiring dengan pemulihan ekonomi dunia,” ungkap Mukhisa Kituyi, Sekretaris Jenderal UNCTAD dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (11/12/2020).

Telur Bebek Vs Telur Ayam, Mana yang Punya Nutrisi Lebih Baik?

Namun, karena situasi ekonomi yang sulit saat ini membuat pengeluaran bulanan online rata-rata per orang menjadi menurun. Orang-orang memilih menunda pengeluaran yang lebih besar.

Tak heran, Harbolnas menjadi hari yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan potongan harga yang menarik. Berikut ada beberapa tips belanja online saat Harbolnas 12.12 dikutip dari The Street, Jumat (11/12/2020):

1. Buat Daftar Belanja

Tentukan apa yang Anda inginkan sebelum ikut serta pada hari-H agar mendapatkan barang sesuai dengan keinginan. Peritel biasanya sudah merilis iklan Harbolnas terlebih dahulu, maka jelajahi iklan dan pilih produk dalam kisaran harga Anda.

Saat Anda masuk platform belanja online, fokus pada item yang Anda inginkan dan tolak penawaran menarik lainnya.

Mantab! Ada 4 Pebisnis Baru Masuk Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia

2. Atur Jadwal

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Cari tahu kapan penjualan dimulai dan tandai kalender Anda atau setel pengingat.

Transaksi khusus dalam penjualan online yang lebih besar mungkin tidak akan ditayangkan hingga waktu tertentu. Maka cari tahulah terlebih dahulu.

3. Belanja Lebih Awal

Lonjakan belanja online dan gangguan rantai pasokan selama pandemi dapat menyebabkan penundaan pengiriman yang meluas. Melakukan pembelian lebih cepat dapat memastikan paket Anda tiba tepat waktu. Selain itu, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan item yang paling menarik sebelum terjual habis.

4. Buat Akun di E-Commerce

Siapkan akun online dengan peritel yang ingin Anda kunjungi. Saat Harbolnas tiba, Anda sudah menyimpan informasi pembayaran dan pengiriman Anda. Ini dapat membantu mempercepat proses pembayaran dan menyelesaikan transaksi sebelum barang habis.

5 Kebiasaan Jorok Seleb Hollywood, Mana yang Paling Menjijikkan?

5. Bandingkan Harga

Sebelum menyelesaikan pembelian ada baiknya juga membuka browser baru dengan melakukan penelusuran Google. Anda bisa cek laporan untuk item tersebut dan periksa penawaran yang tersedia dari peritel yang berbeda. Jangan lupa untuk memperhitungkan kupon, poin loyalitas, atau penawaran khusus apa pun.

6. Cari Gratis Ongkir atau Pengiriman yang Murah

Gratis ongkir (ongkos kirim) untuk pesanan minimum yang rendah juga dapat membantu memaksimalkan penghematan saat Harbolnas.

Banyak peritel mengubah kebijakan pengiriman mereka saat musim liburan, sehingga persaingan akan semakin ketat. Namun, pengiriman gratis atau murah bukanlah jaminan di semua tempat.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.