Susu Almond Lezat dan Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Mau Coba?

Manfaat susu almond bagi kesehatan sangat banyak. Tak ada salahnya mengonsumsinya untuk memetik manfaat susu almond.

JEDA.ID-Ada banyak manfaat susu almond bagi kesehatan. Tak hanya lezat, susu almond juga kaya nutrisi. Tips kesehatan kali ini membahas manfaat susu almond.

Susu almond dibuat dengan mencampurkan almond, air dan kemudian menyaring campurannya untuk menghilangkan padatannya. Minuman ini juga memiliki rasa yang enak dan tekstur yang mirip dengan susu biasa. Oleh karena itu, susu almond adalah pilihan populer bagi orang-orang yang mengikuti pola makan vegan dan mereka yang alergi atau tidak toleran terhadap produk susu.

Susu almond bisa didapatkan di sebagian besar supermarket, biasanya di bagian makanan kesehatan. Susu ini tersedia dalam berbagai merek dan rasa. Untuk alasan kesehatan, sebaiknya pilih susu almond yang tidak mengandung tambahan gula.

Ilmuwan Peringatkan Kemungkinan Luwak Indonesia Bisa Munculkan Wabah Baru

Sebagian besar merek juga diperkaya dengan vitamin, mineral, atau protein. Jika tidak mengonsumsi produk olahan susu, Anda mungkin mendapat manfaat dari memilih produk yang diperkaya dengan kalsium ini.

Berikut manfaat susu almond seperti dikutip medicalnewstoday dan detikcom, Sabtu (12/9/2020):

1. Bergizi

Manfaat susu almond yakni mengandung vitamin E, vitamin D, kalsium, dan protein. Kandungan ini lebih mirip dengan susu biasa dalam kandungan nutrisinya.

Namun tubuh tidak menyerap beberapa mineral dalam susu almond seperti halnya yang ada dalam susu. Sebab sebagian karena almond mengandung asam fitat, antinutrien yang mengurangi penyerapan zat besi, seng, dan magnesium. Karena itulah susu almond tidak cocok sebagai pengganti susu untuk bayi.

2. Rendah Kalori

Meskipun mengandung 50% lemak, susu almond adalah minuman rendah kalori. Artinya Anda bisa minum banyak-banyak tanpa menyebabkan penambahan berat badan. Hal inilah yang menyebabkan susu ini sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang diet.

Satu cangkir susu almond hanya mengandung 39 kalori, yang merupakan setengah dari jumlah kalori dalam secangkir susu skim. Namun, tidak semua susu almond itu sama. Susu almond buatan sendiri dan merek tertentu mungkin mengandung jumlah kalori yang jauh lebih tinggi, tergantung pada berapa banyak almond yang dikandungnya per cangkir.

Apa Saja Dampak Disuntik Mati Terhadap Ponsel BM?

Selain itu, beberapa produk mengandung gula tambahan, yang harus dihindari orang untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Jadi pastikan untuk memeriksa label nutrisi susu almond di kemasan.

3. Susu Almond Tanpa Pemanis Tidak Meningkatkan Gula Darah

Banyak susu almond di pasaran sarat dengan tambahan gula. Sebaliknya, susu almond bebas gula adalah minuman rendah karbohidrat, yang terdiri dari kurang dari 2% karbohidrat, atau 3,43 gram karbohidrat dalam 1 cangkir.

Karena itu susu almond bermanfaat tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga cocok untuk pengidap diabetes, serta mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat.

4. Bebas Susu Sapi

Susu almond tidak mengandung susu sapi atau produk hewani lainnya. Hal ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk orang-orang yang mengikuti pola makan vegan dan mereka yang tidak toleran laktosa atau alergi terhadap susu.

Banyak orang tidak toleran terhadap gula susu (laktosa) dan tidak dapat mencernanya sepenuhnya. Pada orang-orang ini, laktosa yang tidak tercerna diturunkan ke usus besar, di mana ia difermentasi oleh bakteri, menyebabkan gas berlebihan, kembung, dan diare.

Karena bebas susu sapi, susu almond tidak mengandung laktosa sama sekali. Hal ini yang menyebabkan susu almond cocok dijadikan pengganti susu bagi penderita intoleransi laktosa.

5. Perkuat Tulang Anda

Kalsium sangat penting untuk membangun dan memelihara tulang. Untuk alasan ini, asupan kalsium yang cukup mengurangi risiko osteoporosis, kondisi yang terkait dengan tulang dan patah tulang yang lemah.

Susu almond diperkaya dengan kalsium, menjadikannya sumber nutrisi yang sangat baik. Konsumsi susu almond yang diperkaya secara teratur dapat mengurangi risiko osteoporosis di antara mereka yang tidak mengonsumsi produk susu.
Baca juga: 9 Manfaat Mengejutkan Edamame untuk Kesehatan

6. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Ahli gizi percaya bahwa vitamin E dengan senyawa tanaman bioaktif termasuk polifenol, bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari kacang almond. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Meminumnya secara teratur dapat bermanfaat bagi jantung Anda.

7. Kaya Vitamin D

Manfaat susu almond berikutnya yakni kaya vitamin D. Banyak orang yang kekurangan vitamin D. Hal ini meningkatkan risiko tulang rapuh, kelelahan, dan otot lemah. Mengonsumsi susu almond secara sering dapat membantu mencegah kekurangan vitamin D.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.