Misteri Angela Merkel Gemetaran

Tremor pada tangan umumnya terjadi pada tangan yang sering digunakan, namun bisa juga terjadi pada keduanya.

JEDA ID–Kanselir Jerman Angela Merkel menjadi sorotan karena terlihat gemetar ketika menemui Perdana Menteri Antti Rinne di Berlin, Jerman. Sekitar satu bulan terakhir, Angela Merkel gemetaran hingga tiga kali.

Merkel menjadi Kanselir Jerman sejak 22 Novermber 2005. Perempuan yang lahir pada 17 Juli 1954 di Hamburg, Jerman ini kali pertama terlihat gemetar ketika menyambut Presiden baru Ukraina Volodymyr Zelensky di bawah terik matahari, Selasa (18/6/2019) di Berlin, Jerman. Merkel mengatakan dirinya mengalami dehidrasi karena cuaca yang panas.

Suhu di Berlin saat itu mencapai 28 derajat Celcius ketika orkes militer memainkan lagu kebangsaan dari kedua negara. Setelah lagu kebangsaan selesai dimainkan, Merkel terlihat lebih tegap dan mampu berjalan dengan normal bersama Presiden Volodymyr.

Dia juga sempat memberi salam kepada orkes militer yang baru memainkan lagu kebangsaan sebelum melanjutkan berjalan menuju gedung bersama Presiden Ukraina.

Diwawancarai setelah penyambutan tersebut, Merkel tersenyum ketika wartawan menanyakan apakah kondisinya saat ini perlu dikhawatirkan, “Setelah itu saya minum tiga gelas air, sekarang saya sudah merasa baikan,” kata dia.

Gejala gemetar kembali muncul ketika dia menghadiri acara pelantikan Menteri Kehakiman di Berlin pada Kamis, (27/6/2019). Ia berdiri di samping Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier. Angela Merkel gemetaran ketika Presiden Jerman menyampaikan pidato. Dia sempat ditawari air minum namun menolaknya.

Sekitar 30 menit setelah acara selesai, Angela Merkel terlihat lebih sehat. Juru bicara Merkel, Steffen Seibert, menyangkal kekhawatiran mengenai kondisi kesehatan Kanselir Jerman tersebut.

Angela Merkel gemetaran untuk kali ketiga saat menyambut Perdana Menteri Finlandia, Antti Rinne pada Rabu (10/7/2019). Tubuhnya mulai terlihat gemetar ketika lagu kebangsaan dimainkan.

Satu jam setelah kejadian itu, Merkel menghadiri konferensi pers dan menjelaskan kepada wartawan bahwa kondisinya baik-baik saja. “Saya baik-baik saja, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ungkapnya.

Kondisi kesehatan Angela Merkel memang tidak diketahui secara pasti oleh publik. Hukum privasi di Jerman sangat ketat sehingga sulit untuk mencari kepastian mengenai penyakit yang diderita oleh Angela Merkel saat ini. Kendati demikian, banyak teori mengenai kondisi kesehatan Angela Merkel saat ini.

Faktor Pemicu

Dokter Monah Mansoori menjelaskan ada beberapa faktor yang dapat memicu tangan atau tubuh gemetar. Penyakit parkinson menjadi salah satu penyebabnya. Ia juga menambahkan kemungkinan terburuknya adalah penyakit stroke, tetapi konsumsi kafein yang berlebih juga mampu menjadi pemicu seorang mengalami gemetar.

Penyakit tremor dan parkinson menjadi sorotan utama setelah Merkel terlihat gemetar untuk kali ketiga. Kedua penyakit tersebut memang memiliki hubungan dengan gejala gemetar yang diderita oleh Merkel.

Tremor memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah tremor esensial. Tremor ini terjadi ketika penderita gemetaran pada bagian tubuh saat hendak digerakkan. Tremor pada tangan umumnya terjadi pada tangan yang sering digunakan, namun bisa juga terjadi pada keduanya. Kondisi ini belum diketahui penyebab dan pengobatannya.

Parkinson sendiri merupakan penyakit kronis yang mengganggu fungsi otak dan koordinasi gerakan tubuh. Tremor pada penyakit parkinson justru terjadi saat penderita diam atau saat otot sedang tidak digunakan dan berkurang ketika penderita bergerak.

Meskipun tangan gemetar pada penyakit parkinson memiliki sifat khas yang dapat dibedakan dengan tremor esensial, namun gejala kedua penyakit ini dapat memburuk bila tidak segera ditangani.

Sedangkan gejala tangan gemetar yang ringan atau bukan disebabkan oleh penyakit umumnya dapat membaik sendiri. Hal ini berlaku untuk tangan gemetar akibat stres, kedinginan, kelelahan, atau konsumsi kafein dan alkohol yang berlebih.

Ditulis oleh : Akhdan Fahmi/Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.