Tutup Iklan

Kenali Penyebab Diabetes dan Gejala Awalnya

Mengenali penyebab diabetes sejak awal bisa memungkinkan kita terhindar dari diabetes.

JEDA.ID-Penyebab diabetes bervariasi tergantung pada genetik, riwayat keluarga, etnis, kesehatan dan faktor lingkungan. Penyebab diabetes sangat bervariasi dan tergantung pada individu dan jenisnya.

Simak ulasannya di info sehat dan tips kesehatan kali ini. Mengutip dari Diabetes.co.uk, Selasa (16/2/2021), pemicu diabetes tipe 1 sangat bervariasi dari penyebab diabetes gestasional. Demikian pula penyebab diabetes tipe 2 berbeda dengan penyebab diabetes tipe 1.

Pemicu diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 adalah resistensi tubuh terhadap insulin. Berikut ini penyebab diabetes seperti dikutip dari Bisnis.com, Selasa (16/2/2021):

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh sistem kekebalan yang menghancurkan sel-sel di pankreas yang membuat insulin. Hal ini menyebabkan diabetes dengan meninggalkan tubuh tanpa cukup insulin untuk berfungsi secara normal.

Baca Juga: Mengenal Cryptic Pregnancy, Seseorang Tidak Menyadari Kehamilannya

Ini disebut reaksi autoimun, atau penyebab autoimun, karena tubuh menyerang dirinya sendiri.
Tidak ada penyebab diabetes spesifik, tetapi pemicunya adalah infeksi virus atau bakteri, racun kimiawi di dalam makanan dan komponen tak teridentifikasi menyebabkan reaksi autoimun.

Disposisi genetik yang mendasari juga bisa menjadi penyebab diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 2

Penyebab diabetes tipe 2 biasanya multifaktorial – lebih dari satu penyebab diabetes yang terlibat. Seringkali, faktor yang paling menonjol adalah riwayat keluarga diabetes tipe 2. Ini adalah penyebab diabetes tipe 2 yang paling mungkin.

Ada berbagai faktor risiko diabetes tipe 2, salah satu atau semuanya meningkatkan kemungkinan berkembangnya kondisi tersebut. Faktor penyebab diabetes tipe 2 adalah

1. Kegemukan

2. Menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak

3. Bertambahnya usia

4. Diet yang buruk

Penyebab diabetes tipe 2 lainnya seperti kehamilan atau penyakit dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 2

Baca Juga: Lupa EFIN Saat Mau Lapor SPT Pajak? Begini Solusinya

Diabetes gestasional

Penyebab diabetes dalam kehamilan yang juga dikenal sebagai diabetes gestasional masih belum diketahui. Namun, ada sejumlah faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan berkembangnya kondisi ini:

1. Riwayat keluarga diabetes gestasional

2. Kegemukan atau obesitas

3. Menderita sindrom ovarium polikistik

4. Pernah memiliki bayi besar dengan berat lebih dari £ 9

Pemicu diabetes gestasional mungkin juga terkait dengan etnis – beberapa kelompok etnis memiliki risiko diabetes gestasional yang lebih tinggi.

Penyebab diabetes lainnya

Ada berbagai pemicu diabetes potensial lainnya. Ini termasuk yang berikut:

1. Pankreatitis atau pankreatektomi sebagai penyebab diabetes. Pankreatitis diketahui meningkatkan risiko diabetes, seperti pankreatektomi.

2. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Salah satu akar penyebab PCOS adalah resistensi insulin terkait obesitas, yang juga dapat meningkatkan risiko pradiabetes dan diabetes tipe 2.

3. Sindrom Cushing. Sindrom ini meningkatkan produksi hormon kortisol, yang berfungsi untuk meningkatkan kadar glukosa darah. Kortisol yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes.

4. Glukagonoma. Penderita glukagonoma mungkin mengalami diabetes karena kurangnya keseimbangan antara tingkat produksi insulin dan produksi glukagon.

5. Diabetes yang diinduksi steroid (diabetes steroid) adalah bentuk diabetes langka yang terjadi karena penggunaan terapi glukokortikoid dalam waktu lama.

Baca Juga: Amankah Orang dengan Penyakit Lupus Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Penjelasannya

Gejala Diabetes

Berikut beberapa gejala diabetes yang wajib Anda ketahui dan segeralah temui dokter, jika mengalami gejala berikut ini:

1. Banyak buang air kecil (kencing), seringkali pada malam hari
2. Merasa sangat haus

3. Menurunkan berat badan tanpa mencoba
4. Sangat lapar

5. Memiliki penglihatan kabur

6. Memiliki tangan atau kaki yang mati rasa atau kesemutan

7. Merasa sangat lelah

8. Memiliki kulit yang sangat kering

9. Memiliki luka yang sembuh perlahan

10. Memiliki lebih banyak infeksi dari biasanya

Gejala Diabetes Tipe 1

Orang yang menderita diabetes tipe 1 mungkin juga mengalami mual, muntah, atau sakit perut. Gejala diabetes tipe 1 bisa berkembang hanya dalam beberapa minggu atau bulan dan bisa parah.

Diabetes tipe 1 biasanya dimulai saat Anda masih anak-anak, remaja, atau dewasa muda, tetapi dapat terjadi pada semua usia.

Gejala Diabetes Tipe 2

Gejala diabetes tipe 2 sering berkembang selama beberapa tahun dan dapat berlangsung lama tanpa diketahui (terkadang tidak ada gejala yang terlihat sama sekali).

Baca Juga: Hobi Makan Kentang Goreng? Ketahui Efek Buruknya terhadap Kesehatan

Diabetes tipe 2 biasanya dimulai saat Anda dewasa, meskipun semakin banyak anak-anak, remaja, dan dewasa muda yang mengembangkannya. Karena gejalanya sulit dikenali, penting untuk mengetahui faktor risiko diabetes tipe 2 dan mengunjungi dokter jika Anda memilikinya.

Gejala Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional (diabetes selama kehamilan) biasanya muncul di tengah-tengah kehamilan dan biasanya tidak menunjukkan gejala apa pun. Jika Anda hamil, Anda harus menjalani tes diabetes gestasional antara 24 dan 28 minggu kehamilan sehingga Anda dapat membuat perubahan jika diperlukan untuk melindungi kesehatan Anda dan bayi Anda.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.