• Sat, 16 October 2021

Breaking News :

Cara Mudah Mengatasi Kolesterol Naik Setelah Lebaran

Begini lima cara mudah mengatasi kolesterol dalam tubuh naik setelah Lebaran atau Idulfitri. Kira-kira apa saja ya?

JEDA.ID —  Salah satu penyakit yang rentan muncul setelah Lebaran adalah kolesterol dalam tubuh naik.

Sebagaimana diketahui, di momen Lebaran kerap disajikan menu makanan yang berlemak, seperti opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan makanan bersantan lainnya.

Baca Juga: Intip Yuk Gaji Gibran sebagai Wali Kota Solo, Gede Enggak ya?

Makanan bersantan tersebut bisa memicu kolesterol naik setelah Lebaran jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengatasi kolesterol naik setelah Lebaran dengan cara mudah ini, sebagaimana telah dikabarkan Solopos.com pada Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Ini Waktu yang Pas untuk Puasa Syawal, Dilengkapi Bacaan Niatnya

Cara Mengatasi Kolesterol Naik Setelah Lebaran

1. Olahraga

olahraga obesitas

Ilustrasi jogging (Freepik)

Kolesterol naik setelah Idulfitri bisa diatasi dengan rutin berolahraga.

Dengan berolahraga kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang. Cara menurunkan kolesterol secara alami ini juga bisa membuat tubuh sehat hlo.

Baca Juga: Waspada! 5 Penyakit Ini Kerap Mengancam Pasca Lebaran

Contoh olahraga yang bisa kamu lakukan agar kolesterol turun adalah jogging, bersepeda, dan berenang. Lakukan olahraga tersebut secara rutin agar kadar kolesterol jahat dalam tubuh berkurang.

2. Minum Air Jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis

Ilustrasi jeruk nipis (Freepik)

Cara kedua agar kolesterol bisa kembali normal adalah dengan minum air perasan jeruk nipis setiap pagi dan malam hari.

Kandungan flavonoid pada jeruk nipis inilah yang bersifat antioksidan ini bisa membasmi radikal bebas dari tubuh manusia.

Baca Juga: Efikasi Vaksin Sinopharm 78,02 Persen, Adakah Efek Sampingnya?

3. Makan Sayur dan Buah

Ada sejumlah makanan bisa perkuat imunitas usia 40 tahun ke atas (ilustrasi/Freepik)

Ada sejumlah makanan bisa perkuat imunitas usia 40 tahun ke atas (ilustrasi/Freepik)

Kadar kolesterol naik setelah Lebaran bisa diatasi juga dengan memperbanyak makan sayur dan buah.

Kandungan serat dalam sayur dan buah ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Agar manfaatnya maksimal, ahli menyarankan mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

Baca Juga: Catat! Vaksin Gotong Royong Dimulai Setelah Idulfitri

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Ikan salmon cocok untuk jaga imunitas tubuh (Freepik) kolesterol naik setelah lebaran

Ikan salmon (freepik)

Cara keempat untuk mengatasi kolesterol naik setelah Lebaran adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan omega-3.

Beberapa di antaranya adalah ikan salmon, tuna, makarel, sarden, kacang kenari hingga biji chia.

Baca Juga: Potret Kota Terpadat di Jawa Tengah

5. Mengonsumsi Brokoli

Brokoli (addapinch.com) kolesterol naik setelah lebaran

Brokoli (addapinch.com)

Tips terakhir untuk mengatasi kolesterol naik setelah Lebaran adalah dengan rutin mengonsumsi brokoli.

Kandungan serat yang tinggi pada brokoli ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat brokoli yang optimal, kamu bisa merebusnya dan hindari untuk menggoreng brokoli.

Baca Juga: Potret Selvi Ananda Dulu dan Sekarang, Berawal dari Putri Solo

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.