Tutup Iklan

Potret Kota Terpadat di Jawa Tengah

Ini dia lima potret penuhnya kota terpadat di Jawa Tengah yang dipegang oleh Kota Solo. Bagaimana penampakannya?

JEDA.ID — Solo dinobatkan sebagai kota terpadat di Jawa Tengah atau Jateng, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Dengan jumlah penduduk Kota Solo yang mencapai 522.364 jiwa. Dengan jumlah penduduk sebesar itu, dapat diartikan ada 11.353,27 jiwa per kilometer persegi di Kota Bengawan pada 2020.

Baca Juga: Rekomendasi Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2021, Biar Lebaran Jadi Bermakna

Kepala BPS Kota Solo, Totok Tavirijanto mengatakan tingkat kepadatan penduduk di Kota Solo jauh lebih tinggi dibanding Kota Semarang yang merupakan ibu kota provinsi. Maka dari itu, Solo juga ditetapkan sebagai kota terpadat di Jawa Tengah.

Tingkat kepadatan penduduk di Kota Semarang hanya 4.424 jiwa per kilometer persegi. Penduduk di Kota Solo juga 10 kali lebih padat jika dibandingkan dengan kepadatan penduduk rata-rata di Jawa Tengah. Masih berdasarkan hasil sensus BPS, kepadatan penduduk rata-rata di Jateng hanya 1.113 jiwa per kilometer persegi.

Baca Juga: Batal Puasa karena Pekerjaan, Bolehkah?

“Kepadatan Solo itu 2,5 kali lipat dari Semarang. Nah, dari total 522.364 jiwa itu, sebanyak 7,99 persen populasi berumur 15-19 tahun. Mereka menjadi penduduk terbanyak di Solo. Kemudian, disusul usia 20-24 tahun sebanyak 7,86 persen. Lalu, usia 40-44 tahun sebanyak 7,74 persen,” kata dia, kepada Solopos.com, Jumat (19/3/2021).

Berikut ini potret Solo dari udara yang dinobatkan sebagai kota terpadat di Jawa Tengah yang Solopos.com kutip dari video Kota Solo 2021, | Drone View | Kota Terpadat Di Jawa Tengah 2021 di kanal Youtube Explore Merah Putih, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga: Potret Selvi Ananda Dulu dan Sekarang, Berawal dari Putri Solo

Potret Kota Terpadat di Jawa Tengah

1. Sekitar RS Dr Oen Kandang Sapi Solo

Sekitar RS Dr Oen Kandang Sapi Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Foto di atas memperlihatkan padatnya wilayah Kota Solo di sekitar RS Dr Oen Kandang Sapi Solo. Di sekitar rumah sakit tersebut terdapat beberapa fasilitas umum. Beberapa di antaranya, supermarket, pasar, sekolah, hingga perumahan rakyat.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Coba Deh Lakukan 4 Aktivitas Seru Ini Saat Libur Lebaran

2. Sekitar Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo

Sekitar Bank Indonesia Perwakilan Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Foto di atas juga memperlihatkan Solo sebagai kota terpadat di Jawa Tengah. Foto tersebut diambil di sekitar Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo yang terletak di jalan utama Kota Bengawan, tepatnya Jl. Jenderal Sudirman.

Baca Juga: Bersejarah! Ini Menu Sahur Soekarno-Hatta Saat Malam Penyusunan Teks Proklamasi

3. Sekitar Balai Kota Solo

Sekitar Balai Kota Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Masih di Jl Jenderal Sudirman, tepatnya di sekitar Balai Kota Solo terlihat wilayah Solo begitu padat dengan bangunan-bangunan rumah penduduk, gedung sekolah, kantor pemerintahan, perbankan, pasar dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga: Deretan Tragedi Kapal Selam Hilang, Ada yang Berhasil Ditemukan

4. Mojosongo, Solo

kota terpadat di jateng

Rumah penduduk di Mojosongo Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Foto berikutnya yang menunjukan Solo menjadi kota terpadat di Jawa Tengah berada di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres. Di daerah ini memang banyak dibangun pemukiman penduduk sehingga tampak begitu padat.

Baca Juga: Patut Dicoba! Ini 4 Kuliner Khas Angkringan di Solo

5. Jalan DR Radjiman

kota terpadat di jateng

Jalan DR Radjiman Solo, barat Pasar Klewer. (Youtube/Explore Merah Putih)

Pada foto yang menunjukan Solo menjadi kota terpadat di Jawa Tengah ini berlokasi di barat Pasar Klewer, atau tepatnya di Jl DR Radjiman. Di area ini memang banyak pertokoan, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, dan juga fasilitas umum lainnya.

Baca Juga: Ini Deretan Artis yang Kena Reinfeksi Covid-19

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.