8 Kebiasaan Orang Produktif, Bahagia dan Energik

Kunci untuk menjadi bahagia, memiliki energi, dan memiliki kehidupan yang produktif adalah dengan menciptakan sistem dengan ritual atau kebiasaan.

JEDA.ID-Kita tetap bisa kok menjadi orang produktif dan bahagia di masa pandemi Covid-19 ini. Menjadi orang produktif dan bahagia adalah kondisi kepuasan spiritual dan fisik yang luar biasa.

Menjadi orang produktif dan bahagia ini tidak bergantung pada apa yang dilakukan perusahaan Anda untuk Anda, tidak bergantung pada pasangan Anda, pada orang tua Anda. Itu tergantung pada Anda, pikiran Anda, kebiasaan Anda, dan keputusan Anda. Nah untuk menjaga kesehatan mental di saat pandemi, sebaiknya jadilah orang produktif dan bahagia. Ada sejumlah kebiasaan orang produktif. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Dilansir melalui Entrepreneur, menurut penulis algoritma kebahagiaan Mo Gawdat, kebahagiaan itu seperti pergi ke gym. Anda harus berlatih setiap hari, tidak disarankan untuk meninggalkan rutinitas untuk waktu yang lama, dan semakin rajin Anda, semakin baik hasilnya.

Menurut Gawdat, kunci untuk menjadi bahagia, memiliki energi, dan memiliki kehidupan yang produktif adalah dengan menciptakan sistem dengan ritual atau kebiasaan.

Baca Juga: Harus Karantina di RS? Ini Daftar Barang yang Harus Dipersiapkan

Ritual adalah cara terbaik untuk memberi diri kita struktur, kesempatan untuk membuat perubahan positif dalam hidup kita, menciptakan formula untuk merasa lebih baik dan mencapai tujuan kita. Rahasianya adalah menjadikan ritual ini sebagai bagian dari rutinitas harian kita.

Dikutip dari Bisnis.com, Selasa (9/2/2021), berikut ini kebiasaan yang diidentifikasi dalam sistem kebiasaan orang yang bahagia, produktif, dan energik antara lain:

1. Rutinitas pagi

Memulai rutinitas pagi dengan baik merupakan salah satu kunci jadi orang produktif. Ini adalah kumpulan aktivitas yang Anda buat untuk diri Anda sendiri, sebelum memulai hari Anda. Aktivitas yang menuntun Anda pada hari yang menyenangkan dan yang membentuk pola pikir positif.

Hidrasi tubuh Anda, meditasi, olahraga, sarapan sehat, membaca, berbicara dengan anak Anda, minum teh dengan pasangan Anda. Semua ini dilakuakn sebelum berjejaring di media sosial, panggilan telepon, WhatsApp, atau membuka komputer Anda untuk bekerja.

2. Buat rencana harian

Identifikasi bagaimana perasaan Anda hari ini. Identifikasi bagaimana Anda ingin melayani dunia saat ini, bagaimana Anda dapat memiliki dampak yang lebih besar pada orang-orang yang akan Anda hubungi hari ini. Praktik sederhana ini memungkinkan kita untuk lebih perhatian pada hari itu, mengendalikan tindakan kita dan mencapai tujuan kita.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan (ilustrasi Freepik)

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan (ilustrasi Freepik)

3. Aktivitas fisik

Sains membuktikan bahwa olahraga mengoptimalkan otak, suasana hati, dan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, yang mengoptimalkan kinerja Anda. 78% orang yang menganggap dirinya sangat bahagia melakukan aktivitas fisik setidaknya tiga kali sepekan.

Baca Juga: Waspada, Ini Kelompok Usia Penyebar Virus Corona Terbanyak

4. Memilih makanan yang baik untuk otak, dan makanan alami

Makan sehat dikaitkan dengan kepercayaan diri yang lebih baik dan lebih sedikit masalah emosional dan produktivitas yang lebih tinggi. Terlepas dari berat badannya, makan sehat adalah tindakan harga diri dan cinta diri. Apa yang kita makan berkaitan dengan kesehatan kita, tingkat energi kita, konsentrasi kita, dan suasana hati kita.

5. Memiliki hubungan pribadi yang berkualitas

Baca Juga: Mengenal TB Usus, Infeksi yang Diidap Ustaz Maaher Sebelum Meninggal

Studi terpanjang Harvard tentang kebahagiaan menemukan bahwa hubungan yang sehat adalah prediktor paling konsisten dari orang yang bahagia. Memiliki beberapa hubungan dekat juga terbukti membantu kita hidup lebih lama dan kualitas hidup yang lebih baik. Jadi, koneksi dalam hidup kita adalah yang membuat hidup berharga.

6. Tetap sibuk tetapi tidak terburu-buru

Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda terus-menerus terburu-buru, Anda akan merasa sedih. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa tidak melakukan apa-apa juga bisa menjadi bumerang bagi otak. Yang terbaik adalah saat Anda menjalani kehidupan yang produktif tetapi dengan kecepatan yang nyaman. Perluas zona nyaman Anda, tetapi jangan terlalu banyak sehingga Anda merasa kewalahan.

7. Istirahat secara teratur

Meskipun mereka bersemangat dengan pekerjaan mereka, mereka menghormati jadwal dan rutin menjernihkan pikiran mereka di setiap hari dengan menjauh dari layar setiap waktu tertentu.

8. Latih pikiran

Mereka bermeditasi, mereka mengucap syukur, mereka memperhatikan pikiran mereka.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.