5 Penyakit Mematikan Ini Diduga Bukan dari Bumi

Beberapa penyakit mematikan disebut-sebut berasal dari debu komet.

JEDA ID–Semua orang tentu ingin sehat agar bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar. Namun apa jadinya jika penyakit yang derita ternyata penyakit mematikan. Bahkan, dikait-kaitan dengan penyakit yang bukan berasal dari bumi.

Berikut kami sajikan 5 penyakit yang diduga berasal bukan dari bumi sebagaimana dilansir dari listverse.com.

Sapi Gila

Dalam dunia kedokteran, penyakit sapi gila pada hewan ternak dikenal dengan nama bovine spongiform encephalopathy (BSE). Sedangkan pada manusia, penyakit ini dikenal dengan istilah penyakit Creutzfeldt-Jakob (CJD)

Mikroorganisme yang disebut prion merupakan penyebab utama infeksi sapi gila. Penyakit mematikan ini dapat menular ke manusia ketika daging hewan yang terinfeksi dimakan. Penyakit ini bisa menyebabkan demensia dan bahkan kematian.

Para peneliti di India menemukan bahwa mikroba ini diduga berasal dari komet yang melintas di dekat bumi. Komet tersebut meninggalkan jejak debu yang nantinya tertarik oleh gravitasi Bumi. Struktur kimia yang sangat mirip dengan prion telah ditemukan pada debu sisa komet yang melintas.

Flu Spanyol

Pada 1918, dunia dihebohkan dengan Flu Spanyol yang merupakan salah satu wabah paling mematikan sepanjang masa. Penyakit mematikan ini menginfeksi sepertiga dari populasi bumi dan merenggut sekitar 20 juta jiwa.

Astronom Inggris Sir Fred Hoyle memiliki teori tentang asal mula penyakit mematikan ini. Menurutnya, debu komet membawa virus asing yang jatuh ke atmosfer bumi hingga akhirnya menjadi penyakit mematikan.

Virus tersebut Kemudian didorong ke permukaan bumi oleh energi yang dihasilkan dari aktivitas matahari. Aktivitas ini memuncak setiap 11 tahun sekali dan mendorong lebih banyak debu dari atmosfir ke permukaan bumi.

Ebola

penyakit mematikan

Ilustrasi petugas saat menangani penyakit mematikan (Freepik)

Pendarahan hebat berujung kepada kematian yang menyakitkan membuat Ebola menjadi salah satu penyakit mematikan yang paling mengerikan . Wabah Ebola pada 2014 lalu berhasil menyatukan dunia untuk melawan teror ini.

Ashley Dale dari Universitas Bristol Inggris memiliki sebuah teori. Jutaan tahun yang lalu, virus Ebola mungkin telah tiba di bumi dari tabrakan meteor. Virus yang mematikan ini kemudian beradaptasi dengan kondisi planet kita sebelum menemukan inang yang sempurna, seperti manusia.

Meskipun Ashley tidak memiliki cukup bukti, pernyataannya bisa menjadi penjelasan kenapa penyakit mengerikan ini bisa tiba-tiba datang dan menyebar dengan cepat di bumi.

Virus Zika

Virus Zika menjadi salah satu penyakit mematikan yang ditakuti, khususnya pada ibu hamil. Cacat lahir yang disebabkan oleh penyakit ini cukup menakutkan.

Pada sebagian kasus, virus Zika menyebabkan bayi lahir dengan kondisi struktur otak tidak sempurna. Kelainan penglihatan dan pendengaran serta tumbuh kembang yang buruk juga terjadi.

Tetapi kemampuan virus untuk bermutasi dengan cepat menjadi alasan lain yang perlu diperhatikan. Virus ini mampu berubah lebih cepat daripada yang kita bayangkan karena kemampuannya untuk menyerap DNA asing.

Adaptasi cepat ini membuat virus Zika tiba-tiba memiliki kemampuan menular melalui kontak seksual. Menurut peneliti dari University of Buckingham, satu-satunya penjelasan adaptasi virus ini karena penyerapan DNA alien.

Mikroba asing terus-menerus jatuh ke Bumi melalui meteor maupun debu komet. Para peneliti memperkirakan jika tidak segera diatasi, virus ini akan bermutasi di luar kendali dan mengancam umat manusia.

HIV

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Chandra Wickramasinghe, seorang profesor di Buckingham Centre for Astrobiology, Inggris, menganggap virus HIV merupakan virus asing. Ia dan timnya percaya bahwa supervirus seperti HIV masuk ke bumi melalui tabrakan komet.

Mereka juga percaya bahwa virus semacam HIV mungkin menjadi penyebab kepunahan dinosaurus yang sebenarnya. Tidak ada virus dari bumi yang bisa menyebabkan kehancuran seperti HIV.

Itulah lima penyakit mematikan yang dianggap dari luar bumi, sebagian besar disebut dari komet. Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh : Akhdan Fahmi/Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.