• Wed, 1 December 2021

Breaking News :

4 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Berikut ini empat cara atau teknik ampuh untuk mengatasi alias menyembuhkan cegukan saat ibadah puasa Ramadan, tanpa perlu minum!

JEDA.ID — Bagaimana cara mengatasi cegukan saat kamu menjalani puasa?

Sebagaimana diketahui, sebagian orang akan minum air putih untuk menghilangkan cegukan. Tapi, bagaimana jika kamu sedang berpuasa di bulan Ramadan?

Baca Juga: Vaksinasi Saat Puasa, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Ahli kesehatan, dr Sepriani Timurtini Limbong dalam ulasannya di situs kesehatan Klikdokter.com, mengungkap ada cara mengatasi cegukan saat puasa. Apa saja itu?

Berikut ini empat cara mengatasi cegukan saat puasa.

Baca Juga: Lupa Baca Niat Puasa Bisa Bikin Batal?

4 Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

1. Bernapas dalam Kantong Kertas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan saat puasa adalah dengan bernapas dalam kantong kertas.

Caranya pun cukup mudah, kamu hirup udara lalu buang dalam kantong kertas. Ulangi langkah tersebut hingga cegukan hilang.

Baca Juga: Hukum Tes Swab Saat Puasa, Batal Enggak Ya?

Menurut Sepriani, bernapas dalam kantong kertas bisa membuat otot diafragma yang tegang menjadi rileks kembali sehingga cegukan pun juga berhenti.

Akan tetapi, dalam melakukan cara ini diminta untuk tidak menggunakan kantong plastik ya!

Baca Juga: Hukum Mencium Istri Saat Puasa Ramadan, Boleh Enggak Ya?

2. Tekuk Lutut Mengarah ke Dada

Cara kedua untuk mengatasi cegukan adalah dengan menekuk lutut dan mengarahkannya ke dada sedekat mungkin. Tahan posisi tersebut selama dua menit.

Dengan melakukan teknik ini, diafragma akan tertekan sehingga udara dapat keluar.

Baca Juga: Deretan Taman Cantik di Solo, Kota Layak Anak di Indonesia

3. Pijat di Area Ulu Hati

Cara ketiga untuk mengatasi cegukan saat puasa adalah dengan memijat area ulu hati secara lembut.

Lakukan langkah ini selama 20 hingga 30 detik.

Baca Juga: Jam Tangan Hermes yang Dipakai Selvi Ananda Jadi Sorotan, Berapa Harganya?

4. Menahan Napas

Teknik keempat untuk mengatasi cegukan adalah dengan menahan napas.

Caranya sangat mudah, kamu cukup menahan napas dengan 10 hitungan lambat. Lakukan teknik tersebut sebanyak 3-4 kali selama 20 menit hingga cegukan hilang.

Baca Juga: Ini Dia Deretan Wisata Viral di Sekitar Tawangmangu, ke Sini Yuk!

 

 

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.