Victoria’s Secret Rekrut Valentina Sampaio, Ini Model Transgender Lain yang Eksis

Sosok model transgender asal Brasil, Valentina Sampaio baru-baru ini sukses menjadi sorotan banyak setelah resmi direkrut oleh label pakaian dalam ternama dunia, Victoria's Secret.

JEDA.ID-Sosok model transgender asal Brasil, Valentina Sampaio baru-baru ini sukses menjadi sorotan banyak pasang mata. Ia resmi direkrut oleh label pakaian dalam ternama dunia, Victoria’s Secret.

Dilansir dari Liputan6.com, Selasa (6/8/2019), kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh agent Valentina Sampaio. Ia pun sempat membagikan video singkat melalui akun Instagram pribadi. “Never stop dreaming genteee [Jangan pernah berhenti bermimpi ‘gente’ atau berarti orang dalam bahasa Spanyol],” tulis Valentina.

Tak lupa, sang model juga menyertakan tagar mulai dari staytuned, bastidores, new, vspink, campaign, representatividade, diversity, beauty, selfie, life, fashion, usa, vstorm, serta valentinasampaio. Dalam unggahan berbeda, Valentina terlihat tampak potret yang menampilkannya dalam balutan robe putih sembari tersenyum ke kamera. “Backstage click @vspink,” tulisnya.

Banyak yang menganggap bergabungnya Valentina di Victoria’s Secret menjadikannya sebagai model transgender pertama sebagai model di perusahaan itu. Sebelumnya, Victoria’s Secret dikecam karena sikapnya terhadap komunitas transgender. Pada 2018, Ed Razek, chief marketing officer untuk perusahaan induk Victoria’s Secret memicu kontroversi lewat komentarnya dalam sebuah wawancara dengan Vogue.

Kala itu, Ed menyampaikan tidak terpikir bahwa Victoria’s Secret harus menyertakan “waria” dalam peragaan busana. Istilah “waria” dianggap kuno dan menyinggung banyak orang di komunitas LGBT.

Ed pun meminta maaf melalui Twitter. Kabar terbaru, melalui memo internal kepada koleganya, Ed Razek menyampaikan pengunduran dirinya setelah 36 tahun bekerja untuk L Brands, perusahaan yang menaungi Victoria’s Secret.

Merek Terkenal

Selain Valentina Sampaio, sebenarnya banyak model-model transgender yang malang-melintang di cat walk dunia. Kiprahnya pun diperhitungan majalah-majalah hingga merek-merek ternama. Berikut sejumlah model transgender yang eksis di dunia.

1. Andrej Pejic

Andrej Pejic (wikipedia)

Andrej Pejic (wikipedia)

Andrej Pejic adalah model yang dikenal dengan ciri tampilan androgini. Ia lahir sebagai pria di Bosnia dan besar di Australia. Bakat modeling Andrej Pejic dilirik ketika ia berusia 17 tahun saat bekerja di restoran cepat saji McDonalds. Dalam kariernya, Pejic biasa mengenakan koleksi-koleksi pria maupun wanita.

Pada 2014, Pejic menjalani operasi kelamin menjadi wanita. Pejic kemudian menegaskan dirinya hanya akan memperagakan busana-busana wanita. Dalam perjalanan kariernya, Pejic bekerja membawakan rancangan-rancangan desainer ternama seperti Jean Paul Gaultier dan Marc Jacobs. Ia juga tampil di majalah fesyen seperti Elle.

2. Hari Nef

Hari Nef (wikipedia)

Hari Nef (wikipedia)

Pesoho yang lahir pada 21 Oktober 1992 merupakan seorang aktris, model, dan penulis Amerika yang tinggal di Los Angeles. Nef melakukan debut sebagai model di New York Fashion Week Spring 2015. Dia adalah transgender pertama yang muncul di sampul majalah utama Inggris

3. Jenna Talackova

Jenna Talackova (wikipedia)

Jenna Talackova (wikipedia)

Jenna lahir pada 15 Oktober 1988 sebagai pria. Dia dikenal sebagai model dan presenter televisi Kanada, yang mendapat perhatian media pada 2012 ketika ia berhasil memenangi gugatan untuk diizinkan bersaing di Miss Universe Kanada setelah awalnya didiskualifikasi karena merupakan transgender .

4. Geena Rocero

Geena Rocero (wikipedia)

Geena Rocero (wikipedia)

Geena adalah seorang supermodel transgender yang dikenal di Filipina dan Amerika. Dia juga dikenal sebagai advokat transgender yang berbasis di New York City. Geena Rocero mendirikan Gender Proud, sebuah perusahaan produksi media yang menceritakan kisah-kisah komunitas transgender di seluruh dunia untuk meningkatkan keadilan dan kesetaraan. Rocero telah berbicara tentang hak trans di PBB, Forum Ekonomi Dunia, dan Gedung Putih.

5. Lea T

Lea T (wikipedia)

Lea T (wikipedia)

Leandra Medeiros Cerezo, yang dikenal secara profesional sebagai Lea T lahir pada 19 Februari 1981. Model fesyen transgender ini merupakan muse dari Riccardo Tisci, direktur kreatif merek mewah Prancis Givenchy. Nama belakang profesionalnya “T” adalah singkatan dari Tisci. Dia juga merupakan brand ambassador perawatan rambut Amerika, Redken.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.