• Thu, 27 January 2022

Breaking News :

Perkembangan Istilah Banci, Transgender hingga Jadi Transpuan

Transpuan adalah akronim dari sebutan untuk transgender perempuan.

JEDA.ID – Istilah LGBT belakangan ini menjadi cukup populer di kalangan masyarakat. Istilah ini adalah singkatan dari sekelompok orang dengan orientasi seksual unik, salah satu diantaranya adalah transgender yang istilahnya terus berkembang hingga muncul sebutan baru, transpuan.

Di Indonesia ada banyak variasi istilah untuk menyebut transgender yang berkembang sesuai era masing-masing. Di awal milenium, musikus solo Dik Doank sempat bermasalah dengan kelompok waria lantaran salah satu lagunya yang berjudul Digoda Bencong. Istilah “Bencong” dianggap kasar dan melecehkan.

Cara Orang Melihat LGBT di Indonesia

Sebelum kasus ini heboh, istilah “Banci” sudah diterima di kalangan pengguna bahasa prokem. Istilah “Banci” dipakai dalam percakapan sebagai ganti istilah “Waria” sedangkan “Bencong” adalah plesetan dari istilah “Banci.”

Seniman legendaris Betawi, Benyamin Sueb, juga memakai istilah Bencong dalam salah satu filmnya. Berjudul “Betty Bencong Slebor” film bikinan 1978 ini bercerita tentang pembantu rumah tangga waria bernama Betty.

Istilah di KBBI

Sejumlah ahli bahasa menyebut waria berbeda dengan transgender. Waria adalah laki-laki yang lebih suka berperan sebagai perempuan dalam kehidupan sehari-harinya. Di KBBI waria bermakna pria yang bersifat dan bertingkah laku seperti wanita.

Transgender sendiri di KBBI spesifik menyebut seseorang yang mengganti jenis kelamin dengan operasi. Istilah ini disamakan dengan transeksual meskipun sejumlah ahli berpendapat keduanya tidak sama.

Otis-Green di Oxford Textbook of Palliative Social Work menjelaskan trangender adalah identitas dan ekspresi gender yang berbeda dengan seksnya yang didapat saat lahir.

Victoria’s Secret Rekrut Valentina Sampaio, Ini Model Transgender Lain yang Eksis

Selain mencakup orang yang identitas gendernya berlawanan dengan seksnya, istilah transgender juga dapat mencakup orang-orang yang tidak secara spesifik maskulin atau feminin.

Definisi transgender lainnya juga mencakup orang-orang yang termasuk ke dalam gender ketiga atau memiliki gender ketiga transgender. Dalam kasus yang lebih jarang, istilah transgender digunakan hingga mencakup cross-dresser, tanpa memperhatikan identitas gender.

Orang transgender dapat memilki orientasi heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan lain-lain.

Psikiater John F. Oliven dari Universitas Columbia mencetuskan istilah transgender pada buku referensi ilmiahnya tahun 1965 berjudul Sexual Hygiene and Pathology. Ia menulis bahwa istilah sebelumnya yang telah selama itu digunakan yaitu transseksualisme.

Transgenderisme adalah istilah yang dimaksud karena seksualitas bukanlah sebuah faktor utama dalam transvestisme primer.

Banyak Dipakai

Istilah transgender kemudian banyak digunakan dan didefinisikan secara beragam oleh orang-orang transgender, transseksual, dan transvestis. Termasuk di antaranya Virginia Prince, yang digunakannya dalam edisi Desember 1969 dari majalah Transvestia, sebuah majalah cross dresser yang ia dirikan.

Konsep dari sebuah masyarakat transgender berkembang pada tahun 1984 dengan digunakannya kata transgender sebagai kata umum (hipernim).

Pada tahun 1985, Richard Elkins mendirikan Trans-Gender Archive (Arsip Trans-Gender) di Universitas Ulster.

Cerita Gay di Solo, Urusan Asmara hingga Seks Aman

Konferensi Internasional tentang Kebijakan Hukum dan Ketenagakerjaan Transgender pada tahun 1992 mendefinisikan kata transgender sebagai sebuah kata umum yang mencakup transseksual, transgenderis, cross dressers, serta orang yang bertransisi.

Istilah ini tidak statis. Di era masyarakat yang makin terpapar perkembangan zaman, muncul istilah-istilah baru salah satunya, Transpuan.

Sederhananya Transpuan adalah akronim dari sebutan untuk transgender perempuan. Transpuan adalah menggeser orientasi gendernya dari seorang laki-laki menjadi perempuan. Sebaliknya disebut dengan istilah transmen.

Berikut sejumlah istilah tentang gender dan orientasi seksual yang dikenal publik secara umum;

Cis

Cis merupakan kependekan dari cisgender yakni istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang identitas gendernya sesuai dengan jenis kelamin yang dia miliki sejak lahir. Jadi misalnya seseorang terlahir dengan penis dan orang tersebut merasa dirinya adalah seorang laki-laki, maka dia disebut cisgender laki-laki.

Cishet

Cishet merupakan kependekan dari cisgender heteroseksual, atau istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang cis dan juga straight.

Trans

Trans merupakan kependekan dari transgender. Trans adalah seseorang yang misalnya terlahir dengan jenis kelamin perempuan saat lahir, tapi kemudia bertarnsisi menjadi laki-laki untuk menunjukkan identitas gender laki-lakinya. Orang itu disebut transgender-laki-laki.

Panseksual

Panseksual adalah ketertarikan seseorang secara emosi dan seksual tanpa memandang gender. Jadi seseorang dengan panseksual bisa tertarik dengan orang yang memiliki gender yang sama dengan dirinya, atau pun gender lain yang meliputi gay, lesbian, transgender, cowok, maupun cewek.

Jika diartikan secara luas, panseksual merupakan ketertarikan pada jenis kelamin, gender, dan orientasi seksual apa saja.

Biseksual

Sementara itu biseksual sering disalahartikan menjadi seseorang yang tertarik secara emosional dan seksual kepada cewek dan cowok. Padahal kenyataannya, biseksual diartikan sebagai seseorang yang tertarik secara emosional dan seksual kepada lebih dari satu gender.

Sapioseksual

Sapioseksual merupakan istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang yang tertarik terhadap kecerdasan seseorang atau cara mereka berpikir daripada penampilannya

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.